Mohon tunggu...
riyan afandi
riyan afandi Mohon Tunggu... Mahasiswa - UNNES GIAT 3 DESA WONOROTO

Blog ini digunakan untuk mempublikasikan kegiatan pengabdian masyarakat di desa Wonoroto

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pelatihan Memasak Olahan Makanan Tradisional dan Modern Mahasiswa UNNES GIAT 3 bersama Kader PKK

8 Desember 2022   13:30 Diperbarui: 8 Desember 2022   13:33 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Magelang - Pada hari Minggu (4/12/2022) pada pukul 13.00 WIB telah dilaksanakan pelatihan memasak  olahan makanan tradisional dan modern, bersama kader PKK Desa Wonoroto. Guna meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Wonoroto.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Desa Wonoroto memliki kekayaan alam yang sangat melimpah, dengan letak geografis yang berada di dataran tinggi membuat Desa Wonoroto memliki lahan yang subur, maka tak heran hasil komoditas bahan pangan sangat melimpah. Salah satunya adalah singkong, hal tersebutlah yang memunculkan inisiatif dari Mahasiswa UNNES GIAT 3 untuk mengadakan pelatihan memasak olahan makanan tradisional yang berbahan dasar singkong. Selain olahan masakan tradisional Mahasiswa UNNES GIAT 3 juga memberikan pelatihan terkait olahan makanan modern yaitu Corndog, dimana makanan tersebut memiliki peluang potensi nilai ekonomi yang tinggi.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Salah satu olahan masakan tradisional yaitu Jemblem, yang berbahan dasar singkong. Masakan tersebut memiliki kepraktisan dalam pengolahanya sehingga memudahkan masyarakat untuk mengolahnya dan juga oalahan makanan jemblem juga memiliki nilai ekonomi yang dapat di jual belikan.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Selanjutnya adalah olahan makanan modern Corndog, dimana olahan makanan corndog memliki potensi ekonomi yang tinggi sehingga dapat menaikan perokonomian masyarakat Desa Wonoroto.  Namun bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat olahan makanan Corndog sendiri terdapat sebagaian bahan yang susah didapatkan di Desa Wonoroto sehingga harus mencari di luar Desa. Meskipun demikian, corndog tetap akan menjadi olahan makanan yang memiliki potensi nilai ekonomi yang tinggi. 

Dari kedua olahan masakan tersebut sama-sama memiliki kepraktisan dalam pembuatanya dan bahan yang digunakan juga termasuk mudah untuk didapatkan, selain praktis juga memiliki nilai ekonomi sehingga dapat menjadi peluang usaha bagi masyarakat Desa Wonoroto. 

Rangkaian acara pelatihan memasak olahan makanan tradisional dan modern yang dilangsungkan di posko UNNES GIAT 3 Desa Wonoroto berjalan dengan tertib dan lancar, di ikuti oleh kader PKK Desa Wonoroto dan sejumlah anak-anak yang mengikuti acara pelatiahan memasak. Peserta dalam kegiatan ini kurang lebih 50 orang baik dari Kader PKK maupun anak-anak. 

Target utama dalam pelatihan olahan masakan tradisional dan modern adalah melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat teredukasi dan mengambil manfaat berupa potensi peluang usaha, sehingga masyarakat mampu menaikkan perokonomian Desa Wonoroto.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun