Mohon tunggu...
Rita PuspitaDewi
Rita PuspitaDewi Mohon Tunggu... Freelancer - ruang menulis

tempat menulis

Selanjutnya

Tutup

Nature

Rutan Kebumen Sukses Panen Terong di Branggang

13 September 2022   08:31 Diperbarui: 13 September 2022   08:34 47 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kebumen- Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kebumen melalui Pembinaan Kegiatan Kerja bersama dengan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sukses melaksanakan kegiatan panen terong ungu dan hijau, Sabtu (10/09). Terong ini merupakan hasil budidaya warga binaan di area branggang Rutan Kebumen

Keterlibatan Warga Binaan dalam kegiatan pertanian merupakan wujud bakti narapidana kepada negeri dalam program pembinaan. Panen ini juga merupakan hasil kesungguhan dan keuletan Warga Binaan selama beberapa bulan dalam menggarap lahan tidur menjadi lahan produktif yang akhirnya berbuah manis.

Bertempat di Branggang Rutan Kebumen, Yulianto selaku petugas yang mengawasi kegiatan tersebut mengatakan bahwa Panen pertama usaha budidaya terong biasanya dilakukan setelah 70-80 hari sejak bibit ditanam. Selanjutnya, panen dilakukan setiap 3-7 hari sekali. Dalam satu kali musim tanam, bia mencapai 13-15 kali panen, bahkan bisa lebih. Waktu yang tepat untuk panen adalah pagi dan sore hari.

Ahmad Baihaqi, selaku Kasubsi Pelayanan Tahanan mengatakan pihaknya akan memasarkan terong hasil panen ini ke masyarakat dan hasilnya disetorkan sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak.

" Hari ini kita panen sekitar 43 Kg, hasilnya tentu akan kami pasarkan ke masyarakat serta pegawai yang memang ingin membelinya. Selain itu kami berharap dapat menciptakan WBP yang mandiri, unggul, berdaya guna, dan mampu menunjukkan kontribusi positif. Diharapkan kegiatan pembinaan ini dapat bermanfaat dan meningkatkan rasa percaya diri WBP apabila kelak kembali ke masyarakat" Ujar Baihaqi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan