Mohon tunggu...
Ronald Wan
Ronald Wan Mohon Tunggu... Pemerhati Ekonomi dan Teknologi

Love to Read | Try to Write | Twitter: @ronaldwan88 | Diarysaham.com | email: ronaldwan@diarysaham.com

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Belajar dari Sebuah Kata Swedia yang Sarat Makna

12 Oktober 2017   10:03 Diperbarui: 12 Oktober 2017   14:29 4437 32 19 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar dari Sebuah Kata Swedia yang Sarat Makna
Ilustrasi (http://www.agfblog.com)

Lagom adalah sebuah kata dari bahasa Swedia. Menurut Lexin kamus Swedia-Inggris berarti "enough, sufficient, adequate, just right" atau jika diterjemahkan secara bebas kecukupan atau sesuatu yang tidak berlebihan atau kekurangan.

Lagom juga bisa diterjemahkan menjadi "not too little, not too much, just right" kurang lebih menggambarkan hal yang sama dengan kamus Lexin.

Lagom bisa diaplikasikan ke semua aspek dalam kehidupan. Mulai dari menikmati kopi sampai dengan membeli mobil ataupun rumah.

Dalam tulisan di Telegraph.co.uk, Anna Hart memaparkan hasil wawancaranya dengan Penulis dan Chef Bronte Aurell pemilik Scandinavian Kitchen di London

Bronte mengatakan Lagom adalah sebuah kata dari bahasa Swedia namun konsep dari kata ini adalah berasal dari Nordic atau boleh dikatakan bangsa Skandinavia. Masih menurut Bronte Lagom adalah singkatan dari kata "Laget om" yang berarti diantara anggota tim.

Di zaman kerajaan Viking, Mead (minuman beralkohol yang berasal dari madu) akan diedarkan dan semua orang akan mencicipnya. Lagom pada masa kini tidak berbeda. Ada semua orang akan mendapat bagian jika semua orang hanya mengambil secukupnya (lagom) pada saat "Mead" diedarkan.

Lagom menurut produser musik Anna Hart, Johan Hugo. "Bertanya kepada orang Swedia tentang lagom bagaikan menanyakan kepada ikan apakah arti air?".  "Jangan terlalu sombong tetapi juga jangan terlalu diam dan malu". "Jangan membangun rumah yang paling besar di tempat tinggal Anda dan membeli barang yang mewah tetapi jangan pula miskin"

Saya pikir konsep hidup orang Swedia " Lagom" adalah sesuatu hal yang baik untuk dipelajari dan diterapkan.

Kata kuncinya adalah Pas,tidak berlebihan dan kekurangan.

Misalnya kita ingin minum kopi atau teh, gula yang berlebih akan membunuh kenikmatan rasa dari teh dan kopi. Bagaimana cara kita memberi gula yang pas, tidak berlebih atau kekurangan.

Keseimbangan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x