Mohon tunggu...
Rizky Wahyu firdaus
Rizky Wahyu firdaus Mohon Tunggu... Mahasiswa

Ig rizkywyfr

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Mengenal lebih jauh dengan makanan khas daerah Jawa timur salah satunya soto Lamongan

23 Januari 2021   22:09 Diperbarui: 23 Januari 2021   22:20 64 0 0 Mohon Tunggu...

Apa itu Soto Lamongan ?

Soto Lamongan adalah sajian makanan soto ayam yang khas dari Lamongan, Jawa Timur. Soto yang satu ini sangat khas dan berbeda dengan soto lainnya, baik dari segi penyajian maupun rasanya. Soto Lamongan merupakan salah satu makanan tradisional dari Lamongan yang sangat terkenal kelezatannya. Tidak hanya di daerahnya sendiri, namun juga merupakan masakan yang sangat terkenal di indonesia.

Keistimewaan Soto Lamongan :

Soto Lamongan ini sedikit berbeda dengan soto lainnya. Salah satu ciri khas dari Soto Lamongan ini terletak pada serbuk krupuk udangnya yang sering disebut Poya. Apabila serbuk Poya tersebut di campurkan dengan kuahnya maka akan menghasilkan rasa gurih yang khas pada Soto Lamongan ini. selain rasanya nikmat, aroma Soto Lamongan ini juga sangat menggugah selera.

Soto yang bisa dibilang masakan asli Indonesia, yang setiap daerah mempunyai ciri khasnya masing masing dan bahkan menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia sudah sangat terkenal sampai keluar negeri, siapa sih yang tidak kenal dengan soto ? semua orang Indonesia pernah merasakan enaknya memakan soto, soto sendiri dikonsumsi dari berbagai kalangan, mulai dari kalangan atas sampai menengah kebawah dan dikonsumsi dari berbagai usia baik tua maupun muda, semua tidak akan menolak apabila ditawari memakan soto. Soto sangat diterima oleh semua orang karena dapat disantap untuk hidangan sarapan pagi, makan siang, sampai makan malam, untuk gambarannya sendiri soto tidak selalu makanan berkuah, memakai nasi, kuahnya berwarna kuning, memakai soun, tauge, dan daging ayam, tetapi ternyata beda daerah berbeda juga isi dari makanan sotonya, ada yang memakai lontong atau ketupat sebagai pengganti nasi, ada yang ditambah dengan telur, ada yang berbumbu kacang dan banyak lagi macam variasi dari makanan soto ini dimasing masing daerah.

Namun yang akan dibahas kali ini adalah soto ayam Lamongan, karena soto ayam Lamongan ini salah satu hidangan khas yang sangat terkenal sampai keseluruh Indonesia bahkan sampai ke luar negeri, di Indonesia sendiri soto ayam Lamongan banyak dijual mulai dari kelas kaki lima sampai kelas bintang lima, karena soto ayam Lamongan ini menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya yang diolah dengan berbagai rempah rempah sehingga terasa sangat segar dan lezat, menikmati soto ayam lamongan paling cocok pada saat cuaca sedang dingin dan dihidangkan dengan nasi panas, karena bumbu soto ayam Lamongan akan meresap kedalam daging ayam dan kuah soto sehingga sangat lezat apabila dihidangkan dalam keadaan panas.

Soto ayam Lamongan biasanya dilengkapi dengan beberapa bahan pelengkap berupa kuah soto yang berwarna kekuningan yang dipadu dengan warna hijau dari daun seledri dan daun bawang serta telur rebus yang membuat tampilan soto ayam Lamongan terlihat menarik.Menurut berbagai sumber, asal mulanya soto ayam Lamongan adalah makanan yang berasal dari bahasa Tiongkok yang bernama Caudo karena ditemukan adanya soun pada soto ayam Lamongan, diketahui bahwa Tiongkok lah yang memiliki teknologi membuat mie atau soun, kemudian lama kelamaan nama Caudo berubah namanya menjadi soto, karena makanan Caudo ini disesuaikan dengan lidah orang Indonesia dengan olahan bumbu dan rempah rempahnya, maka lahirlah namanya soto ayam Lamongan, soto ayam Lamongan mungkin juga dipengaruhi oleh budaya dari India karena adanya beberapa rempah rempah berupa kunyit yang merupakan bahan untuk membuat kari khas India, terlepas dari itu semua soto Lamongan tetaplah kuliner asli khas dari Indonesia lebih tepatnya di kota Lamongan

VIDEO PILIHAN