Mohon tunggu...
Riza Fasya Juliana
Riza Fasya Juliana Mohon Tunggu... Guru - Guru

Seorang guru untuk merubah ekosistem pendidikan sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Jurnal Refleksi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara

29 Maret 2024   22:05 Diperbarui: 29 Maret 2024   22:12 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Wr.Wb, Bapa/Ibu Guru hebat perkenalkan nama saya Riza Fasya Juliana, S.Pd, Calon Guru Penggerak Angkatan 10 dari SMP Negeri 1 Cikijing Kab. Majalengka Prov. Jawa Barat.

Pada kesempatan kali ini, ijinkan saya untuk menulis Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.1 tentang Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Jurnal ini sebagai refleksi diri setelah kurang lebih 2 minggu mengikuti kegiatan Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 10 di Kab. Majalengka.

Dalam menulis refleksi ini, saya menggunakan model 1 yaitu 4F (Facts, Feelings, Findings dan Future) metode ini dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P yakni Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran Dan Penerapan.

1. Facts (Peristiwa)

Kegiatan Lokakarya Orientasi dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 Maret 2024 pukul 07.30-15.15 yang bertempat di SMP Negeri 2 Majalengka. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Majalengka, Dr. Hj. Lilis Yuliasih, M.Pd. Setelah itu, saya masuk ke kelas untuk bergabung bersama teman kelompok dengan melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya membuat kesepakatan kelas dengan PengajarPraktik Ibu Siti Aan Nurhasanah, Ibu Siti Kamilah dan Ibu Lia Yuliani. Kemudian kegiatan Perkenalan, permainan, kami pun menulis harapan dan kekhawatiran, setelah itu saya mengerjakan LK 1 sampai LK 4 dan Refleksi kegiatan Lokakarya Orientasi.

Dalam dua minggu ini ada beberapa materi yang saya pelajari di LMS, diantaranya:


Modul 1.1.a.3 Mulai Dari Diri yaitu membuat refleksi kritis dan ekspetasi harapan. Tugas ini saya apload di LMS

Modul 1.1.a.4 Eksplorasi Konsep yaitu memahami pemikiran KHD mengenai tujuan dan asas pendidikan. Tugas ini saya apload di LMS dan akun youtube saya pada link :

https://youtu.be/BJSI5jFVfC8?si=mTEjEy88Y10bPWx-

Eksplorasi konsep di forum diskusi virtual yaitu pada bagian ini saya dan teman kelompok diskusi yang di pimpin Fasilitator Ibu Rikawati memberikan perspektif reflektif kritis tentang pemikiran filosofi pendidikan KHD

Ruang Kolaborasi yaitu pada ruang kolaborasi ini saya belajar bersama Fasilitator Ibu Rikawati, S.Mn dan Pengajar Praktik Ibu Siti Aan Nurhasanah, S.Pd. Dalam ruang kolaborasi ini banyak sekali ilmu yang didapat diantaranya mengenali nilai-nilai luhur kearifan budaya daerah asal khususnya yang ada di Kabupaten Majalengka. Tugas ini saya unggah di LMS dan akun Youtube saya pada link :

https://youtu.be/9nZERvp5vqs?si=ogIir_vr7Pv9SoJM

Demonstrasi Kontekstual yaitu pada bagian ini saya membuat karya berupa video berkaitan tentang Pendidikan yang berpihak kepada murid. Tugas ini saya unggah di LMS dan di akun youtube saya pada link : https://youtu.be/SOCfvfgmHDA?si=5jgm_IhvqdkS-7yF

Elaborasi Pemahaman yaitu pada bagian ini saya membuat pertanyaan yang masih muncul di benak saya dan mendiskusikannya dengan Instruktur Ibu Listiyawati. Kemudian saya berelaborasi pemahaman dengan berdialog bersama Instruktur dan memberikan perspektif refleksi kritis tentang pemikiran KHD.

Koneksi Antar Materi yaitu pada bagian ini saya membuat kesimpulan dan refleksi pengetahuan dan pengalaman baru yang dipelajari dari pemikiran KHD. Tugas ini saya unggah di LMS dan akun youtube

saya pada link : https://youtu.be/LRFmGF8fV84?si=HIxpIAwnOh6uux6D

Aksi Nyata yaitu pada bagian ini saya membuat sebuah aksi nyata saya di kelas sebagai pusat pengembangan karakter berdasarkan pemikiran KHD diantaranya pembelajaran yang berpusat pada siswa. Tugas ini saya unggah di LMS dan akun youtube saya pada link : https://youtu.be/N0sshWW-Zdcsi=BVoU1DZ3XfYAv55o

Saya pun mendokumentasikan perjalanan saya serta tugas-tugas saya selama mengikuti program Pendidikan Calon Guru Penggerak angkatan 10, yang saya unggah dan abadikan di Portofolio Digital saya pada link : https://sites.google.com/view/portofolio-riza-fasya-juliana/beranda

Hal baik yang saya alami dalam mengikuti pembelajaran yaitu saya bisa belajar bersama, berdiskusi serta berkolaborasi bersama teman-teman Calon Guru Penggerak yang didampingi oleh orang-orang yang hebat; Instruktur, Fasilitator dan Pengajar Praktik. Disamping itu, hal yg baik lainnya saya mulai belajar menerapkan pendidikan dan pengajaran yang sesuai pemikiran KHD yaitu berpusat pada murid.

2. Feeling (Perasaan)

Dari awal yang saya rasakan setelah dua minggu berlalu adalah perasaan bangga karena bisa diberi kesempatan untuk mengikuti Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 10. Diberi kesempatan untuk belajar, mengembangkan bakat,berkolaborasi bersama teman Calon Guru Penggerak lainnya yang di damping oleh orang-orang yang sangat luar biasa hebat yaitu Instruktur, Ibu Fasilitator dan Ibu Pengajar Praktik, Alhamdullilah sebuah kebanggaan bagi saya pribadi.

Selain itu masih ada rasa takut dan ragu tidak bisa mengikuti kegiatan dan mengerjakan tugas-tugas dengan maksimal karena berbenturan dengan tugas disekolah, karena disamping mengajar saya ditugaskan menjadi operator sekolah. Terkadang muncul dibenak saya perasaan minder karena teman-teman CGP yang hampir mayoritas guru-guru hebat. Tetapi saya tetap semangat untuk belajar, mengembangkan potensi yang saya miliki didampingi oleh Ibu Fasilitator dan Pengajar Praktik yang hebat akhirnya saya mampu untuk mengerjakan tugas-tugas serta arahan yang diberikan.

3. Findings (Pembelajaran)

Dari pembelajaran yang saya dapatkan di Modul 1.1 tentang Refleksi Filosofi Pendidikan Nasional -- Ki Hajar Dewantara ini saya akan berusaha menerapkan selama dikelas diantaranya memaksimalkan dan mengimplementasikan pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara.

Peran seorang guru itu sangat penting, Guru harus menjadi pemimpin dikelas, harus mengikuti perkembangan zaman dan menyesuaikan dengan sosio kultural budaya yang ada. Selain itu saya ingin menjadi sosok yang selalu dirindukan oleh murid dengan cara melakukan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan, salah satunya dengan pembelajaran yang berpusat pada murid dan menghamba pada murid dan memberikan kebebasan untuk berekspresi dengan cara mengembangkan minat bakat murid agar bisa dikembangkan secara maksimal sehingga murid bisa menemukan jati diri yang sebenarnya.

Disisi lain proses pendidikan dan pengajaran harus menerapkan budi pekerti yang luhur dengan cara mengintegrasikan setiap proses pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila yaitu beriman, bertaqwa kepada

Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif.

4. Future (Penerapan)

Pembelajaran pada Modul 1.1 tentang Refleksi Filosofi Pendidikan Nasional -- Ki Hajar Dewantara memotivasi dan memberikan semangat untuk saya menjadi seorang guru yang sebenarnya di dunia pendidikan dengan cara melakukan hal-hal yang baru dengan konsep Pendidikan menurut pemikiran Ki Hajar Dewantara, seperti mengubah metode yang tadinya berfokus pada guru menjadi berfokus kepada siswa. 

Dalam penugasan siswa tidak diberi batasan-batasan tetapi siswa menyelesaikan dengan kreatifitas masing-masing yang dimilki oleh siswa. Selain itu merubah pandangan bahwa seorang siswa itu bukan seperti kertas putih kosong melainkan kertas samar-samar yang sudah ada goresan dan tugas pendidikan mempertebal lakunya. 

Merubah pandangan terhadap siswa yang semula berorientasi pada nilai menjadi berorientasi pada proses. Aksi nyata tersebut sudah saya lakukan selama dikelas dan faktanya siswa merasa senang, enjoy selama pembelajaran. Selain itu siswa merasa merdeka dalam arti bebas untuk berekspresi.

Dengan mempelajari modul ini, saya berharap bisa menjadi pemimpin pendidikan menuju transformasi yang bisa menyesuaikan dengan zaman sekarang. Selain itu menjadi seorang pendidik yang tergerak, bergerak dan menggerakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun