Mohon tunggu...
Rizky Ananda
Rizky Ananda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Teknologi Pangan Universitas Al-Azhar Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Praktik Kerja Lapang di Bidang Research and Developement (R&D)

5 Februari 2024   17:32 Diperbarui: 12 Februari 2024   13:49 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Praktik Kerja Lapangan adalah suatu program atau kegiatan di mana seseorang, terutama mahasiswa atau peserta pendidikan formal lainnya, bekerja atau melakukan kegiatan di lapangan atau industri sebagai bagian dari kurikulum atau pendidikan formal mereka. PKL bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis dan memungkinkan peserta untuk mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh di lingkungan kerja nyata. Program ini seringkali dilakukan di perusahaan, lembaga, atau organisasi yang relevan dengan bidang studi atau jurusan peserta. PKL dapat membantu peserta memahami lebih baik dunia kerja dan meningkatkan keterampilan praktis yang diperlukan di dunia profesional.

Perkenalkan saya Rizky Ananda mahasiswa semester 7 dari Universitas Al-Azhar Indonesia yang berkesempatan untuk menceritakan pengalaman saya ketika PKL pada bidang R&D di CV. Pangan Berkah Sentosa. Kegiatan PKL ini dilakukan di CV. Pangan Berkah Sentosa yang berlokasi di Jl. Cendrawasih, Plosogeneng, Kec. Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61416. Waktu pelaksanaan PKL ini akan dimulai pada tanggal 11 September 2023 sampai 11 Oktober 2023 atau selama 1 bulan.

CV. Pangan Berkah Sentosa adalah sebuah perusahaan produsen makanan olahan beku yang berfokus pada produk-produk berbasis ayam, sapi, dan ikan. Perusahaan ini menjalankan proses produksi dengan menggunakan teknologi modern dan standar higienis tinggi untuk menjamin kualitas produk yang dihasilkan. Dalam upaya untuk menghadirkan makanan yang sehat dan bergizi, perusahaan ini menggunakan bahan-bahan pilihan yang diproses dengan cermat untuk memastikan kelezatan dan nutrisi tetap terjaga. CV. Pangan Berkah Sentosa terletak di Jombang, Jawa Timur dan telah berdiri sejak tahun 2018.

Pada minggu pertama kegiatan PKL, saya diberi tugas oleh dosen pembimbing lapang untuk mengetahui permasalahan apa yang sedang terjadi pada produk mereka. Setelah satu minggu berlalu saya menemukan permasalahan yang terjadi pada produk sosis merah mereka, yaitu sineresis. Sineresis adalah peristiwa keluarnya air dari dalam gel dimana gel mengkerut sehingga cenderung memeras air keluar dari dalam sel, akibatnya gel nampak lebih kecil dan padat. Setelah mengetahui permasalahan tersebut, saya diminta untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut. Setelah membaca beberapa literasi, salah satu cara mengatasi sineresis adalah dengan menambahkan Trehalose pada adonan sosis. Akan tetapi cara tersebut sudah pernah dilakukan oleh tim R&D CV. Pangan Berkah Sentosa. Akhirnya saya diberi tugas untuk menambahkan pea fiber pada adonan sosis untuk mengetahui apakah hal ini berpengaruh terhadap sineresis yang terjadi pada sosis atau tidak.

Proses riset dilakukan selama 7 hari pengamatan pada fisik sosis apakah terjadi sineresis atau tidak. Proses riset dimulai dengan membuat produk sosis merah dengan dua formulasi berbeda yaitu existing dan penambahan pea fiber, yang kemudian dilakukan siklus freeze-thaw selama 7 hari berturut-turut. Pengamatan sosis dilakukan setiap hari, hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah terjadi sineresis pada sosis atau tidak. Sosis yang sudah diamati kemudian di-repackage dan dibekukan untuk pengamatan di esok hari. Setelah 7 hari pengamatan hasil yang ditemukan yaitu produk sosis merah CV. Pangan Berkah Sentosa tidak mengalami sineresis sama sekali baik itu pada sampel existing ataupun sampel yang diberikan penambahan pea fiber. 

Melalui partisipasi dalam kegiatan PKL yang saya jalani, saya berhasil meningkatkan pemahaman saya tentang dunia kerja, khususnya di bidang Research and Development (R&D). Pengalaman ini memberikan tambahan yang sangat berharga dalam pengetahuan dan pengalaman saya, yang tidak dapat saya peroleh selama saya berkuliah. Saya sangat senang dengan lingkungan kerja yang sangat menyenangkan di tempat saya melakukan PKL, yang membuat saya merasa sangat nyaman. Oleh karena itu, saya merasa sangat bersyukur atas kesempatan yang diberikan oleh perusahaan ini dan juga sangat berterima kasih kepada seluruh staff yang bekerja yang telah membantu saya dalam melakukan Praktik Kerja Lapang ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun