IDNtimes.com adalah sebuah media informasi dengan tampilan yang segar, menarik dan tak kalah saing dengan media-media lainnya. Kehadiran IDNtimes.com menjadi sorotan tersendiri bagi anak muda hingga dewasa yang membutuhkan sebuah informasi tidak hanya sekedar berita tetapi konten-konten yang menarik, IDNtimes.com hadir sebagai bentuk 'New Media'. Akankah sebagai sebuah media informasi berbasis online, IDNtimes.com dapat dikatakan sebagai bentuk dari 'New Media'?
Untuk melihat apakah IDNtimes.com merupakan sebuah bentuk dari 'New Media'maka dapat ditelaah melalui enam karakteristik 'New Media' (Lister, dkk : 2009) yakni: digital, interactive, hypertextual, networked, virtual dan simulated.

IDNtimes.com merupakan media yang memiliki karakteristik digital. Data input (teks, gambar, diagram, foto, animasi dan suara) telah diubah menjadi angka dan kemudian akan dikodekan dan diterima dalam tampilan layar. Data yang telah diubah menjadi angka tersebut dikodekan diproses sehingga menghasilkan tampilan layar yang berkualitas.Â

Sumber: www.idntimes.com
2. Interactive
Sebagai bentuk dari 'New Media' tentunya IDNtimes.com memiliki karakteristik ini. Bila kita mengakses IDNtimes.com kita akan disuguhkan dengan berbagai pilihan untuk terlibat. Sebagai pembaca, kita dapat mendaftar untuk menjadi pengguna di IDNtimes.com. Menjadi pengguna IDNtimes.com memiliki berbagai keuntungan. Tidak hanya sebagai pengguna saja, tetapi kita dapat menulis artikel dan mendapatkan poin. Bila poin sudah terkumpul kita sebagai penulis mendapatkan pemasukan dari IDNtimes.com. Inilah bukti bahwa IDNtimes.com menerapkan karakter yakng interaktif, media terlibat dengan pengguna yang tidak hanya sekedar konsumen tetapi produsen.

Sumber: www.idntimes.com
3. Hypertextual
Hypertextual menjadi karakteristik yang dimiliki oleh IDNtimes.com. Dalam artikel yang disuguhkan oleh IDNtimes.com akan memuat judul artikel-artikel lain yang saling bertautan. Artikel dapat dengan mudah diakses oleh pembaca hanya dengan mengeklik judul artikel yang telah ditautkan pada artikel utama yang sedang dibaca. Tentu saja hal ini memudahkan pembaca untuk mencari berita dan mendapatkan informasi dalam waktu yang cepat.

IDNtimes.com memiliki karakteristik networked. Hal ini dibuktikan dengan IDNtimes.com memberikan banyak sekali konten-konten berbeda yang disuguhkan untuk para pembaca. Tidak hanya itu saja, pembaca juga memiliki kebebasan untuk memilih jaringan kita sendiri, memilih apa yang disukai. Dengan harapan pembaca  semakin selektif dengan konten-konten di media dan tersegmentasi.
Selain itu, maksud dari networked ini, tidak hanya sebatas pada kebebasan dan selektivitas saja tetapi munculnya sebuah istilah atau peran baru bernama 'procumer'(producen-consumer). Merujuk pada karakteristik nomer dua, pengguna tidak hanya diletakkan sebagai konsumen saja tetapi juga sebagai produsen.

Sumber: www.idntimes.com
5. Virtual
Selain itu, karakteristik IDNtimes.com sebagai 'New Media' adalah Virtual. Virtual adalah pemroyeksian atau penggambaran mengenai  kehidupan sehari-hari atau sesuatu yang dekat dengan kita akan ditampilkan seolah-olah nyata. Hal ini dibuktikan dengan adanya konten FYI (for your infographics). IDNtimes.com mencoba untuk memproyeksikan berita atau sebuah peristiwa secara nyata melalui infografik. Infografik didesain senyata mungkin dan sedekat mungkin dengan pembaca (melalui gambar, animasi dan efeknya). Untuk melihat tampilan lengkap, silahkan klik link berikut: Infografik IDNtimes.com

Sumber: www.idntimes.com
6. Simulated
Karakteristik terakhir yang dimiliki IDNtimes.com sebagai 'New Media' adalah simulated atau simulasi. Simulasi adalah suatu rekaan, representasi dan walaupun begitu tidak nyata dan tiruan. Hal ini disuguhkan oleh IDNtimes.com melalui salah satu channel yakni 'Yummy'. Channel Yummy berisi tentang reka adegan, tiruan atau langkah-langkah memasak. Audiens akan melihat sebuah video cara memasak itu sebagai sesuatu yang nyata namun pada dasarnya hal itu semu karena sebagai audiens kita hanya bisa melihat saja, tidak mencium maupun meraba.Berdasarkan enam karakteristik tersebut, IDNtimes.com merupakan sebuah bentuk dari 'New Media'.Â

Sumber: www.idntimes.com
IDNtimes.com menawarkan sebuah pengalaman membaca atau mendapatkan informasi secara unik dan menyenangkan. Oleh karena itu, sebagai pengguna yang memiliki kebebasan dalam memilih konten, hendaknya digunakan secara baik dan bijaksana dan tetap menghargai para produsen distributor serta konsumen.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI