Mohon tunggu...
RIZKY NURUL HIDAYAH
RIZKY NURUL HIDAYAH Mohon Tunggu... Mahasiswa - UNIVERSITAS NEGERI MALANG

JALAN JALAN

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Mengajar di SMK Nasional Malang oleh Mahasiswa PJKR UM

12 Desember 2023   22:53 Diperbarui: 12 Desember 2023   23:38 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mengikuti kegiatan asistensi mengajar adalah pengalaman yang tak terlupakan dan membangun. Sebagai mahasiswa, saya memiliki kesempatan untuk terlibat dalam program asistensi mengajar yang memberikan wawasan mendalam tentang dunia pendidikan. Pengalaman ini tidak hanya memperkaya pengetahuan saya, tetapi juga mengasah keterampilan interpersonal dan pemahaman saya terhadap proses pembelajaran.

Salah satu manfaat utama dari kegiatan asistensi mengajar adalah kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan guru dan siswa. Saat saya ditempatkan di kelas sebagai asisten pengajar, saya menjadi bagian dari lingkungan belajar yang dinamis. Berkomunikasi dengan guru membuka peluang untuk memahami perspektif mereka tentang pendidikan, tantangan yang dihadapi, dan strategi mengajar yang efektif. Saya belajar banyak tentang pengelolaan kelas, perencanaan pelajaran, dan cara menghadapi situasi-situasi unik yang mungkin muncul dalam pembelajaran sehari-hari.

Selain itu, berinteraksi dengan siswa memberikan pengalaman yang sangat berharga. Saya dapat merasakan energi dan semangat belajar yang ada di dalam kelas. Melibatkan diri dalam membimbing siswa dalam pemahaman konsep-konsep sulit tidak hanya memperkuat pengetahuan saya, tetapi juga memberikan kepuasan melihat perkembangan mereka. Keberhasilan siswa yang didukung oleh kontribusi saya sebagai asisten mengajar memberikan rasa pencapaian dan tanggung jawab yang luar biasa.

Asistensi mengajar juga mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan manajemen waktu. Saya harus belajar untuk mengatur waktu dengan efisien antara tugas kuliah, persiapan asistensi, dan tanggung jawab lainnya. Mampu menjaga keseimbangan ini membantu saya memahami pentingnya manajemen waktu dan fleksibilitas dalam dunia pendidikan.

Pentingnya kolaborasi dan kerja tim juga menjadi jelas selama kegiatan asistensi mengajar. Saya bekerja bersama guru dan asisten pengajar lainnya untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung. Ini mengajarkan saya cara berkomunikasi dengan efektif, mendengarkan pendapat orang lain, dan mencapai tujuan bersama. Kolaborasi semacam itu tidak hanya memperkaya pengalaman pembelajaran saya, tetapi juga mempersiapkan saya untuk tantangan di dunia kerja yang membutuhkan keterampilan tim yang kuat.

Tidak hanya memberikan dampak positif pada diri saya, tetapi kegiatan asistensi mengajar juga memberikan manfaat bagi komunitas pendidikan secara keseluruhan. Melalui partisipasi saya, saya merasa memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Hal ini memberikan kepuasan batin dan memotivasi saya untuk terus terlibat dalam inisiatif pendidikan lebih lanjut.

Dengan mengakhiri kegiatan asistensi mengajar, saya membawa pulang banyak pelajaran berharga, keterampilan, dan kenangan. Pengalaman ini bukan hanya tentang membantu siswa memahami materi pelajaran, tetapi juga tentang pertumbuhan pribadi dan profesional saya. Keinginan untuk terus berkontribusi dalam dunia pendidikan pun tumbuh lebih kuat, dan saya yakin bahwa pengalaman baik ini akan membentuk perjalanan karier dan kehidupan saya kedepannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun