Mohon tunggu...
Rosalia Adisti
Rosalia Adisti Mohon Tunggu... -

Karyawati yang ingin terus menabung :D

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Sandang Indonesia

2 Oktober 2012   03:38 Diperbarui: 24 Juni 2015   23:23 311
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
1349149708588839553

Tulisan ini saya dedikasikan untuk teman-teman saya yang cinta budaya Indonesia - dan melestarikannya. Seperti halnya sebagian besar perempuan di seluruh dunia, saya cinta fashion. Sepatu, tas, baju. Mungkin ini sama halnya dengan laki-laki yang fanatik dengan olahraga ataupun gadget. Namun, sudahkah kaum perempuan Indonesia (oke, dan laki-laki) menyatukan fashion dan kecintaan akan budaya Indonesia dengan memakai pakaian yang terinspirasi - atau terbuat - dari sandang khas Indonesia? Mungkin, ini yang melatarbelakangi teman-teman saya membuat suatu portal yang membahas sandang khas Indonesia, Sandang Indonesia. Ide mereka brilian. Membuat kumpulan informasi (dan toko online yang baru dibuka hari ini, bertepatan dengan Hari Batik 2 Oktober) mengenai sandang khas Indonesia dan mengemas dalam balutan teknologi (media yang mereka pakai adalah blog) supaya kita mengetahui sebenarnya apa saja sandang yang ada di Indonesia - sebelum diklaim pihak lain, mungkin? Haha! :) Hal yang saya apresiasi lagi adalah mereka membuat toko online yang memuat produk UKM-UKM. Dengan media online, dengan promosi yang tepat, seluruh dunia akan terjangkau. Who knows, saat toko online mereka telah lengkap, orang dari Eropa atau Amerika Selatan sana ternyata suka dan membeli, let's say, tenun ikat khas Waingapu (Sumba Timur), kain kulit kayu Donggala, atau kain Besurek Bengkulu? Jujur, saya merasa malu saat membaca blog mereka dan banyak kain yang tidak saya tahu. Selama ini, karena saya orang Jawa, saya hanya tahu batik dan tenun lurik jawa. Beserta ulos, songket, dan beberapa sandang Sulawesi Selatan karena saya pernah tinggal di Makassar. Saat ini, Sandang Indonesia baru merangkul beberapa UKM yang ada di Sumatera dan Jawa (oke, tepuk tangan juga dengan pendekatan UKM. semoga UKM Indonesia maju!). Saya harap, Sandang Indonesia cepat menjangkau seluruh Indonesia dan dapat menginspirasi orang Indonesia untuk menghargai budayanya. Jadi, apakah sandang khas daerah anda? :D Yuk lestarikan, kreasikan, promosikan! Siapa lagi yang akan cinta sandang khas Indonesia selain kita :D [caption id="attachment_202152" align="aligncenter" width="542" caption="Blog Sandang Indonesia"][/caption]

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun