Mohon tunggu...
Roselina Tjiptadinata
Roselina Tjiptadinata Mohon Tunggu... Perencana Keuangan - Bendahara Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

ikip Padang lahir di Solok,Sumatera Barat 18 Juli 1943

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Setahun Mengajar Tanpa Mengambil Gaji

2 Desember 2021   04:51 Diperbarui: 2 Desember 2021   04:55 363 64 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
SMP Kalam Kudus / ilustrasi : http://www.diknas-padang.org/mod.

Hidup Ini Adalah Kesempatan 

Sewaktu hidup kami morat marit maka gaji saya sebagai guru sungguh sangat ditunggu. Walaupun harus digabung dengan penghasilan suami agar kami mampu tetap bertahan hidup bersama putera kami yang waktu itu baru satu orang.

Sementara  saya mengajar dibeberapa sekolah suamipun berusaha  kerja keras untuk dapat mengubah nasib kami dengan alih profesi.  Dari Penjual kelapa di Pasar mulal mencari kesuksesan dalam berdagang.  

Bersyukur kepada Tuhan  berkat kerja keras, suami sudah mulai mengexport sendiri hasil bumi yang dibeli dari pedagang kecil yang membawa ketempat usaha suami  

Sejak  saat suami sudah mulai berangsur angsur memiliki penghasilan yang mampu mengubah nasib kami, maka suami minta agar saya membantu diperusahaannya.

Saya memutuskan untuk resign mengajar walaupun sesungguhnya mengajar adalah sesuai passion saya. Kecuali di SMP Kalam Kudus karena menurut Kepala Sekolah pada waktu itu bu Dorcas, belum dapat gantI guru yang mengajar di jurusan ilmu Ukur dan Aljabar. Mendengarkan hal ini saya tidak tega memaksa minta berhenti.

Kesempatan untuk menjadikan hidup bermanfaat 

Sementara itu saya masih tetap mengajar di SMP Kalam Kudus dengan catatan saya tidak menerima gaji saya. Kepala Sekolah minta persetujuan saya  untuk  memanfaatkan gaji saya guna membiayai beberapa orang  anak asuh. Tentu saja saya sangat setuju . 

Setelah berlanjut selama satu tahun, suami mengatakan pada saya bahwa disamping mengekspor Cassia dan kopi Robusta akan mulai mengembangkan usaha dengan komoditas Pinang dan gambar.  Dirinya sudah tidak mampu mengurus semuanya seorang diri. 

Tiba diakhir tahun pelajaran saya pamitan dengan Kepala Sekolah dan rekan rekan sesama guru. Disamping menjadi orang tua asuh ditempat saya mengajar ternyata suami juga mendukung dengan menyisihkan sebagian dari hasil keuntungan untuk membiayai anak anak asuh tanpa membedakan suku dan agama  

Mendapat email

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan