Mohon tunggu...
Rizqi AlFathKhan
Rizqi AlFathKhan Mohon Tunggu... Lainnya - Universitas Pendidikan Indonesia

hobi saya menggambar dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Kerjasama antara Mahasiswa UPI dengan Pihak TNI dalam Rangka Menjaga Kebersihan Area Bantaran Sungai Citarum

7 Agustus 2022   15:37 Diperbarui: 7 Agustus 2022   15:44 171 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kebersihan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan. Kebersihan dapat meliputi kebersihan pikiran, jasmani, lingkungan dan juga lainnya. Namun hal seringkali banyak mendapat perhatian lebih adalah tentang kebersihan lingkungan, karena memang kebersihan lingkungan lebih bersifat umum. Kebersihan lingkungan menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan demi kelangsungan hidup bersama.

Sungai merupakan hal yang tidak dapat luput dari pencemaran. Padahal sungai yang bersih dapat menunjang kehidupan yang sehat. Salah satu contoh sungai yang tidak sehat adalah sungai yang kotor dan banyak sampahnya. Jika hal ini dibiarkan tentu akan menyebabkan banyak kerugian seperti penyebab bencana banjir, sarang penyakit, air yang tercemar dan tidak bisa dimanfaatkan dengan maksimal keberadaannya. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk menjaganya.

Dalam rangka menjaga kebersihan area bantaran sungai Citarum yang terletak di belakang Sektor 5 Satgas Citarum Harum Desa Rancakasumba Solokan Jeruk Majalaya ini, mahasiswa KKN kelompok 154 UPI Cibiru bekerjasama dengan TNI. 

Kerjasama ini dilakukan dengan alasan memiliki kepedulian yang sama terhadap kebersihan lingkungan area bantaran sungai Citarum dan juga untuk menanamkan kesadaran kepada warga masyarakat, bahwa kepedulian terhadap kebersihan lingkungan merupakan hal yang benar-benar penting untuk dimiliki, karena lingkungan yang sehat mampu melahirkan masyarakat yang sehat pula.

Adapun tahapan yang dilakukan pada kerjasama ini adalah:

- Mengumpulkan terlebih dahulu sampah-sampah yang dibuang sembarangan

- Memilah sampah sesuai dengan 3 jenis sampah yaitu sampah organik, anorgaik, dan sampah berbahaya

- Memasukan  sampah kedalam kantong sampah

- Mengangkut sampah ke TPA

- Membabat rumput-rumput yang sudah tinggi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan