Mohon tunggu...
Muhammad Rodinal Khair Khasri
Muhammad Rodinal Khair Khasri Mohon Tunggu... Dosen - Penulis Lepas

Peneliti di Collective Academia/ Co-Founder/ Koordinator Bidang Religious dan Cultural Studies; Alumnus Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada; sekarang berdomisili di Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Apa Itu Filsafat Pendidikan?

1 September 2019   19:17 Diperbarui: 5 September 2019   18:15 8140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Foto: livemint

"Apakah pendidikan itu seperti menginstal aplikasi pada piranti komputer?"

Pertanyaan pembuka di atas dapat dengan mudah dijawab oleh nalar kemanusiaan kita, bahwa transfer informasi dalam pendidikan tidak sama dengan instalasi piranti lunak pada perangkat komputer. Atau dalam analogi lain tidak seperti menuangkan air ke dalam gelas. 

Pendidikan sejatinya merupakan proses dialog antara pendidik dan peserta didik. Yang terjadi bukan komunikasi satu arah, melainkan komunikasi dua arah, baik dialog peserta didik dengan pendidik, maupun dialog peserta didik dengan teks.

Filsafat pendidikan merupakan kaidah filosofis dalam bidang pendidikan yang menggambarkan aspek-aspek pelaksanaan falsafah umum dan menitikberatkan pada pelaksanaan prinsip-prinsip dan kepercayaan yang menjadi dasar dari filsafat umum dalam upaya memecahkan persoalan-persoalan pendidikan secara praktis (Jalaluddin & Idi, 2007).

Tujuan dari pendidikan, merujuk pada pemikiran John Dewey dalam Noddings (2007) bahwa tujuan pendidikan adalah lebih dari sekadar pendidikan. Pendidikan dengan demikian berfungsi sebagai pendidikan---wadah tranfer informasi---dan melampaui pendidikan secara teknis. 

Dewey tidak menolak tujuan partikular dalam pendidikan. Dewey mengupayakan bahwa aktivitas pendidikan, berdasarkan hakekatnya haruslah memiliki tujuan. Kita, baik peserta didik maupun pengajar haruslah sama-sama berada di dalam proses untuk meraih suatu hal. 

Namun, tujuan keduanya itu tidaklah bersifat final dan belum usai. Dengan kata lain, tidak ada batas dan akhir tujuan di dalam pendidikan. Selama ada tujuan-tujuan partikular yang mengarahkan aktivitas kita, maka kita akan terus memeliharanya. 

Jika tujuan pendidikan itu gagal membimbing kita, maka kita akan berupaya untuk mengabaikannya, menggantikannya dengan yang lain, yang lebih relevan. Dengan demikian, tujuan dari pendidikan selalu mengalami tranformasi.

Filsuf pendidikan, seperti juga filsuf umum berusaha mencari yang hak dan hakiki serta masalah yang berkaitan dengan proses pendidikan. Ia berusaha sungguh-sungguh untuk mendalami konsep-konsep pendidikan dan memahami sebab-sebab yang hakiki tentang masalah pendidikan. 

Sebagaimana ia juga berusaha membahas tentang segala yang mungkin mengarahkan proses pendidikan, misalnya nilai-nilai, dan lain-lain (Al-Syaibany, 1979).

Teori Pendidikan yang mula-mula dikenal dalam sejarah ialah filsafat pendidikan (the philosophy of education) sebagai bagian dari sistem berpikir filsafat tertentu, sejajar dengan adanya penerapan ajaran agama tertentu ke dalam pendidikan. 

Setiap filsafat, baik aliran filsafat, filsafat hidup, maupun filsafat agama, mempunyai pandangan sendiri tentang alam semesta, terkait dengan empat kelompok persoalan/permasalahan utama dalam berpikir, yaitu 

(a) kenyataan hakiki (teori realitas/ontologi atau metafisika, yang mempersoalkan Apakah hakekat dari segala sesuatu yang ada?), 

(b) pengetahuan manusia (teori pengetahuan/epistemologi yang mempersoalkan Apakah kebenaran dan dapatkah kita mencapai pengetahuan yang benar?), 

(c) nilai dan norma (teori nilai/aksiologi/estetika, moralitas dan etika, yang mempersoalkan Apakah arti apresiasi dan menyikapi nilai, dan mengapa perbuatan nilai moral melebihi tahap apresiasi?), serta 

(d) hakekat manusia yang mendidik/diperlakukan dalam pendidikan (antropologi kefilsafatan yang mempersoalkan: Apa hakekat manusia, bagaimana hubungannya dnegan segala sesuatu dan dengan sesama?). 

Dalam hubungan ini di semua masyarakat modern secara praktis terdapat aliran-aliran yaitu Naturalisme, Idealisme, Pragmatisme, Eksistensialisme, dan Eklektisisme (Natawidjaja, Sudjana, Rasyidin, & Dahlan, 2008).

Peran Filsafat Pendidikan (The Role of Educational Philosophy)

Filsafat Sebagai Hal yang Tak-terhindarkan (The Inevitable One). Sebutan yang demikian itulah yang tepat di dalam merefleksikan kehidupan ini menuju hal yang bersifat praksis. Proses belajar dan mengajar adalah hal yang selalu ada di dalam kehidupan kita. (Brubacher, 1962)

Hal tesebut terbukti dari beberapa hal tentang apa yang kita yakini, loyalitas kita pada seseorang atau sesuatu, bagian-bagian yang mendeterminasi konten, dan metode pengajaran kita. Setiap dari kita pasti punya filsafat masing-masing baik yang disadari maupun yang tidak disadari. 

Dengan demikian apapun yang kita ucapkan dan lakukan maupun yang kita pikirkan sesungguhnya merefleksikan filsafat kita. (Brubacher, 1962)

Dalam istilah lain, maka kita tidak awam dengan kata "teori". Teori pada dasarnya merupakan hal yang bersifat paling praktis karena ia selalu ada di dalam bentang sejarah aktivitas kehidupan manusia dalam kaitannya dengan tujuan-tujuan dan keinginan. (Brubacher, 1962)

Teori menggerakkan aktivitas manusia sekaligus membedakannya dengan aktivitas-aktivitas yang hanya didorong oleh tujuan-tujuan atau kepentingan-kepentingan yang bersifat primitiv, sehingga teori membawa manusia pada aktivitas yang reflektif, di mana aktivitas reflektif tidak lain merupakan kegiatan berfilsafat. (Brubacher, 1962)

Keterhubungan pendidikan dengan filsafat akan sangat nampak jika kita memperhatikan kembali tentang ilmu faktual tentang pendidikan. Namun memang pada sebagian besar pembahasan akan lebih kental dengan corak saintifik, tidak melulu soal karakter filsafat, serta dapat dijumpai hampir pada semua ilmu-ilmu sosial. 

Namun, kesemuanya tidak dapat lepas dari ranah berpikir filsafati. Kita bisa melihat pada setiap penelusuran dan justifikasi tentang fakta yang diupayakan dalam sains pastinya berkaitan dengan spekulasi filsafati. (Brubacher, 1962)

Selain itu, ada juga kemungkinan lain yang memungkinkan adanya hubungan antara pendidikan dengan filsafat spekulatif. Salah satunya bisa diderivasikan dari kajian tentang proses pendidikan dengan hipotesis tentang hakekat dunia (nature of the world), sebagai contoh yakni tesis idealis bahwa sejarah alam semesta adalah edukasi-diri dari pikiran (self-education of Mind). (Brubacher, 1962)

Namun, tujuan dari penyelidikan itu bukanlah menambah wawasan bagi pendidikan melainkan menambah wawasan tentang hakekat alam semesta, dan demikian sebagaimana "berpikir" tidak secara memadai untuk disebut sebagai filsafat pendidikan. 

Di samping itu, dalam konteks moralitas, terdapat aspek normatif dari pendidikan---dapat diumpamakan sebagai jatung filsafat pendidikan. 

Dikaitkan dengan filsafat, aspek normatif merupakan hal seputar apa yang harus dan tidak harus di dalam proses pendidikan yang disertai pula dengan argumentasi yang mendukung penilaian normatif tersebut. Hal ini tidak lain dan tidak bukan, secara keseluruhan merupakan cabang dari filsafat normatif. (Brubacher, 1962)

  • Aliran-aliran Filsafat Pendidikan

Aliran Essensialisme

Menurut Brubacher jiwa dari Filsafat Pendidikan Essensialisme barangkali dapat ditelusuri dari asal kata "essensialisme" itu sendiri. Di tengah-tengah campur baurnya perubahan dan adanya bermacam ragaman keadaan, seorang essensialis percaya bahwa ada beberapa pokok dari pedoman pendidikan itu yang secara relatif bersifat tetap. 

Ia akan menyadari bahwa banyak nilai-nilai pendidikan itu yang dapat dikendalikan oleh seseorang, akan tetapi ada pula beberapa di antara nilai-nilai itu yang dia sendiri harus mengendalikannya. 

Yakin dengan apa yang dikatakan pokok-pokok penting dari pendidikan, dia dengan teguh dan tegas menekankan bahwa seorang anak harus mempelajari nilai-nilai itu. 

Apabila dia tidak percaya bahwa seluruh kurikulum harus ditentukan, maka ia paling sedikit akan percaya bahwa sebagiannya haruslah ditentukan. 

Di dalam kurikulum tradisional dia menemukan hal-hal klasik tertentu dalam kesusasteraan, matematika, agama, sejarah, ilmu pengetahuan eksakta dan lain-lainya yang mana nilai-nilainya bebas terlepas dari ikatan tempat dan waktu di mana ia mempelajarinya. (Ali, 1987)

Keanekaragaman dalam minat dan kepentingan seorangmurid memang dihadapkan, akan tetapi kesempatan adanya variasi yang demikian itu, meskipun pernah, tetapi jarang sekali terjadi---bahwa dia mendahului hal-hal yang pokok (essensial) itu. 

Apabila seorang anak mempunyai kesenangan yang sejati terhadap hal-hal yang pokok, adalah baik dan bagus. Tetapi apabila tidak, maka haruslah diadakan tekanan untuk memebawa anak tersebut untuk dapat ke arah tersebut. 

Di dalam proses belajar, tidak perlu ada kekhawatiran bahwa kebebasan pendidikan akan ditolak atau dihilangkan. Sebagai ganti bahwa kebebasan pendidikan itu akan dipergunakan sebagai jalan saja, maka ia dapat dijadikan untuk menjadi tujuan akhir, atau hasil dari proses pendidikan. 

Kebebasan itu dapat dipandang sebagai hadiah yang memang pantas untuk diterima oleh seorang pemuda yang sudah belajar untuk mendisiplinkan dirinya, dengan cara menguasai pengalaman bermasyarakat dari orang-orang yang lebih tua. 

Dengan mengambil masalah-masalah pokok pendidikan itu dari tradisi akan menimbulkan implikasi sosial yang kuat untuk suatu filsafat pendidikan. Adapun kekuatan utamanya terletak pada kepercayaan yang terdapat dalam pengalaman orang lain pada waktu yang berlainan pula. 

Sehingga pendidikan itu harus berpusat pada otoritas internal peserta didik beserta sekelumit potensi yang dimilikinya. (Ali, 1987)

  • Eksperimentalisme

Eksperimentalisme merupakan aliran filsafat yang sistematis. Aliran ini menonjol dikarenakan mendasarkan pemikiran filsafatnya pada segi negatif dari pemikiran yang asasi (fundamental), yaitu menentang dan menolak paham-paham filsafat sebelumnya yang subjek-sentris dengan penalaran deduktif. 

Aliran ini di dalam filsafat pendidikan merupakan suatu metode dari pengetahuan modern yang sifatnya begitu umum hingga dapat melingkupi segala aspek kehidupan manusia. Dia memulai langkah filsafatnya dengan "pengalaman" yang senantiasa kita temukan di dalam berbagai fase dan aspek kehidupan. 

Demikian pula apabila kita mempelajari "pengalaman", kita akan menemukan suatu faktor tertentu yang aktif bekerja, yakni apa yang kita sebut dengan "belajar". Usaha belajar dapat diarahkan sedemikian rupa untuk membantu mewujudkan kehidupan yang lebih baik secara efektif. 

Proses belajar juga merupakan bagian utama dari pengalaman yang sedang berjalan. 

Jika ditelisik lebih dalam lagi, dalam aliran ini, peserta didik akan belajar bagaimana dia harus hidup dan menerima kenyataan itu, dan bagaimana dia mesti menyikapinya. Dengan demikian, hal yang dipelajari oleh peserta didik dapat langsung diterapkan di dalam tingkah lakunya sehari-hari. (Ali, 1987)

  • Eksistensialisme

Kemunculan yang relatif baru dari eksistensialisme sebagai aliran filsafat, mungkin dapat diharapkan untuk membatasi kegunaannya sebagai teori pendidikan. 

Dalam sebagian besar pembahasannya, kaum eksistensialis memusatkan pembahasannya pada masalah-masalah metafisis yang memusatkan perhatiannya pada pribadi seseorang dan agak sedikit mengabaikan masalah-masalah dalam pembahasan modern seperti permasalahan sosial, politik, kehidupan yang melembaga dan pola keteraturan masyarakat. 

Jadi, menurut pendapat aliran ini, realitas tertinggi dan final terletak pada diri pribadi seorang manusia. Di dalam inti ke-dirian yang dalam dari seorang manusia itu, terdapat kekuatan memilih. 

Kekuatan memilih inilah yang beroperasi sebagai tanggungjawab yang kemudian menjadi menegas bahwa seseorang telah menjadi manusia yang utuh, yang menetapkan tentang sebuah kebenaran.

Tetapi juga tentang kriteria apa yang dipergunakan di dalam menentukan kebenaran, dan standar apakah yang akan dipakai untuk memilih di antara kedua kriteria yang saling bersaing itu, serta penilaian apakah yang akan dipergunakan untuk menentukan standarnya. (Ali, 1987)

Mengenai teori pendidikan menurut aliran eksistensialisme, diterangkan oleh George F. Kneller, bahwa kaum eksistensialis tidak menginternalisasikan doktrin mereka ke dalam teori atau kebijakan praktis dalam institusi-institusi pendidikan. 

Menurut eksistensialisme, kebenaran itu tidak terbatas, oleh sebab itu kurikulum pendidikan, menurut mereka tidak bisa ditentukan secara rigid. 

Maka, tidak perlu dipermasalahkan manakah yang lebih penting, si murid atau kurikulum, akan tetapi suatu tanggungjawab dari pihak si murid terhadap kurikulum harus ada, karena kurikulum merupakan wakil dunia ilmu pengetahuan yang harus digali oleh si murid. (Ali, 1987)

  • Progressivisme

Aliran ini banyak melakukan rekonstruksi di dalam pendidikan modern abad ke-20. Aliran ini juga menekankan pada masalah kebebasan dan kemerdekaan peserta didik. Di dalam sekolah-sekolah progresif, masalah kebebasan untuk peserta didik sangat diutamakan. 

Mereka didorong dan diberanikan untuk memiliki dan bertindak merealisasikan kebebasan mereka, baik secara fisik maupun pikiran. 

Mereka diberikan kebebasan untuk berinisiatif dan percaya kepada diri sendiri, sehingga peserta didik itu dapat berkembang pribadinya dengan wajar dan dapat pula memperkembangkan watak dan bakat yang terpendam dalam dirinya tanpa terhambat dan terbentur dengan halangan dan rintangan yang dibuat oleh orang lain. 

Kebebasan yang demikian itu merupakan predikat untuk dapat menerima kenyataan, adanya perbedaan kepribadian setiap orang dan adanya watak dan bakat yang menonjol yang memberikan corak dan ciri kepada setiap pribadi peserta didik. (Ali, 1987)

Dengan demikian, progresivisme merupakan aliran dalam filsafat pendidikan yang menekankan pada tumbuh dan berkembangnya sikap mental dan pemikiran, dalam pemecahan masalah dan kepercayaan pada diri pribadi peserta didik. 

Progres atau kemajuan itu menimbulkan perubahan yang selanjutnya berpijak pada perubahan itulah pembaharuan dapat dilakukan. Kemajuan adalah kata yang mengandung nilai. Menurut pandangan pragmatisme, nilai-nilai itu adalah instrumen atau alat. Nilai-nilai itu mendorong seseorang untuk mencapai suatu tujuan. (Ali, 1987)

  • Perenialisme

Menurut perenialisme, ilmu pengetahuan merupakan filsafat tertinggi, karena dengan ilmu pengetahuanlah seseorang dapat berpikir secara induktif. Jadi, dengan berpikir maka kebenaran itu akan dapat dihasilkan. 

Oleh karena itu, secara epistemologis manusia harus memiliki pengetahuan tentang pengertian dari kebenaran yang sesuai dengan realita hakiki, yang dibuktikan dengan kebenaran yang ada pada diri sendiri dengan menggunakan tenaga pada logika melalui metode deduksi. 

Metode deduksi merupakan metode filsafat yang menghasilkan kebenaran hakiki, dan tujuan dari epistemologi perenialisme dalam premis mayor dan metode induktifnya sesuai dengan ontologi tentang realitas khusus. (Jalaluddin & Idi, 2007)

Filsafat Perennialisme terkenal pula dengan nama latinnya "Philosophia Perennis". Pendukung aliran filsafat ini yang paling kuat adalah  Filsafat Essensialisme. 

Pendiri aliran ini adalah Aristoteles, kemudian didukung dan dilanjutkan oleg St. Thomas Aquinas sebagai pembaru dan reformer utama dalam abad ke-13. Menurut aliran ini, pendidikan mestinya perhatian pada upaya untuk mendidik intelektual manusia, karena tugas pendidikan adalah satu, yakni untuk mendidik manusia menjadi intelek. 

Menurut pendapat Hutchins, sekolah harus memulai dengan baik untuk memenuhi fungsinya yang utama dengan berusaha untuk dapat mengerti betul tentang sifat manusia secara alamiah, dan seperti yang sering dikatakannya: membentuk dan membina sifat dengan mengarahkan para siswa untuk mengikuti studi liberal secara murni.

 Studi liberl itu, kata Hutchins adalah semua studi yang selalu menampilkan "pendidikan yang terbaik untuk orang yang terbaik", yaitu semenjak zaman Plato sampai sekarang. (Ali, 1987)

Menurut aliran ini, peserta didik diharapkan mampu mengenal dan mengembangkan karya-karya yang menjadi landasan pengembangan disiplin mental. Karya-karya ini merupakan buah pikiran pada masa lampau. 

Berbagai buah pikiran mereka yang oleh zaman telah dicatat menonjol seperti bahasa, sastra, sejarah, filsafat, politik, ekonomi, matematika, ilmu pengetahuan alam, dan lain-lainnya, yang telah banyak memberikan sumbangan kepada perkembangan zaman dulu. 

Dengan mengetahui pemikiran-pemikiran para ahli di masa lampau, maka peserta didik akan mempunyai dua keuntungan. Pertama, anak-anak akan mengetahui apa yang terjadi pada masa lampau yang telah dipikirkan oleh orang-orang besar. 

Kedua, mereka memikirkan peristiwa-peristiwa penting dan karya-karya tokoh tersebut untuk diri sendiri dan sebagai bahan pertimbangan zaman sekarang. (Jalaluddin & Idi, 2007)

Refferensi:

Ali, Hamdani. (1987). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Kota Kembang
Brubacher, J. S. (Ed.). (1962). Eclectic Philosophy of Education. Englewood Cliffs New Jersey: PRENTICE-HALL, Inc.
Jalaluddin, & Idi, A. (2007). Filsafat Pendidikan: Manusia, Filsafat, dan Pendidikan. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA GROUP.
Natawidjaja, R., Sudjana, D., Rasyidin, W., & Dahlan, M. D. (2008). Rujukan Filsafat, Teori, dan Praksis Ilmu Pendidikan (R. Natawidjaja, N. S. Sukmadinata, R. Ibrahim, & A. Djohar, eds.). Bandung: UPI PRESS.
Noddings, N. (2007). Philosophy of Education. Colorado: Westview Press.

Perhatian: Jika ingin mengutip isi artikel ini, wajib sertakan refferensi di atas!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun