Mohon tunggu...
Rosnelli
Rosnelli Mohon Tunggu... Penulis

Suka Tantangan dan Hal baru untuk peningkatan Potensi diri

Selanjutnya

Tutup

Digital

Tips Hosting Aplikasi Mobile di Playstore dan Memonitasinya

2 September 2020   17:26 Diperbarui: 21 Januari 2021   09:46 300 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Hosting Aplikasi Mobile di Playstore dan Memonitasinya
play.google.com

Setelah Anda membuat sebuah aplikasi Mobile untuk Android, tentu aplikasi tersebut harus dipublikasikan ke Google Play Store agar bisa diunduh oleh pengguna Android lainnya.

Selain menjangkau lebih banyak calon pengguna aktif di Google Play Store, tentu saja aplikasi buatan Anda menjadi lebih bergengsi karena berada di tengah-tengah jutaan aplikasi lainnya dan berpotensi untuk diunduh dan digunakan. Kemudian aplikasi tersebut bisa dimonetisasi untuk mendapatkan uang.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk hosting aplikasi di Google PlayStore adalah membuat akun Google. Masuk ke link https://play.google.com/apps/publish/ and dan buat akun. 

Selain membuat akun baru, Anda juga bisa masuk dengan akun Google yang telah Anda miliki sebelumnya.

Lengkapi setiap langkahnya dan Anda diharuskan melakukan pembayaran sebesar $25 untuk "unlimited Apps". Pembayaran ini hanya dilakukan pertama kali untuk akun Google Anda dan setelah itu Anda tidak perlu melakukan pembayara untuk aplikasi lain yang akan Anda hosting di masa mendatang.

Setelah itu masuk ke dalam langkah selanjutnya dan pilih "Add New Application"

Masukkan nama Aplikasi Anda seperti yang Anda buat pertama kali lalu unggah file berekstensi .APK.

Selesaikan beberapa langkah yang muncul di layar dan aplikasi Anda sudah selesai diajukan. Setelah beberapa jam, Anda sudah bisa melihat aplikasi Mobile Anda telah muncul di PlayStore.

Setelah melihat aplikasi Anda sudah berada di PlayStore, tentu hal yang perlu dilakukan adalah memonitisasi aplikasi tersebut agar menghasilkan uang. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memonitisasi aplikasi mobile Anda ini.

Monetisasi menggunakan AdMob

Jika sebelumnya Anda telah memiliki akun AdSense, maka Anda dengan mudah menautkannya ke akun AdMob dengan masuk dengan akun yang sama atau membuat akun AdMob baru. Jika Anda memutuskan untuk menampilkan iklan pada aplikasi Anda, maka Anda harus memiliki kebijakan pribadi. Ini bisa dilakukan dengan cara:

App Store => Select Application => Click on Store Listing => Scroll to Section marked as Privacy Policy and enter your Privacy Policy URL

Cara ini bisa membuat link kebijakan privasi dengan mudah yang berisi tentang semua informasi tentang aplikasi mobile Anda dan website atau blog yang tertaut dengannya. 

Jika Anda masih bingung dengan pembuatan Kebijakan Pribadi ini, Anda bisa melihat beberapa tulisan referensi:

  1. https://www.iubenda.com/blog/privacy-policy-for-android-app/
  2. https://app-privacy-policy-generator.firebaseapp.com/

Setelah selesai dengan pengaturan ini, Anda bisa kembali ke halaman AdMob. Setujui semua syarat dan ketentuan yang diinformasikan lalu buat akun AdMob.

Setelah selesai dengan pendaftaran akun ini, maka di halaman akun AdSense Anda sudah terkoneksi dengan akun AdMob yang barus saja Anda buat dan akan menampilkan semua informasi tentang Anda.

Di halaman selanjutnya, Anda akan melihat tombol berwarna biru "Get Started". Lanjutkan.

Pertanyaan berikutnya yang muncul tentang konfirmasi apakah aplikasi Anda sudah ada di Play Store atau belum. Klik "Yes".

Tahap selanjutnya, masukkan nama Aplikasi atau ID yang biasanya sudah tersedia di perangkat Google Play Anda.

Langkah selanjutnya sudah cukup mudah dengan pengaturan iklan standar di akun AdSense Anda atau menambahkannya kembali ke website Appsgeyser. Anda bisa melihat panduan lebih lengkapnya lewat video ini.


Secara otomatis aplikasi Anda akan menampilkan iklan dan Anda mendapatkan pemasukan ke dalam akun AdMob Anda.

Beberapa tips berikut ini bisa membantu dalam mengelola aplikasi dan iklan Anda.

  1. Hindari mengklik iklan yang ada di aplikasi buatan Anda sendiri, atau menyuruh orang lain untuk melakukannya. Google bisa mengetahui ini dan menyebabkan aplikasi Anda diblokir beberapa hari.
  2. Fitur AdMob adalah alat pihak ketiga dan Anda tidak memilikinya. Jadi tak perlu panik jika sewaktu-waktu Anda tidak mendapatkan persetujuan dari AdMob atau bahkan dihilangkan dari AdMob.

Monetisasi menggunakan "Affiliate Marketing"

Pada dasarnya affiliate marketing adalah cara Anda untuk berkolaborasi dengan pembuat konten lainnya di luar sana. Jika Anda memutuskan untuk memonitisasi aplikasi Anda dengan menggunakan cara Affiliate Marketing ini, maka ada beberapa metode yang harus Anda pahami.

Metode 1: Masukkan link afiliasi di dalam aplikasi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke dalam perangkat afiliasi di JVZOO, Warrior Plus atau ClickBank untuk mendapatkan link afiliasi. Pastikan link afiliasi yang Anda pilih sesuai dengan niche aplikasi Anda karena sudah pasti pengguna Aplikasi Anda juga penikmat konten dari link afiliasi tersebut.

Metode 2: Kumpulkan petunjuk

Salah satu cara untuk menuntun pengguna ke link afiliasi adalah dengan menggunakan Popup yang muncul di layar saat pengguna sedang menggunakan aplikasi Anda. Anda bisa mendaftar di Load Pupup untuk mengoptimaliasi link afiliasi Anda.

Metode 3: Notifikasi

Sangat mudah untuk menuntun pengguna ke link afiliasi Anda dengan memberikan notifikasi di layar mereka. Cara ini cukup menarik perhatian pengguna karena langsung ditampilkan di layar. Gunakan fitur Push Engage di dalam aplikasi Anda.

Dengan dua Cara monetisasi di atas, Anda sudah bisa mengoptimalkan aplikasi Anda dan menghasilkan uang dari Ad Mob.

VIDEO PILIHAN