Mohon tunggu...
Rita Nur Rahayu
Rita Nur Rahayu Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta - Pendidikan Sosiologi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan pada Permasalahan Masyarakat (Studi Kasus: Lumpur Panas Porong)

27 Desember 2021   05:19 Diperbarui: 27 Desember 2021   07:23 1499
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Rita Nur Rahayu Jamasi - 1405618055

Universitas Negeri Jakarta - Pendidikan Sosiologi

Latar Belakang Masalah      

Dalam konteks perkembangan dunia industri atau revolusi industri, banyak para pengusaha- pengusaha lalai untuk menjaga keamanan dari tenaga kerja maupun masyarakat yang kemudian munculnya permasalahan-permasalahan sosial maupun lingkungan yang terjadi. Dunia usahawan merupakan bagian organisasi masyarakat yang memiliki tanggung jawab sosial yang sama pada masyarakat sekitar. 

Pada kenyataanya, tidak dipungkiri bahwa perusahaan atau pengusaha selama ini hanya sebatas memberikan dukungan dana dengan sukarela atau kedermawanan sehingga kegiatan dilaksanakan berkurang bermanfaat bagi masyarakat. Dalam hal ini masyarakat merasakan kekecewaan dan minimnya peran pemerintah pada pengusaha di kehidupan sosial.

Hubungan organisasi atau perusahaan dengan masyarakat menjadi semakin jelas seiring dinamika lingkungan, dalam masyarakat memiliki kebebasan berbicara dan mengkritik perusahaan tanpa tekanan dikarenakan tidak selesainya dinamika diantara perusahaan atau organisasi dengan lingkungan masyarakat. 

Dalam situasi ini, perusahaan perlu membuka pembicaraan dengan masyarakat dan mengetahui selalu beradaptasi dengan lingkungan. Perusahaan harus cepat tanggap dan memberikan informasi terbaru, industri membuat perusahaan untuk menjalin hubungan dengan Publik untuk mendapatkan reputasi yang baik terhadap masyarakat.

Reputasi perusahaan, dalam (Forbrun, 1996) Reputasi ini menyangkut beberapa aspek, yaitu Credibility, Reliability, Trustworthiness dan  Responsibility yang terkait satu sama lain dan ditentukan oleh penerimaan public berdasarkan informasi pengalaman yang mereka miliki. 

Dalam masyarakat memberikan kontribusi terbentuknya reputasi organisasi dalam masyarakat yaitu komunitas. Keberadaan komunitas menjadi penting bagi eksistensi organisasi mengingat komunitas masyarakat merupakan kelompok masyarakat yang tinggal dan mengetahui bagian dari lingkungan dimana perusahaan berada menjalankan industri. 

Hubungan perusahaan dengan masyarakat dan komunitas harus dalam hubungan baik dan memiliki rasa saling bergantung. 

Masyarakat sekitar dapat berperan untuk menjaga perusahaan dari resiko peristiwa buruk, sebaliknya perusahaan dapat turut membantu mengembangkan potensi kehidupan sosial, budaya dan perekonomian masyarakat diwilayah sekitar industri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun