Mohon tunggu...
Riza Perwira
Riza Perwira Mohon Tunggu... Profil saya biasa saja

Nothing

Selanjutnya

Tutup

Digital

Bisakah Kita Melacak Seorang Hacker?

6 Desember 2020   06:08 Diperbarui: 6 Desember 2020   09:09 87 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bisakah Kita Melacak Seorang Hacker?
teahub.io

Ditengah-tengah kesibukan setiap individu melahirkan sosok misterius yang selalu berusaha menjatuhkan pamor seseorang dengan berbagai cara, bahkan hal ini sangat merugikan yang akan membuat mental jiwa seseorang menjadi terpuruk hingga paling tragis.

Seseorang atau kelompok yang berusaha meretas atau menyusup ke dalam sebuah sistem komputer orang lain disebut "Hacker". Seorang Hacker disini berperan menjadi pihak ke-2, karena ia melakukan peretasan terhadap seseorang yang terlebih dahulu menjadi kunci utamanya untuk berusaha mencari segala informasi dan merusak sistem orang lain baik dari segi online maupun offline.

Apakah bisa kita mencari tahu sendiri siapa seseorang di balik topeng misterius itu? Jawabnya "Tidak", Anda tidak akan pernah bisa melacak seorang Hacker sendiri, karena ia terlalu pandai dalam melakukan manipulasi setiap situasi baik pada location dan IP Address yang sebelumnya sudah di setting berdasarkan kemampuan dan kecerdasan seorang Peretas Profesional.

Namun jangan khawatir, kita dapat mencari tahu sendiri dengan seminim-minim informasi yang didapat dari situsi seperti ini, yaitu berdasarkan:

Temukan IP Address Si Hacker

Jika Anda mengetahui Alamat IP peretas, maka Anda dapat menemukan Penyedia Layanan Internet (ISP). Jika Anda mengetahui ISP mereka, Anda dapat menghubungi ISP tersebut dan menanyakan informasi tentang pemilik IP Address tersebut. Dan Jika mereka tidak secara langsung memberi Anda informasi, Anda dapat mengajukan laporan ke pihak berwajib yaitu Polisi dan memberi tahu mereka IP Address Peretas dan mereka akan dapat memaksa ISP untuk memberi mereka informasi pemegang akun. Ini bukan ancaman namun hal ini adalah satu-satunya cara, kecuali Anda mengetahui informasi lain tentang peretas ini seperti email mereka.

Menggunakan Sistem Pelacakan GPS

Perangkat lunak pelacakan GPS dirancang untuk mengumpulkan data lokasi kendaraan dan memvisualisasikannya di peta. Pelacakan penggunaan perangkat sangat sederhana dan nyaman, semua catatan tersedia secara real time, data disimpan ke database dan dapat diakses kapan saja di masa mendatang. Pelacak mengirimkan berbagai informasi, seperti koordinat, kecepatan, ketinggian dan lainnya.

Menggunakan Sistem Honeypot

Dalam terminologi komputer, honeypot adalah mekanisme keamanan komputer yang ditetapkan untuk mendeteksi, membelokkan, atau, dalam beberapa cara, menangkal upaya penggunaan Sistem Informasi yang tidak sah. Umumnya, honeypot terdiri dari data (misalnya, di situs jaringan) yang tampaknya merupakan bagian sah dari situs yang tampaknya berisi informasi atau sumber daya yang bernilai bagi penyerang, tetapi sebenarnya, diisolasi dan dipantau dan memungkinkan pemblokiran atau menganalisis para penyerang. Tetapi peretas berpengalaman akan menemukan cara untuk menipu sistem semacam itu dan tidak ada cara terbaik.

Honeypots sendiri juga bertindak sebagai umpan, memikat penyerang agar mengungkapkan dirinya dengan menghadirkan target yang tampak menggoda. Sementara honeypots tingkat lanjut dirancang untuk memudahkan dalam mendeteksi dan mempelajari jenis serangan yang digunakan peretas di alam liar, honeypots modern berdasarkan URL pelacakan telah berkembang menjadi sangat fleksibel dan ramah pengguna sehingga rata-rata orang sering menggunakannya untuk mengidentifikasi penipu online. 

Dengan memantau lalu lintas yang masuk ke sistem honeypot, Anda dapat menilai:

  • Dari mana penjahat cyber berasal.
  • Tingkat ancaman.
  • Modus operandi apa yang mereka gunakan.
  • Data atau aplikasi apa yang mereka minati.
  • Seberapa baik langkah-langkah keamanan Anda bekerja untuk menghentikan serangan cyber.

Menggunakan BackTrack Linux

Tools BackTrack dapat membantu Anda untuk melacak atau bahkan menyerang kembali si Peretas. Tools ini memberi pengguna dengan mudah mengakses kumpulan alat terkait keamanan yang lengkap dan besar, mulai dari pemindai port hingga Audit Keamanan.

BackTrack menyertakan banyak alat keamanan terkenal termasuk:

  1. Metasploit untuk integrasi.
  2. Driver Wi-Fi mendukung mode monitor (mode rfmon) dan injeksi paket.
  3. Reaver, alat yang digunakan untuk mengeksploitasi kerentanan di WPS.
  4. Kerangka Keamanan Mantra OWASP, kumpulan alat peretasan, add-on, dan skrip berdasarkan Firefox.
  5. Cisco OCS Mass Scanner, pemindai yang sangat andal dan cepat untuk router Cisco untuk menguji telnet default dan mengaktifkan kata sandi.
  6. Pengumpulan informasi.
  7. Penilaian kerentanan.
  8. Eskalasi hak istimewa
  9. Mempertahankan Akses
  10. Dan lain-lain.

Itulah beberapa methode yang dapat Anda lakukan untuk melacak seorang Peretas dunia maya. Namun kemungkinan besar Anda tidak dapat melqkukannya sendiri melainkan akan melibatkan banyak pihak untuk membantu mencari informasi terkait apa yang Anda butuhkan untuk mencari informasi seorang Hacker.

Saya tidak akan bertanggungjawab jika Anda melakukannya tanpa se izin pihak yang berwajib, karena melakukan pelacakan terhadap seseorang itu sudah termasuk dalam kategori peretasan bahkan jika hukum berat dapat berlaku. Anda tidak membawa bukti atau apapun terkait hal itu. 

Namun saran saya jika Anda ingin melakukannya sendiri, harap Anda juga harus memalsukan identitas (Anonym) terhadap pembelaan keadaan dan situasi yang tersudut. Ini akan memudahkan Anda untuk bebas melakukan apapun sesuai dengan keinginan Anda untuk melacak kembali si Peretas dalam masa apapun.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x