Mohon tunggu...
Rizky Hidayat
Rizky Hidayat Mohon Tunggu... Perluas Sudut Pandang, Persempit Memandang Sudut.

Ghostwriter

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Lawan Covid-19, Muhammadiyah Sedati Lakukan Gerakan Taawun Sosial

22 April 2020   23:48 Diperbarui: 22 April 2020   23:49 106 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lawan Covid-19, Muhammadiyah Sedati Lakukan Gerakan Taawun Sosial
Prosesi pendistribusian bingkisan kebutuhan pokok oleh IPM Sedati kepada warga yang terdampak covid-19. Foto: Deni

Sidoarjo - Dalam rangka menanggulangi wabah pandemi covid-19, Muhammadiyah Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo lakukan Gerakan Taawun Sosial pada Rabu (22/4/2020). Aksinya berupa penyaluran bingkisan bahan pokok kepada warga terdampak wabah.

Gerakan Taawun Sosial ini dipelopori oleh Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Jawa Timur yang kemudian digerakkan serentak oleh Pimpinan Daerah dan Cabang Muhammadiyah se-Jawa Timur dengan membantu pengadaan kebutuhan bahan pokok berupa beras, minyak, gula, mie instan dan masker untuk di distribusikan kepada warga yang terdampak. Selain warga terdampak, juga warga yang membutuhkan seperti yatim dan dhuafa di lingkungan Kecamatan Sedati juga turut serta diberi bantuan.

Muhadi, selaku Sekretaris PCM Sedati menjelaskan, Muhammadiyah sebagai organisasi kemasyarakatan sudah kewajibannya membantu umat yang membutuhkan terlebih ditengah wabah pandemi covid-19 yang tengah melanda hampir di seluruh dunia saat ini.

Gerakan ini, sambung Pak Muhadi sapaan akrabnya, sebetulnya juga dilakukan sekaligus menyambut datangnya bulan Ramadan. "Kami berharap gerakan amal saleh ini dapat membantu mereka yang membutuhkan terlebih lagi dapat meringankan beban mereka menjelang bulan Ramadan" tuturnya.

Gerakan ini juga dilakukan secara bersinergi oleh segenap unsur Muhammadiyah di lingkungan Sedati. Dimotori oleh ibu-ibu Aisyiyah sebagai koordinator pelaksanaannya, kemudian dibantu oleh para kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Sedati yang membantu melaksanakan teknis kegiatan dengan menyalurkan secara langsung ke rumah-rumah warga yang telah di data.

Sekitar 200 bingkisan kebutuhan pokok tersalurkan ke mereka yang terdampak dan membutuhkan. "Meskipun secara nominal tidak besar jumlah yang bisa diberikan namun Insya-Allah dapat bermanfaat bagi mereka" imbuh Rahma salah satu kader IPM Sedati.

VIDEO PILIHAN