Mohon tunggu...
Ritsatul zannah
Ritsatul zannah Mohon Tunggu... Masih dalam tahap belajar

Mahasiswa ilmu komunikasi UIN sunan Kalijaga 20107030104

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Susi Pudjiastuti Wanita Nyentrik! Pemikir Terbaik Dunia dan Mantan Menteri yang Sangat Tegas

22 Maret 2021   13:49 Diperbarui: 22 Maret 2021   13:58 76 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Susi Pudjiastuti Wanita Nyentrik! Pemikir Terbaik Dunia dan Mantan Menteri yang Sangat Tegas
Sumber: https://fakta.news/


Tak asing dengan kata tenggelam, kata yang begitu populer dengan kegigihannya dan sikap yang begitu tegas siapa lagi yang tak kenal dengan  ibu Susi Pudjiastuti. Namanya yang begitu populer disaat menjabat sebagai menteri kelautan dan perikanan dalam kabinet kerja tahun 2014-2019 oleh presiden Jokowi Dodo bukan hanya karena penampilan yang begitu menyentrik siapa sangka sebelum menjabat sebagai menteri dengan  berlatar belakang pendidikan hanya mempunyai ijazah SMP saja, Dan dulunya beliau menyambung hidupnya dengan menjual ikan di Pangandaran dengan berkat dan kegigihannya beliau sukses sebagai pengusaha perikanan dan perusahaan transportasi penerbangan.

Saat menjabat sebagai menteri perikanan dan per lautan pun beliau dikenal dengan kebijakan yang tegas terhadap penangkapan ikan ilegal. namanya pun sering di kait- kaitkan dengan kata "TENGGELAM". Yang mengacu pada hukuman penenggelaman kapal- kapal asing ilegal diperairan Indonesia. Disaat putus sekolah dulu beliau menjual seluruh perhiasannya dengan seharga 750.000 untuk menjadi pengepul ikan di Pangandaran. Pada tahun 1983, beliau juga pernah berdagang baju, seprei dan juga cengkeh. 

Setelah mendapatkan pengalaman berjualan beliau melirik potensi hasil laut yang ada di Pangandaran, lalu beliau berfikir untuk hasil lautnya untuk menjual ikan segarnya ke Jakarta. Setiap sore usai mengambil ikan di pelelangan di tepi laut beliau mengangkut ikan segarnya naik sepeda motor da di bawa ke Jakarta. Pekerjaan tersebut sering dilakukan setiap hari dan tidak pernah peduli cuaca apapun.

Dengan dijalani sangat tekun dan bersungguh-sungguh bisnis ini berkembang hingga tahun 1996, beliau berhasil mendirikan pengolahan ikan yang di beri nama "PT ASI PUDJIASTUTI  MARINE PRODUCK". Dengan produk unggul mereka berupa produk lobster yang di beri nama " Susi brand" bisnis ini meluas hingga ke Asia sampai juga ke Amerika. 

Awal tahun 2000 beliau mempunyai ide untuk bisa mengirimkan hasil laut kelolaannya menggunakan pesawat terbang dengan selain cepat dan juga menghasilkan keuntungan yang besar dan ikan ikannya yang segar akan lebih mahal di banding ikan yang lama di dalam pendingin. Dari gagasan tersebut beliau mempunyai plan untuk meminjam modal untuk membeli pesawat terbang dan membangun landasan pesawat terbang.

Prestasi dan kontroversi Susi Pudjiastuti dimana semenjak menjabat sebagai menteri perikanan dan kelautan beliau sangatlah dikenal sangat giat memberantas penangkapan ikan ilegal di laut di Indonesia. Beliau tidak segan- segan memerintahkan penenggelaman kapal terutama kapal milik asing mencuri ikan di perairan Indonesia, dari bulan November 2014 sampai Agustus 2018 ada 488 kapal pencuri ikan berhasil di tenggelamkan, dan selama 2 tahun kebijakan tersebut diterapkan. Stok ikan di Indonesia bertambah menjadi 5,4 juta ton atau 76% dan pada tahun 2018 stok ikan menjadi 13,1 ton, lebih tinggi dari tahun 2015. Dibuktikan yang tegas dalam memerangi pencurian ikan oleh beliau sangatlah berdampak pada meningkatnya ekspor ikan di Indonesia . Namun langkah ini banyak yang merespon positif dan negatif, dan terhitung sampai Oktober 2019 lalu tercatat ada 566 kapal pencuri ikan ditenggelamkan.

Dengan terkenal ke jentrikan nya, Keunikan tingkah lakunya serta ketegasan dan  juga kebijakannya yang membuat laut Indonesia makin disegani. Beliau mempunyai beberapa fakta unik yang menarik.

1.lulusan SMP jago bahasa Inggris.

Wanita asal pangandaran, Jawa barat ini sempat masuk SMA, namun kandas berhenti di tengah jalan. Dari situlah yang menyebabkan beliau hanya mempunyai ijazah SMP saja. Meskipun hanya lulusan SMP saja Beliau membuktikan  bahwa beliau mampu seperti orang lain. Dengan modal  pengalaman dan kecerdasan dan juga keahlian yang lebih tinggi. Dengan lingkungan sehari- hari slalu berbahasa Inggris, disaat wawancara oleh awak media ia selalu menyelipkan sekata ataupun dua kata dengan bahasa Inggris, Namaun tidak saat wawancara saja tapi saat rapat kementerian pun beliau selalu menyelipkan dengan bahasa Inggris.

2.seorang perokok aktif.

Dilantik sebagai salah satu Mentri di kepemerintahan Ir. Jokowi pada tahun 2014 silam,sosok Susi Pudjiastuti sangatlah menonjol dibandingkan menteri-menteri lainya. Bukan hanya dia seorang seorang perempuan tapi dengan gaya sang Mentri kelautan dan perikanan ini, pernah terciduk sedang merokok dan membuka sepatunya di wilayah istana negara karena kebiasaan merokok sejak dulu sangat lah aktif, Disebabkan beliau menjadi sorotan awak media.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x