Mohon tunggu...
Rose Marz
Rose Marz Mohon Tunggu... Tutor - Unlimited Love Edition :) Kesederhanaan dalam Kebersamaan Itu Penting Bacalah, Menulislah, Bacalah, Tuliskan, maka itu akan mengantarkan ke depan pintu-pintu gerbang kebahagiaan hidup sepanjang hayat

Give the best, Let Allah pay you off! "Love All .." Keep Writing On ;)

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Kue Apam Warung Acoy Kesukaanku Digemari dari Kecil Sampai Kini

21 Juli 2022   14:15 Diperbarui: 2 Agustus 2022   09:43 436
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Kue Apam. Sumber: Dokpri

Ilustrasi Kue Apam tampilan terbaru. Sumber: Dokpri
Ilustrasi Kue Apam tampilan terbaru. Sumber: Dokpri

Kue tradisional gurih lainnya yang terbuat dari tepung beras ya adalah kue Apam. Kue ini biasanya disajikan dengan parutan kelapa tabur dan bewarna cokelat.

Saya ingat dulu waktu saya kecil sebelum masuk sekolah entah kenapa saya sedang bersedih karena ditinggal sendiri di rumah, saya menangis di kolong ranjang tempat tidur, maka setelah agak siang kakak saya pulang dari sekolah. 

Kakak saya tahu tempat persembunyian saya dan datang menyuruk ke bawah kolong tempat tidur. Kakak saya datang dan membujuk “lihat kakak bawa apa?”. 

Ternyata kakak beli Kue Apam, yang ada dijual di Warung Acoy, yang letaknya berjarak sekilo dari rumah kami sebelum bangunan Sekolah. Tentu saja saya sangat senang, mood saya langsung naik dan jadi happy, dengan lahap memakan kue Apam yang dibelikan kakak.

Rasa kue Apam tidak kalah lezatnya dengan kue Pinukuik ataupun Sumareh.  Di bawah ini tata cara memasak kue Apam dan bahan-bahannya.

Bahan-bahan kue Apam
1. Tepung beras
2. Santan
3. Gula merah
4. Kelapa parut
5. Air kelapa
6. Garam
7. Pengembang atau ragi
8. Daun pandan

Cara membuat kue Apam
1. Air kelapa dipanaskan
2. Tuang ke dalam mangkuk dan campurkan ragi
3. Jika sudah mengeluarkan gelembung menandakan ragi telah aktif bekerja maka campurkan tepung beras dan gula merah
4. Diamkan agak satu atau 2 jam sebelum dimasak
5. Tuang kedalam loyang atau wadah kukusan
6. Masak dengan api sedang
7. Tunggu adonan Apam mengembang dan matang
8. Angkat serta dipotong-potong sesuai selera
9. Letakkan di mangkuk saji dan taburkan parutan kelapa yang sudah diberi garam secukupnya

Nah itulah kue khas dari Sumatera Barat yang sangat lezat dan menggugah selera, sekaligus juga bikin perut kenyang, kerjapun jadi nyaman. Kue ini benar-benar recommended untuk pengganjal perut ketika lapar atau sedang tidak selera makan :) haha kenapa saya berkata demikian, karena saya merasa rindu untuk memakan kue ini terus..

Terima kasih sudah membaca
Salam takzim saya
Rose Marz

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun