Mohon tunggu...
Rizky Karo Karo
Rizky Karo Karo Mohon Tunggu... Profil Singkat

Saya seorang pembelajar. Seorang Muda di Fakultas Hukum di Yogyakarta, enerjik, kalem namun easygoing, sedang belajar untuk menjadi advokat yang dapat membela orang miskin, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran/keadilan.

Selanjutnya

Tutup

Karir

Fresh Graduate Jangan Takut Apply Kerjaan yang Infonya Perlu Pengalaman

4 Mei 2021   23:27 Diperbarui: 4 Mei 2021   23:36 42 2 0 Mohon Tunggu...

Fresh Graduate (FG) jangan takut mencoba pekerjaaan yang infonya membutuhkan orang atau minimal pengalaman 1 tahun, minimal 3 tahun. Kalau FG takut, ya sampai kapan mau kerja? sampai kapan diterima kerja? Jangan takut, walau FG tentu waktu di kampus, memiliki pengalaman apapun, pengalaman organisasi, pengalaman menulis, pengalaman kepanitiaan, jadi asdos, dan sebagainya. Bagi yang FG lalu pas kuliah kupu-kupu (kuliah pulang kuliah pulang) aku harus bagaimana? nangis aja? jawabannya jangan. Saya yakin se-kupu-kupunya mahasiswa zaman dahulu, dia pasti pernah melakukan kegiatan apapun, termasuk di kosnya. Bisa saja menjadi tentor di kosan, dan sebagainya. Itu yang diceritakan ya di resume, CV kalian.

Bagi yang belum mau berwirausaha, maka jalan satu-satunya LAMAR, APPLY pekerjaan yang walaupun kriterianya memerlukan syarat minimal pengalaman bekerja. Takut ditolak? itu nomor 2, yang penting pernah coba. Design CV, Resume, Porto folio dengan sangat bagus, jangan yang monoton atau template saja. Buat yang bagaimana HRD tertarik, bisa dimulai dengan jenis FONT, jangan terus-terusan Times New Roman. Jangan juga symbol ya, tapi coba lain. Kalau warna, menurut saya, warna apapun bagus, KECUALI MERAH. Nanti dikira marah, atau nantangin HRD. 

Kalau ditolak bagaimana? nomor 2 itu, rezeki tidak akan kemana, banyak faktor yang menyebabkan kita berhasil saat melamar kerja. Attitude, kerapian, cara bicara. Orang dalam bagaimana? Aduh udah zaman tik-tok nih, yang penting kita percaya diri dengan kemampuan kita, dan yang terpenting namun bukan terakhir JANGAN LUPA BERDOA. 

Jadi bagi FrashGrad yang masih minder, apply saja. Apapun posisi atau tamatan kamu. Namun, menurut saya, apply yang sesuai posisi dan latar belakang pendidikan. Kalau kamu lulusan S.E. tapi apply lowongan legal, ya jangan disalahkan kalau kamu tidak akan dipanggil-panggil. Karena dari kacamata HRD/Biro SDM, menurut saya, itu sudah nilai minus, sudah tahu berbeda tapi masih di apply. Yuk, semangat, walau pandemi, saya yakin masih ada itu lowongan pekerjaan. 

Tapi jika masih gagal terus, gak ada salahnya untuk berwirausaha, atau mengembangkan soft skill. Kalau mau cari gratis, dari Youtube saja. Semangat FrashGrad, saya juga pernah FrashGrad, dan waktu itu saya mengawalinya dengan MAGANG.

VIDEO PILIHAN