Mohon tunggu...
rizki surya
rizki surya Mohon Tunggu... Freelancer - menulis dan bercerita

mengalami melihat menceritakan

Selanjutnya

Tutup

Nature

2020 Tak Lagi Mati Listrik

26 Januari 2020   21:20 Diperbarui: 26 Januari 2020   21:26 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Malam hari adalah waktunya beristirahat, selepas sepanjang hari dihabiskan untuk berkegiatan seperti sekolah dan bekerja. Namun istirahat pada malam hari tidak hanya dilakukan dengan tidur. 

Bagi sebagian beristirahat juga waktunya menenangkan pikiran, ini bisa didapat dari menonton acara tv favorit, mendengarkan music pilihan di radio, atau dengan menikmati berbagai konten di internet. 

Namun, apa daya yang bisa dilakukan bila pada malam hari tidak ada listrik? Tentu aktivitas istirahat dan menenangkan diri pada malam hari akan sangat monoton, tidak ada hiburan yang dapat diakses. Karenanya aktivitas manusia hari ini sangat ditopang dengan kehadiran listrik.

 Faktanya di Indonesia, tidak semua masyarakat bisa mengakses listrik. Rasio elektrifikasi nasional baru mencapai angka 90%, ini berarti masih banyak masyarakat yang belum teraliri listrik. Di tengah kondisi ini menjadikan program elektrifikasi atau pengaliran listrik menjadi sangat penting. Di Kabupaten Berau Kalimantan Timur misalnya, program Bupati Berau, H. Muharram ialah meningkatkan kapasitas listrik. Saat ini tengah dibangun beberapa pembangkit listrik.

Dilansir dari laman Prokal.co, Kabupaten Berau tengah merancang PLTMH atau pembangkit listrik tenaga mikrohidro di beberapa desa, adapun PLTS atau pembangkit listrik tenaga surya sudah terpasang di Desa Long Beliu dengan kapasitas 500kWp. Harapannya pada tahun 2020 tidak ada lagi desa yang tidak teraliri listrik di Kabupaten Berau, sehingga elektrifikasi menjadi fokus Bupati Berau H. Muharram di tahun 2020 ini.

Bila saatnya nanti semua warga dapat menikmati listrik di malam hari tentu akan sangat bermanfaat, selain untuk mengakses hiburan dari acara di tv atau siaran di radio dan konten di internet, secara tidak langsung kehadiran listrik akan meningkatkan kebahagiaan masyarakat. Karena, masyarakat yang bahagia adalah masyarakat yang memiliki waktu seimbang, antara waktu produktifnya dengan waktu istirahatnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun