Mohon tunggu...
Rohalman Erycson
Rohalman Erycson Mohon Tunggu... Bankir

Dig a little more

Selanjutnya

Tutup

Digital

Efektif sebagai Peserta "Zoom"

24 Februari 2021   11:19 Diperbarui: 24 Februari 2021   13:25 59 2 0 Mohon Tunggu...

Kondisi pandemi virus covid -19 menyebabkan saat ini banyak yang menggunakan media online untuk melakukan aktivitas. Media online ini sudah menjadi kebutuhan. Beberapa media online yang digunakan yakni Watshapp, Telegram, Email, dan Telepon. Salah satu media online yang sedang booming adalah aplikasi zoom.

Banyak orang saat ini yang menggunakan zoom, baik pekerja profesional saat WFO maupun saat WFH maupun siswa sekolah yg masih Offline. Termasuk saya yang sudah lebih 50 x menggunakan zoom di masa pandemi ini. Ada beberapa tips yang dapat digunakan saat memakai aplikasi ini yaitu :

1. Mulai mempersiapkan diri sebelum mulai acara di zoom. Yakni peralatan yang digunakan. Jika menggunakan Laptop maka pastikan kondisi baterai dalam kondisi yang baik, jangan sampai tiba-tiba mati. Kamera bawaan dari Laptop juga harus di cek jangan sampai tampilan nya buram. Bisa juga menambahkan kamera eksternal supaya lebih jernih. Sy menggunakan merk "logi"dengan resolusi HD 720p supaya tampilan lebih bagus.

2. Belajar mengoperasikan zoom. Setelah mendapatkan undangan zoom. Biasanya bisa join dengan cara langsung meng klik tautan link yang diberikan. Atau bisa juga masuk secara manual. Yakni dengan memasukkan ID dan pasword yang tentunya setelah kita sudah menjadi member zoom dan sudah Sign. Jika ingin meninggalkan tempat sebentar untuk ke toilet maka sebaiknya mengganti gambar profil sehingga tidak tampak kursi kosong saja.

3. Mengaktifkan kamera saat zoom berlangsung untuk menunjukkan wajah kita termasuk untuk dapat berinteraksi dengan yang lain. Tentunya jika peserta semakin banyak maka untuk melihat peserta yang lain akan semakin sulit.

4. Saat zoom berlangsung maka kita bisa mematikan suara dengan membuat mode off, sehingga tidak mengganggu pembicara dengan suara-suara lain. Jika memang kita hendak berbicara atau memberikan pendapat maka mode suara ini bisa diaktifkan.

5. Jika ingin berkomentar pada kolom chat. Maka tulislah dengan bahasa yang mudah dipahami dan sopan, karena kolom chat bisa dibaca oleh semua peserta. Kecuali kita pilih private dengan orang tertentu.

6. Perhatikan juga penampilan saat tampil dengan zoom. Walaupun tidak bertemu secara tatap muka namun setidaknya kita bisa tampil dengan rapi dan menarik. Jangan sampai penampilan acak-acakan, bahkan background yang tampak dibelakang kita juga diperhatikan. Untuk background ini di aplikasi zoom dapat diganti dengan pilihan gambar yang ada di zoom.

7. Siapkan alat tulis jika ingin mencatat hal-hal penting pada saat materi disampaikan.

8. Setelah selesai acara zoom. Maka dapat leave meeting dan jangan lupa menutup aplikasi zoom.

VIDEO PILIHAN