Mohon tunggu...
Riswanda Himawan
Riswanda Himawan Mohon Tunggu... Guru - Pendidik Bidang Bahasa dan Sastra Indonesia.

Riswanda Himawan merupakan Pendidik, bidang bahasa dan sastra Indonesia sekaligus mahasiswa pascasarjana magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Penulis aktif dalam kegiatan menulis, baik itu artikel ilmiah berupa jurnal atau prosiding yang terbit pada standar Nasional maupun Internasional, serta aktif menulis pada koran digital berkaitan dengan pendidikan, bahasa, ekonomi, serta budaya.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Modul Digital Sebagai Alternatif Bahan Ajar di Masa Pandemi

15 Juli 2021   10:32 Diperbarui: 15 Juli 2021   10:39 48 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Modul Digital Sebagai Alternatif Bahan Ajar di Masa Pandemi
Gambar Pribadi

Pandemi Covid-19 yang masih terjadi saat ini, menyebabkan pembelajaran di sekolah masih tetap dilaksanakan secara daring. Guru sebagai fasilitator pembelajaran harus mampu mengolah model, strategi, media pembelajaran agar tujuan pembeajaran yang sudah disusun dapat tercapai dengan maksimal. Selain itu, guru sebagai fasilitator pembelajaran harus kreatif dalam meilih bahan ajar yang akan dajarkan kepada peserta didik, tentunya, bahan ajar tersebut telah disesuaikan dengan perkembangan zaman dengan memperhatikan aspek kemudahan akses kepada peserta didik.

 Salah satu bahan ajar yang dinilai mampu memenuhi komponen yang telah disebutkan di atas adalah modul digital. Modul digital merupakan bahan ajar yang didesain secara menarik dan memudahkan peserta didik dalam megaksesnya, dengan modul digital, alasan-alasan seperti memenuhi memori jika mengunduh sesuatu akan teratasi. Guru dapat menyajikan modul digital tersebut berupa pranala yang nantinya peserta didik tinggal mengakses dengan cara mengklik pranala yang telah disediakan. 

Dengan adanya modul digital, diharapkan mampu mempermudah guru dan peserta didik untuk tetap belajar di masa pandemi. Sehingga tujuan pembelajaran yang telah dirangkum dalam RPP akan terlaksana. Modul digital, membuat suasana pembelajaran menjadi mudah dan menyenangkan. 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN