Mohon tunggu...
Rizky Hidayat
Rizky Hidayat Mohon Tunggu... Perluas Sudut Pandang, Persempit Memandang Sudut.

Ghostwriter

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Hemat Energi Selama Ramadan dengan Senam Ringan

29 April 2021   22:40 Diperbarui: 29 April 2021   23:15 314 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hemat Energi Selama Ramadan dengan Senam Ringan
Hemat energi saat berpuasa, selain tidur juga bisa melakukan senam ringan | Foto: Dokpri.

Bulan puasa bukan halangan untuk tetap beraktivitas. Puasa itu selain perintah Agama ternyata juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh manusia, salah satunya dibidang kesehatan.

Manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh pastinya menjaga stabilitas tubuh terlebih pada bagian pencernaan. Kita dilatih untuk menjaga makan dan minum yang berlebih dengan berpuasa sehingga kondisi pencernaan tetap berjalan stabil.

Biasanya banyak stigma kalau orang kena Maag kemudian berpuasa, maka akan berbahaya lambungnya. Tapi nyatanya? Mana ada kasus Maag terjadi lebih parah ketika orang itu sedang berpuasa.

Akan tetapi selain puasa itu bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tetap juga jangan lupa dengan kewajiban harian kita yakni tetap beraktivitas. Jangan mager alias malas gerak.

Memang maklum jika aktivitas selama puasa di bulan Ramadan biasanya lebih banyak lelahnya ketimbang semangatnya. Oleh karenanya, kita harus tetap fit dengan tetap menjaga kondisi tubuh meski setting activity-nya dengan menggunakan mode 'Hemat Energi'.

Nah, salah satu langkah yang bisa dilakukan dengan mode hemat energi selama ramadan adalah salah satunya dengan cara senam ringan.

Senam ringan, selain menjaga kebugaran juga mampu menambah semangat kita untuk tetap gerak (tidak malas-malasan) selama menjalani ibadah puasa.

Contohnya seperti pada video saya ini, ini merupakan aktivitas senam ringan yang saya lakukan bersama adik-adik Ikatan Pelajar Muhammadiyah di lingkungan Kecamatan Sedati. Tepatnya dilaksanakan di halaman depan Masjid Al-Islam, Sedati Gede, Sidoarjo.

Terlihat dengan cukup jelas, jika senam ringan, apalagi dilakukan secara bersama-sama akan mendatangkan keceriaan dan kegembiraan.


Bagaimana? Tetap ceriakan meskipun dilakukan di bulan Ramadan. Intinya, tetap sehat, tetap bugar dan harus tetap berpuasa.

Selamat menjalankan ibadah Puasa Ramadan 1442 H.

VIDEO PILIHAN