Mohon tunggu...
Inovasi

"Peran Media Sosial dalam Dunia Periklanan"

19 Juli 2018   17:20 Diperbarui: 19 Juli 2018   17:34 840
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkembangan dunia maya yang sangat pesat dari hari ke hari, memberikan dampak yang signifikan dalam masyarakat indonesia, dimana masyarakat di tuntut untuk lebih menguasi teknologi saat ini atau lebih mengoptimalkan teknologi yang modern. Sehingga menjurus kepada peninggalan teknologi yang terdahulu. Dengan adanya pembaharuan dari yang belum modern menuju modern saat ini memungkinkan persaingan dalam kemajuannya.

Seiring dengan kemajuan teknologi yang modern memunculkan media sosial yang dapat di akses selama 24 jam dimanapun tempat, seperti facebook, instagram, twiter, dimana penggunaanya diberi kemudahan dan tanpa memerlukan kesulitan yang berarti bagi penggunanya. 

Dengan dilengkapinya fitur-fitur yang canggih media sosial tersebut sangat memungkinkan bagi penggunanya untuk tetap eksis di dunia maya. Jangan heran kalo di indonesia nilai penggunaan media sosial sendiri sangat tinggi bahkan dari kalangan anak muda sampai orang dewasa, yaitu kita kembali pada sifat media sosial tersebut dimana tanpa ada batasan umur bagi penggunanya.

Media sosial adalah perkembangan dalam penyebaran informasi. Dahulu teknologi media dapat menyampaikan pesan kejutaan orang dengan efisien, seperti melalui televisi atau surat kabar. Namun di era sekarang, penyampaian pesan menjadi lebih berkembang. Kemudahan dalam mengakses internet membuat informasi dapat tersebar dengan luas dan cepat kejutaan pengguna internet.

Tak heran jika masyarakat indonesia dalam keseharianya tidak terlepas dari yang namanya internet. Karena internet sendiri di indonesia sudah menjadi teman dalam kehidupan orang di indonesia. Adanya penilaian tersebut karena penulispun tidak jauh beda dengan artikel yang ditulis, dimana yang di maksud penulis adalah penggunaan internet sangat mebantu penulis untuk mencari referensi yang sesuai judul penelitianya.

Tetapi dengan tingkat penggunaan media sosial yang tinggi malah mampu menghadirkan inovasi baru di dunia bahkan di indonesia salah satunya adalah iklan yang di kemas dengan rapi dan menarik untuk dilihat dalam media sosial, baru-baru ini iklan sudah dikatakan bamyak sekali menyebar di setiap media sosial. bahkan di jadikan lahan bisnis bagi yang mampu memanfaatkanya karena media sosial mampu memberikan tempat dalam pengaplikasian iklan.

Peran penting media sosial dalam dunia perikalanan  sangat besar karena mampu menghadirkan minat audien yang tinggi dalam kejenuhan terhadap iklan bilboard yang terpampang di setiap sudut jalan, tembok, bahkan gedung-gedung perkantoran yang tinggi. Dalam hal ini audien lebih tertarik melihat iklan ketika baru membuka aplikasi atau media sosial karena sudah terkemas di dalam media sosial.

Kejenuhan audien dalam iklan bilboard karena iklan tersebut merupakan iklan outdor yang memerlukan tempat yang besar, dan posisi penempatanya yang harus strategis, yang memungkinkan ketertarikan audien terhadap iklan menjadi menurun.

Dalam perkembangan teknologi yang semakin pesat menuntut manusia secara aktif mampu mengikuti perkembangan zaman, tidak ketinggalan dalam bidang periklanan atau pemasaran. Media adalah tempat dimana produk atau jasa yang ditawarkan dapat dilirik dan di sukai oleh konsumen atau audien sehingga tertarik untuk melihat, membeli bahkan mengikuti apa yang sedang di iklankan.

Iklan saat ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari untuk memberitahukan atau mempromosikan suatu barang, serta lowongan pekerjaan yang dikemas dengan menarik menggunakan media sosial. Iklan mampu memberikan sugesti kepada target konsumenya atau audien yang di inginkan sehingga iklan mampu memiliki daya tarik untuk di lihat oleh khalayak umum tanpa harus ada batasan umur selagi target konsumenya mampu membaca maka iklan itu sangat bermanfaat bagi konsumen atau audiennya

Iklan adalah kebutuhan pokok sebuah bisnis. Tanpa iklan, produk yang di ciptakan tidak akan di kenal dan bahkan tidak akan bisa terjual. Membuat iklan juga ada banyak macam dan jenisnya. Iklan bukan hanya berupa tulisan yang dicetak di selembar kertas putih, seperti brosur, majalah koran dan media cetak lainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun