Mohon tunggu...
Rizki AnitaBella
Rizki AnitaBella Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa UMPwr

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

19 Juni 2021   23:25 Diperbarui: 20 Juni 2021   00:11 27 1 0 Mohon Tunggu...

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang dibelajarkan di jenjang sekolahan. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial.

IPS dianggap perlu diberikan kepada anak SD karena IPS merupakan Ilmu yang didalamnya mempelajari tentang cara untuk melakukan interaksi sosial. pengetahuan untuk berinteraksi perlu dibekalkan kepada siswa agar nantinya bisa berbaur di dalam masyarakat. Tetapi kenyataan bahwa seringnya guru dalam menyampaikan materi pembelajaran IPS terkesan monoton dan pengetahuan hanya terpusat pada guru semata maka tidak mengherankan apabila banyak siswa SD merasa bosan terhadap penyampaian materi IPS.

Hal seperti ini tidak seharusnya terjadi mengingat pelajaran IPS yang menekankan pada ilmu tentang social. Guru dalam hal ini sebagai pengatur jalannya pelajaran seharusnya menjadikannya pembelajaran yang menyenangkan. Pembelajaran PAIKEM mutlak diperlukan agar pembelajaran lebih bermakna serta melekat pada diri siswa.

Pelajaran IPS bagi siswa di Sekolah Dasar (SD) tidak harus selalu dilakukan dengan metode ceramah atau latihan saja tetapi dapat menggunakan beberapa metode mengajar yang memungkinkan siswa beraktivitas lebih tinggi dalam kegiatan belajarnya. Oleh karenanya guru harus kaya akan pengalaman dan kemampuan mengajar agar sasaran belajar dapat dicapai secara efektif dalam pembelajaran yang dilakukan di sekolah.

VIDEO PILIHAN