Mohon tunggu...
Rivando Siahaan
Rivando Siahaan Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Tampil sederhana dengan ketulusan,\r\nada untuk sebuah perubahan yang lebih baik dari hari ini.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Peran Ganda Ibu-ibu Muda

12 Juni 2019   12:00 Diperbarui: 12 Juni 2019   13:42 0 0 0 Mohon Tunggu...

Zaman Sekarang adalah zaman dimana serba digital. Zaman dimana hal privasi dianggap sudah jadi konsumsi publik. Lihat saja banyak para cewek atau pun sebut saja ibu-ibu muda yang sering Selfi di kamar tidur sambil selonjoran di kasur hehehe. Hampir tidak ada privasi bukan. Semakin tahun bertambah pun ibu-ibu muda ini makin aktif untuk mendapatkan sesuatu yg bisa membantu keuangan rumah tangga atau paling tidak memenuhi kebutuhan dirinya sendiri. Saya katakan ibu-ibu muda karena memang menikah dengan usia yg relatif muda. Cuma kondisinya sekarang dari sekian persen ibu-ibu muda telah terjangkit kehidupan sosialita yg menghamburkan uang suami demi kesenangan diri. Gaya hidup ini lah yang harus dihindari karena menyebabkan kehancuran rumah tangga. Kembali ke topik saya ingin membahas ibu-ibu muda yg aktif membantu keuangan keluarga. Sebut saja ibu muda pengusaha selain mengurus anak-anak bisa juga membangun bisnis

1. BISNIS PULSA dan Paket/Pembayaran online dari teras Rumah

Banyak sekarang ibu-ibu mudah yg aktif membangun bisnis Pulsa dan pembayaran online. Hal ini sangat didukung oleh suaminya. Walaupun memang keuntungannya tidaklah seberapa tetapi dapat untuk membeli ikan, sayur dan buah-buahan untuk kebutuhan sehari-hari. Biasanya ibu-ibu ini banyak menggunakan Aplikasi-aplikasi online untuk pembayaran apa saja. Jadi satu aplikasi untuk semua pembayaran.

2. Bisnis Dropship atau OLSHOP berbasis Jaringan

Banyak juga sekarang ibu-ibu muda yg mendapatkan Gadget bukan hanya untuk selfi-selfi atau jualan online. Justru bisnis DROPSHIP dan Olshop Berbasis jaringan ini sangat dan paling berkembang saat sekarang. Sebut saja teman saya ada yg sukses dari rumah, yang pintar mengatur waktu menjaga anak dan mengurus suami hanya online dari rumah. Dan paling hebatnya lagi teman-teman semua komplek, satu arisan, teman-teman SMP, SMA atau pun kuliah dapat diajaknya untuk buat arisan OLSHOP dgn berbasis Jaringan tadi. Keuntungan juga semata-mata demi kepentingan rumah tangga bukan foya-foya

3. Bisnis Tanaman Obat/telur dan Usaha rumahan

Ini membangun bisnis berawal dari sebuah hobi. Hobi makan, hobi masak, hobi tanam-menanam, hobi buat kerajinan tangan. Ibu-ibu muda yg bisa jadi digerakkan komunitas dengan hobi dan kegemaram tertentu atau ibu-ibu PKK. Biasanya mereka berkumpul untuk menyampaikan dan menyatukan ide-ide serta membangun bisnis yg solid. Ide ini bisa dikembangkan oleh beberapa orang atau banyak orang begitu juga modalnya. Bahkan untuk hasil-hasilnya sudah sampai ke luar negeri. Sebuah keberhasilan yg mencengangkan.

Begitulah kira-kira yg dapat saya tuliskan dari pengamatan yg saya lakukan. Bukan saya jadi jejelatan alias genit. Tetapi saya hanya mengamati bahwa sesungguhnya ibu-ibu muda punya peran ganda selain mengurus anak dan suami harus pandai rawat diri serta mandiri.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x