Mohon tunggu...
ROSNA KUNTARI
ROSNA KUNTARI Mohon Tunggu... Mahasiswa - S1 - PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

MAHASISWA KKN TEMATIK UPI 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pandemi Bukan Halangan, Melainkan Tantangan

29 Juli 2021   20:42 Diperbarui: 29 Juli 2021   21:11 61 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pandemi Bukan Halangan, Melainkan Tantangan
SDN Girimekar 2 /dokpri

Awal tahun dunia dikejutkan dengan wabah virus corona (Covid-19) yang dikemudian hari menginfeksi hampir seluruh dunia termasuk indonesia. Banyak yang dunia alami bahkan indonesia pun mengalami berbagai macam masalah yang muncul saat terjadinya virus Covid-19 ini, salah satunya yaitu pada bidang pendidikan yang dirasa sangat berpengaruh pada beberapa sekolah yaitu kurang efektif nya pembelajaran pada pandemi seperti ini. 

Pada masa pandemi seperti ini mengaharuskan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan meskioun peserta didik berada dirumah. Oleh karena itu diberlakukannya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini menuntuk segala pihak untuk beradaptasi secara cepat baik guru, siswa, orangtua maupun staff sekolah.

Tidak sedikit pula kerugian dirasakan selama proses adaptasi tersebut berlangsung. 

Guru yang biasanya mengandalkan buku sebagai pedoman, kini harus lebih mengenal banyak sumber seperti youtube, buku elektronik (BSE) dan situs pembelajaran lainnya. Selain itu guru juga dituntuk dapat melakukan proses pembelajaran daring dengan media pembelejaran seper Goggle Meeting ataupun Zoom Meeting. 

Seperti halnya yang terjadi di SDN GIrimekar 2 Kabupaten Bandung, Kecamatan Cilengkrang yang telah melaksanakan pembelajaran daring selamat 2 tahun ini dengan berbagai kendala yang dialam, mereka menganggap ini bukan sebagai halangan melainkan tantangan bagi para pengajar untuk menghadapi kondisi seperti ini. 

Berdasarkan wawancara melalui Google Form yang telah saya lakukan kepada salah satu guru yaitu, Ibu Nurgahayati Setiawan, S.Pd yang mengajar di kelas 1 SDN Girimekar 2 mengatakan bahwa "Sejujurnya untuk saya pribadi pandemi ini menjadi sebuah tantangan bagi guru untuk berinovasi dan memberikan metode belajar yang baru dengan pemanfaatan Tekhnologi sesuai kemajuan zaman untuk melatih kreatifitas dan keterampilan menyajikan materi pelajaran yang menarik untuk peserta didik". 

Ibu Nurgahayati Setiawan, S.Pd melanjutkan bahwa banyak hal positfif yang Ibu pelajari dari belajar untuk mengasah kemampuan menggunakan Teknologi dan melatih kreatifitas menyajikan materi belajar yang menarik supaya mudah untuk dipahami.

Mendesain, membuat Video Pembelajaran Kelas 3 SDN Girimekar 2/dokpri
Mendesain, membuat Video Pembelajaran Kelas 3 SDN Girimekar 2/dokpri

Melihat situasi seperti ini Mahasiwa KKN Tematik UPI bergerak untuk melakukan kontribusi secara langsung untuk mengatasi permasalahan dan sekaligus memberikan edulasi mengena; upaya pencegahan dan penanggulangan sampak Covid-19 salah satunya dalam bidang pendidikan.

Program yang dilakukan yaitu, penguatan pembelajaran daring untuk siswa, pendampingan orangtua, membantu guru dalam membuat, mendesain media pembelajaran yang menarik untuk siswa agar tidak merasa bosan. Ibu Nurgahayati Setiawan, S.Pd mengatakan bahwa "Dengan adanyan mahasiswa UPI yang melaksanakan KKN di sekolah, membantu kami dalam belajar banyak hal khususnya dalam penggunaan media elektornik dan teknik pemanfaatan aplikasi yang ada. Karena anak muda di era generasi Z seperti sekarang ini, memiliki keterampilan mudah mamahami dan menguasai penggunaan teknologi". 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x