Mohon tunggu...
Ronal haris
Ronal haris Mohon Tunggu... laki-laki

Mahasiswa UKSW FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU KOMUNIKASI

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Lestarikan Tradisi Tongtek

2 Juni 2019   18:26 Diperbarui: 2 Juni 2019   19:02 0 0 0 Mohon Tunggu...
Lestarikan Tradisi Tongtek
dokpri

Pada bulan Ramadhan tradisi membangunkan orang dengan menggunakan Tongtek ( kentogan bambu) secara beramai-ramai mengelilingi kampung, alunan suara  tongtek biasanya terdiri dari Tong bekas dan Tek yang berasal dari suara kentongan Bambu. di Kabupaten Jepara tradisi ini masih terus berlangsung setiap tahun nya . 

pemuda-pemuda desa setiap pukul 03.00 mulai berkeliling kampng ntuk membangunkan warga untuk Sahur dan biasanya berakhir di masjid dan mereka makan sahur secara bersama di masjid. kegiatan ini di terima baik oleh masyarakat karena dengan adanya tongtek ini masyarakat bisa bangun saat sahur. setiap tahun nya kabupaten Jepara menyelenggarakan Festival Tongtek di lapangan alun-alun jepara yang diikuti oleh setiap desa di kabupaten Jepara.

dokpri
dokpri
Festival tongtek ini merupakan kegiatan yang di tunggu-tunggu oleh masyarakat Jepara setiap tahun nya.  dari tahun ke tahun kegiatan ini selalu ramai baik penonton dari masyarakat jepara mapun luar kota .  Pemerintah Kabupaten Jepara berharap tradisi ini terus di laksanakan setiap tahunnya sehingga tidak akan punah di telan zaman dan anak cucu kita juga dapat mengerti tradisi-tradisi yang ada.

dokpri
dokpri
Credit by Ronal Haris

KONTEN MENARIK LAINNYA
x