Mohon tunggu...
Romy Roys
Romy Roys Mohon Tunggu... Guru SMP Muhammadiyah 2 Depok

Demi menghemat kertas, maka ku pilih kompasiana untuk mencurahkan isi pikiran dan hatiku...

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Self Talk for Sliming

7 Juni 2020   07:25 Diperbarui: 7 Juni 2020   07:36 8 1 0 Mohon Tunggu...

Berbagai produk pelangsing sudah dicoba. Hasilnya adalah nol. Berbagai cara dilakukan bahkan sehari hanya makan 1 kali. Namun berat badan tetap saja ke kanan. Berbagai olah raga dicoba hingga badan lemes tak bertenaga, tetap saja tidak bisa mengurangi berat badan. Akhirnya putus asa dan mengikuti trend kalimat "Big is Beautifull".

Hai, jangan biarkan itu terjadi. Sebenarnya mudah kok menurunkan berat badan. Sebenarnya membuat badan lebih langsing itu adalah sesuatu yang gampang. Ada cara mudah, bahkan dalam waktu 1 minggu lemak di tubuh Anda bisa sedikit berkurang. Mau tahu caranya?

Baik kawan, sebelum saya bicara panjang lebar tentang cara mudah melangsingkan berat badan, saya ingin mengajak Anda semua untuk melirik ke belakang. YUK jujur...kemarin-kemarin apa yang Anda konsumsi? Buah dan sayuran mendominasi atau gorengan dan teman-temannya yang endominasi? Berapa lama Anda gemuk? Apakah makan gorengan sehari langsung gemuk? Atau bertahun-tahun berperilaku seperti ini baru gemuk? Ayolah kawan, saya yakin, gemuk tidak terjadi dalam waktu seminggi atau sebulan. Butuh waktu bertahun-tahun untuk gemuk. Right?

Beberapa wanita mengatakan kepada saya bahwa pagi-pagi itu enak banget kalau makan nasi hangat plus abon. Pagi-pagi itu enak banget makan ketela goreng, tempe goreng, tahu goreng plus teh manis. Saat menyuapi anak selalu sisa, sayang jika tidak saya habiskan. Di meja makan sering ada makanan sisa, sayang jika tidak saya habiskan. Saya takut berdosa jika membuang-buang makanan. Oke fine....itu lah beberapa kalimat yang meluncur dari para ibu yang curhat kepada saya saat gagal mengurangi berat badan.

Tahukan Anda, sebenarnya apa sih rumus untuk mengurangi berat badan? Mudah. Kalori yang masuk harus lebih kecil dari kalori yang keluar. Singkat kata jika Anda makan nasi sepiring, sayur asem, gorengan 3 biji di pagi hari, Anda harus angkat beban seberat 20 kg selama 1 jam. Coba saja, pasti kalori keluar lebih besar dan Anda akan langsing. He he he....mana tahan ya ...

Baiklah, yuk simak!

Pertama yang perlu Anda lakukan adalah merumuskan tujuan. Contoh: Saya ingin sehat agar dapat melakukan berbagai aktivitas dengan maksimal. Sehat adalah terbebas dari segala macam penyakit, berat badan seimbang dengan tinggi badan alias tidak obesitas, bisa mengerjakan berbagai tugas tanpa keluhan.

Nah, jika tujuan ini Anda rumuskan, maka Anda harus punya rumusan planning untuk mencapai tujuan sehat tersebut. Mari kita buat planning! Makanan yang dikonsumsi sebaiknya berupa buah-buahan dan sayur-sayuran. Hindari makanan yang digoreng! Perbanyak minum air putih! Bebaskan diri dari gula alias minum yang tawar-tawar saja. Hindari tepung-tepungan dan beras-berasan! Mudah bukan? Bisa? He he he..... Saya tebak, pasti Anda langsung berkomentar "berat....." Sudah saya duga. Kenapa Anda mengatakan berat? Saya suka gorengan, saya suka makan nasi hangat, saya tidak bisa menghindari gula, bla...bla..bla... Karena kalimat-kalimat itu yang sering Anda ucapkan, maka Anda tidak bisa lepas dari makanan-makanan tersebut.

Kini saatnya Anda ubah cara berpikir. |Bagaimana caranya?| Pikiran kita bisa berubah jika kita sering mengkonsumsi hal-hal positif yang berkaitan dengan tujuan kita.| Maksudnya? | Pikiran Anda tentang makanan enak versi Anda itu diubah.| Apa bisa?| Bisa banget!| Kembali kepada tujuan Anda. 

Anda ingin sehat. Yuk, sehat! Mulailah katakan pada diri Anda bahwa Sehat adalah mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Sehat adalah minum air putih. Sehat adalah makan ubi rebus, kentang rebus, tahu rebus, serba rebus. Katakan hal tersebut sesering-sering Anda bisa melakukan. Bicara pada diri Anda sendiri. Terus bicara tentang sehat dengan mengubah pola makanan.

Jika Anda tidak yakin dengan hal ini, carilah artikel yang membahas berbagai macam penyakit dan penyebabnya. Cermati dengan benar, apa sebab orang sakit jantung, apa sebab orang sakit diabetes, dan apa sebab orang sakit darah tinggi. Yup, semua karena makanan yang dikonsumsi. Yakinkan kembali hati Anda, bahwa Anda benar-benar ingin sehat. Makanan sehat adalah sayuran dan buah-buahan, rebus-rebusan, dan air putih. Setiap saat bicara dengan hati Anda tentang ini. Yakin Anda sehat dan langsing. MARI mulai dari hari ini, segera! Yakin Sukses! Pasti Sukses.

Romiyatun, S.Pd. M.Psi.   

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x