Diah Rosanawati
Diah Rosanawati

now I move to Gianyar Bali

Selanjutnya

Tutup

Jalan Jalan

Mau kerja di kapal pesiar? baca tips2nya dulu...

1 September 2014   14:48 Diperbarui: 18 Juni 2015   01:55 24216 0 2

mau kerja di kapal, apa yg harus dilakukan?

kalo anda tiba2 aja pingin kerja di kapal atau emang dari dulu pingin kerja di kapal, ini yg harus anda lakukan:

1. kalo kerja di kapal , anda mau kerja sebagai apa? ingat  lowongan yg selalu terbuka adalah :

- waiter/waitress assistant

- room boy/room girl

- laundryman ( cowok aja)

- pastry (kue)

- cook helper ( cowok aja)

- galley ( tukang cuci piring di dapur)-- cowok aja

ingat, lowongan yg terbuka di kapal pesiar HANYA di bidang hotel dan restaurant saja, diluar itu TIDAK ADA lowongan. sesekali emang ada lowongan fotographer professional dan tukang kayu tapi itu jarang. jadi kalo anda pingin jadi akuntan atau staff kesehatan di kapal, MAKA  hal itu TIDAK MUNGKIN krn pihak kapal hanya mencari staff untuk di hotel dan restaurant saja , tidak mencari staf di bidang yang lain.

jadi kalo anda masih bersekolah, pilihlah sekolah pariwisata, atau cari training sendiri di hotel/resto minimal 6 bulan JANGAN MENCARI BIDANG LAIN. KARENA PERCUMA AJA, BIDANG LAIN SEPERTI AKUNTAN ATAU BAGIAN DILUAR HOTEL TIDAK ADA LOWONGANNYA DI KAPAL.

pengalaman di hotel/restoran adalah MUTLAK ga bisa ditawar2. jadi pengalaman2 anda sebelumnya DILUAR BIDANG HOTEL/RESTORAN GAK KEPAKE SAMASEKALI.  jadi biar anda udah pengalaman di bidang lain, kalo anda ga punya pengalaman di hotel/restoran, anda BELUM BISA melamar kerja ke kapal. makanya carilah training 6 bulan  di hotel/restoran bintang 3 keatas agar anda memenuhi syarat untuk melamar ke kapal.

so, anda pilih mau jadi apa  DI HOTEL/RESTAURANT ??? carilah pengalaman minimal 6 bulan training/ kerja di hotel/ restaurant  di bidang yang anda pilih. misalkan anda mau jadi waiter, maka anda cari training 6 bulan di hotel/restoran selama 6 bulan baru anda bisa melamar ke kapal , anda sudah tau bahwa kalo tanpa pengalaman DI HOTEL /RESTAURANT, minimal 6 bulan maka TIDAK  bisa melamar ke kapal pesiar.

Kerja di kapal tidak seperti kerja rumah tangga lho ya, jadi kalo ada mantan TKW/TKI ingin ke kapal maka mereka harus training/kerja dulu di hotel /restaurant minimal 6 bulan, baru bisa melamar ke kapal.

2. usia 21 - 32 th badan sehat sempurna tanpa kacamata/cacad mata apapun /no softlens juga tidak memiliki riwayat penyakit dalam spt sakit jantung, hepatitis, HIV, dan tinggi tubuh harus diatas 155 cm. dan bagi wanita, kalo pake jilbab belum bisa diterima , yah maklum deh pemilik kapal kan orang luar yg ga mau ada crew nya pake jilbab, jd terpaksa dibuka kalo nekad pingin kerja di kapal.

INGAT: SETELAH ANDA LULUS INTERVIEW, ANDA AKAN MENJALANI FULL MEDICAL CHECK UP jadi kalo anda memiliki cacad apapun akan ketahuan dan anda akan gagal berangkat. so... kalo anda memiliki cacad, apapun  anda tanya pada diri sendiri: apakah akan lolos full medical check up? kalo anda sudah tau ga akan lolos medical check up ya dari awal anda jangan melamar ke kapal.

3. tidak masalah bila anda sudah berkeluarga yg penting udah pengalaman di hotel/restaurant manapun dan lulus wawancara

lulusan SMA boleh kok melamar asalkan udah punya pengalaman di bidang perhotelan min 6 bulan dan good English jadi anda  TIDAK perlu kuliah perhotelan hanya untuk kerja di kapal, krn yg penting anda punya pengalaman DI HOTEL/RESTAURANT dan good English aja udah cukup

kalo anda lulusan universitas yg bukan perhotelan juga ga masalah asal ada PENGALAMAN MIN 6 BULAN KERJA DI HOTEL/RESTAURANT dan tentu saja GOOD ENGLISH.

4. WAJIB  memiliki excellent English, ya iyalah gimana mau lulus wawancara kalo Englishnya jeblok??? makanya belajar English dari sekarang, kalo yg di Gianyar bali bisa sama saya, dijamin lulus deh, tapi  kalo yg di luar bali ya belajar kursus di tempat pilihan anda tiap hari, jgn seminggu sekali krn ga cukup

5. jangan bikin dokumen apapun sampai anda lulus interview, dg kata lain nol biaya sampai anda lulus interview dg pihak kapal.

6. saya hanya rekomend agen CTI yg ada di Jkt, Jogja dan Bali. diluar itu saya ga rekomend dan kalo ada apa2 dg agen diluar CTI itu salah anda sendiri kan udah saya kasih tau agen yg benar.

dan kapal2 yg bisa menjadi tujuan anda bekerja adalah : Carnival, Royal Caribbean, Windstar,celebrity dan NCL.dg biaya maximal 25 juta rupiah dibayar setelah anda lulus wawancara. jd kalo belum lulus wawancara ga bayar apapun.

7. proses lamarannya begini:

- setelah anda memenuhi syarat dan pengalaman anda datang langsung ke kantor CTI terdekat, bisa cti jkt, cti jogja maupun cti denpasar, lalu mereka akan pre interview in English, kalo anda lulus, anda akan ikut marlins test dg membayar biaya 300 ribu langsung ke CTI. apa itu marlins test? itu seperti TOEFL tapi khusus untuk crew kapal, jd sebetulnya ga susah cuman harus teliti aja. nah kalo udah lulus marlins test, anda tinggal menunggu jadwal interview dg pihak kapal yg akan diberitahukan oleh pihak CTI langsung kepada anda.

- setelah anda ikut interview dg pihak kapal dan dinyatakan lulus, maka anda harus urus dokumen2 spt passport, seaman book dan beberapa pelatihan bersertifikat  serta yg terakhir adalah visa yg semuanya bisa diurus di CTI atau urus sendiri tidak masalah, itulah sebabnya biaya pemberangkatan anda tidak akan lebih dari 25 juta krn emang tidak ada biaya siluman kalo di CTI.

contoh perincian biaya untuk kapal Royal , Carnival dan Celebrity

Passport                        : 1.000.000

S.book                            : 700.000

Bst                                  : 1.600.000

Visa                                 : $. 160.00

Agent fee for visa        : 1.250.000 / no transport

Medical                          : 2.000.000

Sid                                   : 1.800.000 / no transport

Ticket around               : 12.000.000 to 15.000.000

Total sekitar 24.350.000

- setelah lulus wawancara dengan pihak kapal , maka anda harus menunggu 6 - 8 bulan untuk keberangkatan. hal ini tergantung kapalnya, pihak agen tak bisa intervensi/memaksa cepat berangkat ke kapal.

8. untuk mereka yg tinggal di luar pulau Jawa dan Bali, terpaksa anda harus terbang ke pulau Jawa atau Bali untuk melamar ke CTI krn CTI tidak punya kantor cabang diluar JAKARTA, JOGJA dan Bali, melamar lanagsung datang ya, jangan lewat email krn ga akan dilayani kalo mengirim lamaran via email.

9. ini link CTI di bali ( krn saya di bali jd sy kasih yg di bali, kalo yg di jkt ama jogja cari aja di google)

https://www.facebook.com/ctigroupbalirenon

silakan aja dilihat2, saran saya langsung aja datang ke sana karena kalo lewat facebook mereka kadang sangat sibuk krn buanyak bgt yg nanya2 , jadi mending datang aja langsung kalo mau dapat info lebih lanjut

10. saya bukan orang CTI tapi saya adalah guru English yg mengajar siswa2 yg mau kerja di kapal dan selama ini semua siswa saya berangkat lewat CTI dan bener2 berangkat, itulah sebabnya saya hanya rekomend CTI krn udah terbukti di depan mata saya. kalo yg lain? ga janji dehh

11. anda jangan berpikir untuk ganti2 pekerjaan di kapal, misalkan mau pindah dari laundryman ke waiter, itu TIDAK MUNGKIN. knp? karena kerja di kapal adalah kerja professional, ga bisa nyambi atau alih profesi dg alasan ga betah atau apapun. yg bisa berubah adalah status, misalnya tadinya cook helper terus menjadi cook, atau tadinya asisten waiter terus menjadi waiter, nah itu baru bisa, tapi kalo pindah departemen itu tidak mungkin, jd jgn berpikir buat ganti2 pekerjaaan selama di kapal, tetaplah pada pekerjaan anda dan kerjalah yg bener!!!

12.  jgn kaget kalo kerja di kapal pesiar tidak seindah yg anda bayangkan sebelumnya krn kerja di kapal pesiar adalah KERJA KERAS, KERJA PROFESSIONAL, KERJA RODI

bukan kerja senang2.

kalo anda pernah kerja di hotel, anda sedikit banyak udah tahu deh gimana rasanya kerja professional, tapi asal tau aja, kerja di hotel yg di darat jauh lebih gampang daripada kerja di kapal meski jenis pekerjaannya sama.

13. yg ga tau apapun soal hotel, mulai sekarang anda mesti belajar mengetahui posisi apa yg anda inginkan dan carilah job training yg sesuai dg posisi yg anda inginkan, misalkan anda ingin jadi waiter, maka anda harus usahakan kerja di restoran atau hotel sebagai waiter minimal 6 bulan. kalo mau cari job training anda bisa melamar langsung ke hotel ./restaurant manapun yg kira2 menerima training. biasanya hotel yg biasa2 aja tidak terlalu macam2 dalam penerimaan tenaga training, tapi kalo hotel berbintang suka minta surat ini itu, mending hotel/restaurant kelas biasa aja deh kalo mau cari training sendiri. ingat agen ga bisa bantu nyariin training jadi anda harus CARI SENDIRI TEMPAT TRAINING DI HOTEL/RESTAURANT MANAPUN.

14. gaji awal di kapal pesiar sama aja kok untuk jenis pekerjaan apapun yaitu sekitar 800 dollar per bulan , itung aja sendiri dlm rupiah dan untuk kontrak kedua udah pasti naik tapi jumlahnya berapa ya tergantung pihak kapal. Sebenarnya kalo anda mau kerja di kapal jangan  melihat gajinya berapa, tapi lihatlah kesempatan jalan2 ke luar negeri dan menjadi seorang profesional di bidang perhotelan sehingga kalo udah dari kapal terus anda mau melamar di hotel yg di darat, udah pasti anda gampang diterima krn anda udah punya pengalaman profesional.

15. ingatlah untuk melakukan semuanya sendiri, jgn bergantung pada orang lain krn tidak ada yg bisa membantu anda untuk bisa kerja di kapal pesiar melainkan kemampuan dan pengalaman anda sendiri. JANGAN berpikir untuk nyogok atau lewat jalan belakang, krn kalo spt itu udah pasti bohong.

pihak kapal tidak bisa disogok ataupun dikelabui dg uang. Pihak kapal bukan spt pejabat kita yg mudah larut dg sogokan dan korupsi, jadi kalo anda ga punya pengalaman dan ga bisa English, sorry aja anda tidak bisa kerja di kapal meski anda sanggup untuk menyogok pake uang.

good luck... kalo blm berhasil ya coba lagi tapi kalo English anda emang parah jgn harap bisa lolos interview lhoooo... so English is the key to get the job onboard tanpa good English biarpun anda pengalaman ya tetap aja ga bisa diterima kerja di kapal.