Mohon tunggu...
Rori Idrus
Rori Idrus Mohon Tunggu... Pemulung Hikmah

Pemulung hikmah yang berserakan untuk dipungut, dirangkai menjadi sebuah tulisan dan pelajaran kehidupan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Update Corona Dunia dan Indonesia

29 Maret 2020   15:57 Diperbarui: 30 Maret 2020   13:36 177 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Update Corona Dunia dan Indonesia
(Sumber: Kompas.com)

Semenjak dinyatakan sebagai Pandemi oleh WHO, menurut laporan Gis and Data dari Johns Hopkins University, jumlah kasus infeksi Virus Corona COVID di seluruh dunia pada Minggu 29 Maret 2020 pukul 12:51 WIB telah mencapai 664.924 kasus. Sedangkan, 140.222 telah dinyatakan sembuh.

Dari angka tersebut, tercatat pula adanya 30.848 kematian.

Menurut data terbaru, jumlah kasus infeksi terbanyak berada di Amerika Serikat dengan 124.665 kasus. Selanjutnya peringkat tertinggi diisi oleh Italia dengan 92.472 kasus dan kemudian China dengan 82.057 kasus.

Untuk angka kematian tertinggi, ditemukan di Italia dengan 10.023 kematian namun juga tercatat 12.384 pasien terinfeksi virus Corona yang dinyatakan sembuh.

Bagaimana dengan Corona di Indonesia sampai hari ini?

Sejak awal munculnya kasus Corona awal maret lalu, jumlah kasus terus mengalami peningkatan dari hari ke hari, sore ini Minggu (29/3/2020) pemerintah melalui siaran pers Juru Bicara Pemerintah Untuk Percepatan Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto melaporkan update data terbaru kasus Covid-19 di Indonesia.

Dalam laporannya, Achmad Yurianto menyebutkan bahwa masih terus terjadi peningkatan penyebaran kasus Covid-19, ada penambahan kasus baru kurang lebih sejumlah 130 orang sehingga menjadi 1.285 orang, jumlah kasus meninggal bertambah 12 orang menjadi 114 orang, dan yang sembuh bertambah 5 orang menjadi 64 orang.

Dalam beberapa hari kedepan sangat mungkin jumlah kasus akan terus bertambah, salah satu indikasinya adalah terjadinya gelombang arus mudik dari wilayah zona merah yaitu Jakarta sejak beberapa hari yang lalu.

Apabila pemerintah tidak segera mengambil kebijakan karantina wilayah khususnya DKI Jakarta, maka sebaran virus Covid-19 akan semakin meluas ke daerah, sangat mungkin seluruh Kabupaten dan Kota di Indonesia terinfeksi, mengingat gelombang arus mudik dari Jakarta ke daerah masih saja terus terjadi sampai hari ini.

Smoga pemimpin di Negeri ini mendapatkan pertolongan dari Allah SWT untuk mengambil keputusan dan tindakan-tindakan yang mampu menyelamtkan Bangsa ini dari pandemi Corona.

Terakhir saya ingin mengutip pernyataan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo.

"Percayalah kita bangsa yang besar, kita bangsa petarung, bangsa pejuang, in sya Allah kita bisa, in sya Allah kita mampu dalam menghadapi tantangan global yang berat sekarang ini."

Bersama kita bisa lawan Corona.

Rori Idrus

1. Guru di SMK 2 Pondok Pesantren Al Hikmah 1 Benda Sirampog Brebes Jawa Tengah.
2. Pengurus FMPP (Forum Masyarakat Peduli Pendidikan) Kecamatan Sirampog.
3. KBC 57 Brebes Jawa Tengah.

Referensi:
1. https://m.kompas.com
2. https://m.liputan6.com

VIDEO PILIHAN