Mohon tunggu...
Robby Prasetya
Robby Prasetya Mohon Tunggu... Mahasiswa - newbie

belajar aja dulu

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Perilaku Orangtua Menurun pada si Kecil

20 Oktober 2022   23:19 Diperbarui: 20 Oktober 2022   23:28 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

" Children see, children do" merupakan perkata terakhir dari satu video yang dikeluarkan oleh childfriendly. org. angkatan udara(AU). Video tersebut mengambil gerakan dari pendamping anak serta orangtua. Seluruh anak dalam video tersebut menirukan apapun yang dicoba oleh orang berusia yang dijadikan panutannya. 

Mulai dari merokok, menelepon sembari berjalan, sampai melaksanakan aktivitas kekerasan dalam rumah tangga. Tetapi, dalam akhir video tersebut, nampak orang berusia serta anak yang menolong seorang mengambilkan benda belanjaan orang lain yang terjatuh di jalur.

Terdapat satu perasaan abstrak yang timbul, antara pilu serta haru, meihat anak betul- betul menirukan seluruh tingkah laku dari panutannya. Tetapi benarkah apa yang dicoba oleh orangtua bisa mempengaruhi sikap anak?

Anak telah meniru sikap orang berusia semenjak bayi

Anak mulai meniru orang berusia apalagi dari balita. Seseorang balita memandang ekspresi wajah dari orang tuanya buat nantinya belajar buat menampilkan ekspresi tersebut, bagi Gram. Gergely serta J. S. Watson. 

Perihal ini pasti bermanfaat buat masa depannya dalam bersosialisasi, sebab apa yang diarahkan oleh anak ialah wujud hasil belajar dari apa yang diajarkan oleh orang tuanya.

Orangtua yang menampilkan sikap antisosial hendak menghasilkan kanak- kanak dengan sikap antisosial pula, bagi periset dari University of Chicago. 

Virginia Polytechnic Institute and State University pula turut dan dalam memantapkan hasil dari riset lebih dahulu. Riset yang dicoba Dogan, Conger, Kim, serta Masyn ini merumuskan kalau sikap antisosial pada anak timbul dari hasil observasi serta intepretasi dari sikap orangtua. 

Anak memandang apa yang orangtua mereka tampilkan dalam perilakunya serta mereka menirunya, sebab bagi anak perihal tersebut merupakan perihal yang wajar dalam kehidupan sosial di luar rumah.

Dampak ini terjalin secara normal, serta inilah yang jadi permasalahan, paling utama pada anak muda, dibuktikan pada anak kelas 12 yang sesungguhnya sudah mempertahankan sikap antisosial ini dari kelas 9.

Yang terjalin bila anak memandang ibu dan bapaknya bertengkar secara fisik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun