Mohon tunggu...
Roselina Tjiptadinata
Roselina Tjiptadinata Mohon Tunggu... Perencana Keuangan - Bendahara Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

ikip Padang lahir di Solok,Sumatera Barat 18 Juli 1943

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Cara Mengatasi Masalah ASI

10 Oktober 2022   04:00 Diperbarui: 20 Oktober 2022   08:54 265
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi : istockphoto.com

Secara Mudah dan Alami 

Umumnya, bagi seorang wanita yang sudah berumah tangga,melahirkan anak dan menyusuinya, merupakan sebuah kebahagiaan tak ternilai. Karena tidaklah semua wanita beruntung dapat menjadi seorang ibu. Karena berbagai faktor dapat menyebabkan seorang wanita mengalami halangan untuk melahirkan anak.

 Bahkan ada yang menghabiskan dana dalam jumlah fantastis, tetapi ternyata tetap tidak dikaruniai anak .

Karena itu,pada tahun 1966  ketika putra pertama kami lahir,tentu saja merupakan suatu kebahagiaan tak terhingga bagi saya sebagai seorang Ibu. Secara alami ,saya berusaha untuk memberi bayi kami ASI .Putra kami senang sekali ketika saya gendong dan menyusui Tapi  tidak lama putra kami menangis karena ASI saya habis .Rupanya belum sempat kenyang ASI sudah habis.Untuk mengatasi hal tersebut saya membuat pengganti ASI dengan memasak nasi .Air nasi saya ambil dan didinginkan , kemudian saya berikan ke putra kami.Dengan jalan demikian putra kami diam karena cukup kenyang.

Cara Alami Atasi Masalah ASI 

Beberapa hari kemudian kebetulan datang tante saya datang berkunjung . Ketika dia melihat putra kami minum air nasi , tante bertanya mengapa tidak disusui,bukankah jauh lebih baik bagi bayi? Setelah saya jelaskan masakahnya, tante mengatakan ."Jangan kuatir cara mengatasi kekurangan ASI sangat mudah. Yakni saya harus minum air tapai yang terbuat dari ubi ketela pohon" Yang di kampung halaman kami namanya"tapai paranci"

Tante memberikan informasi bagaimana cara nya.  Suami  langsung ke pasar untuk  membeli tapai . Kemudian memblender tapai  tersebut dan menyaringnya dan  lalu diberi kepada saya untuk diminum sehari 2 kali,masing masing satu gelas  .Setelah saya minum 2x saya  merasa agak demam .Tapi esok hari sudah tidak demam lagi . Mungkin kebetulan atau memang reaksi tubuh ,saya tidak dapat menjelaskan.Yang pasti hanya itu reaksi tubuh setelah minum air tapai dan setelah itu sama sekali tidak ada efek samping negatif lainnya.

 Ketika saya menyusui putra kami ternyata ASI saya lancar sekali .Putra kami tidur dengan pulas karena sudah kenyang. Dan tidak perlu lagi tambahan air nasi. Hal ini juga saya lakukan pada anak kami kedua dan ketiga.

Manfaat ASI bagi baji 

Menurut Halodocter  ada 5 manfaat ASI bagi baji Yaitu :

  • Meningkatkan anti body dan cegah baji terserang penyakit
  • Membantu perkembangan fisik dan otak bayi
  • Membantu  perkembangan kognitif bayi.
  • Membantu pertumbuhan berat badan jadi ideal
  • Membantu kebutuhan Nutrisi 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun