Bernyanyi Tentang Tumbuhan: Ketika IPA dan Musik Berpadu di Kelas SD
Oleh: Roofisyha Anggel
"Akar di tanah kuat mencengkeram, serap air juga mineral..."
Begitulah suara anak-anak SD bergema riang di ruang kelas setiap pagi. Nada-nada sederhana mengalun, diiringi tepukan tangan dan senyum yang tak kalah hangat. Sekilas terdengar seperti lagu anak biasa, namun sesungguhnya lagu ini adalah bagian dari pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang dikemas secara kreatif.
Sebagai guru, saya percaya bahwa pelajaran sains tidak harus selalu identik dengan buku tebal atau hafalan rumus. Sains bisa diajarkan dengan cara yang menyentuh hati --- salah satunya melalui musik. Ketika IPA dan seni musik berpadu, pembelajaran di kelas menjadi lebih hidup, bermakna, dan menyenangkan.
Musik sebagai Jembatan Pengetahuan
Seni musik memiliki kekuatan luar biasa dalam membantu anak memahami konsep ilmiah. Irama, rima, dan melodi memudahkan otak mengingat informasi. Dalam konteks anak SD yang masih berada pada tahap berpikir konkret, lagu menjadi media ideal untuk menjelaskan hal-hal abstrak dengan cara yang mudah dipahami.
Contohnya, lagu "Bagian Tumbuhan" berikut saya ciptakan untuk mengajarkan materi tentang fungsi akar, batang, daun, bunga, dan buah kepada siswa kelas III SD:
Akar di tanah kuat mencengkeram,
C    G     Am    F
Serap air juga mineral.
C Â Â Â G Â Â Â Â C
Batang menegak menyalurkan sari,
C    G    Am    F
Ke daun hijau yang lebar sekali.
C Â Â Â G Â Â Â Â C
(Reff)
Bunga indah tempat biji,
F Â Â Â Â G Â Â Â Â C Â Â Â Am
Buah matang kita nikmati.
F Â Â Â Â G Â Â Â C