Mohon tunggu...
Roselina Tjiptadinata
Roselina Tjiptadinata Mohon Tunggu... Perencana Keuangan - Bendahara Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

ikip Padang lahir di Solok,Sumatera Barat 18 Juli 1943

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Memilih Makanan yang Tepat untuk Mencegah Penuaan Dini

29 September 2018   20:21 Diperbarui: 29 September 2018   20:47 374
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
                                                                                                                           dokumen : IDN Times

Pilihlah Yang Enak dan Bermanfaat

Secara  umum,apapun yang kita makan dan minum,selama kebersihannya terjaga,tentu ada manfaatnya bagi kita.Tapi apa yang baik bagi orang lain,belum tentu baik juga untuk kita,tergantung kondisi tubuh masing masing  .Karena bukan berlatar belakang medis,tentu saya tidak dapat merinci tentang makanan sehat bagi masing masing orang. Tulisan ini tertuju pada masakan yang telah terbukti khasiatnya sejak berpuluh puluh tahun  lalu dan didukung oleh berbagai hasil penelitian secara ilmiah.  

Orang menjadi tua ,bukan hanya semata ditandai dengan rambut memutih karena uban,karena ada banyak orang yang usianya baru 50 tahun,tapi rambutnya sudah beruban. Juga bukan hanya karena wajahnya mulai berkerut.melainkan juga dengan ditandai oleh berbagai gangguan ,misalnya mulai sulit untuk berbicara dan mulai pelupa,yang menandakan bahwa sosok ini sudah mulai pikun.walaupun mungkin tubuhnya tampak sehat.namun sesungguhnya sudah tidak mampu mengontrol pikirannya. 

Teman Putri Kami Masih Muda Tapi Sudah Pikun

Salah satu teman putri kami,yang tinggal di Wollongong,dalam usia belum 50 tahun,sudah mengalami penuaan dini. Setiap kali keluar rumah,ia tidak tahu  lagi jalan untuk pulang.Masih syukur,ia sudah terbiasa menelpon putri kami,sehingga bisa dijemput dan diantarkan pulang kerumahnya.Akhirnya,oleh  suaminya ia tidak diizinkan lagi keluar rumah sendiri, Untuk menjaga istrinya,suaminya terpaksa harus berhenti bekerja, Disini kita melihat,bahwa satu orang sakit dalam keluarga,maka seisi rumah ikut sakit.

Makanan Yang Sudah Terbukti Mencegah Penuaan Dini         

Kita lihat orang orang  Sumatera Barat dimana masakannya,hampir semuanya   mengandung rempah rempah.Misalnya  dalam masakan rendang,bumbunya terdiri dari: buah pala,kulit manis,kunyit bawang putih,lengkuas,jahe,cengkeh  ,dan cardamon,yang diolah,sehingga rasa masakan menjadi sangat lezat dan bermanfaat. 

Dendeng balado,ada bawang putih,ketumbar,kulit manis ,kunyit dan seterusnya.Karena itu bila kita ke kampung kampung di Sumatera Barat,diusia yang sudah lanjut,amat jarang ditemui yang pikun,Malahan,masih kuat mencangkul diladang dan dikebun mereka.

Wanita yang sudah lanjut usianya masih menjahit dan menyulam.Masakan Sumatera Barat yang mengandung rempah rempah seperti rendang,gulai ikan ,kalio dan sebagainya semua  terdiri dari rempah rempah seperti,kulit manis kunyit bawang putih,,cengkeh,pala dan cardamon. Selain orang Sumatera Barat,yang paling banyak makanannya mengandung rempah rempah orang India.

Sebelum ada penelitihan secara  ilmiah,salah satu dari mitra bisnis kami dulu ,berasal dari India namanya Mr Ramesh.Hubungan kami selama belasan tahun,bukan hanya sebatas bisnis,tapi sudah seperti keluarga. Mr.Ramesh sering menceritakan kepada kami ,bahwa seperti halnya di Sumatera barat,di negerinya  di Indian ,hampir semua masakan ,memanfaatkan rempah rempah  Sedikit sekali orang tua yang pikun.

Cinamon Tea

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun