Mohon tunggu...
Riswanda Himawan
Riswanda Himawan Mohon Tunggu... Pendidik Bidang Bahasa dan Sastra Indonesia.

Riswanda Himawan merupakan Pendidik, bidang bahasa dan sastra Indonesia sekaligus mahasiswa pascasarjana magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Penulis aktif dalam kegiatan menulis, baik itu artikel ilmiah berupa jurnal atau prosiding yang terbit pada standar Nasional maupun Internasional, serta aktif menulis pada koran digital berkaitan dengan pendidikan, bahasa, ekonomi, serta budaya.

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Mi Selada, Solusi Sehat Kaya Manfaat

25 Juni 2021   15:25 Diperbarui: 25 Juni 2021   15:38 46 2 0 Mohon Tunggu...

Mi Merupakan bahan makanan yang berasal dari tepung terigu yang memiliki bentuk menyerupai tali, biasanya dimasak dengan cara di rebus atau digoreng, dengan tambahan daging, udang, bumbu dan sayuran di dalamnya (KBBI V). 

Pandemi Covid-19 yang masih belum mereda hingga saat ini membuat kita harus pandai dalam memilih menu makanan sebagai asupan dalam tubuh kita. Ditambah dengan musim pancaroba yang sedang terjadi akhir-akhir ini, pastinya makanan bergizi menjadi incaran utama. 

Salah satu alternatif menu makanan yang dapat dipilih untuk meningkatkan imunitas tubuh kita sesuai dengan penjelasan di atas adalah Mi Sayur. Mi sayur merupakan olahan Mi yang memang membutuhkan bahan pendukung berupa sayuran, sayuran yang dapat digunakan untuk mengolah Mi Sayur adalah selada. 

Sayuran sangat bermanfaat bagi tubuh kita, selain meningkatkan imunitas tubuh, sayuran juga bermanfaat untuk penyembuhan suatu penyakit, agar penyakit tersebut tidak meluas di tubuh kita. 

Cara membuatnya pun cukup mudah, pertama siapkan tepung dan bahan-bahan layaknya membuat Mi seperti biasa. Campurkan bahan-bahan tersebut dengan sari sayuran yang sudah dibelender dan diperas. Aduk, dan campur hingga warnanya hijau. Setelah itu, giling Mi menyerupai tali. Setelah Mi tersebut jadi, kita bisa mengolahnya menjadi Mi Godog. 

Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah :

  1. Telur
  2. Mi Selada
  3. Ayam kampung yang sudah direbus (sisihkan ayam dari air rebusan)
  4. Sayuran pelengkap, seperti daun bawang, seledri, kol, dan tomat
  5. Bumbu-bumbu yang terdiri dari: Bawang, merica, ketumbar (haluskan)
  6. Irisan cabai
  7. Minyak goreng
  8. Garam secukupnya
  9. Bawang goreng
  10. Irisan timun

Cara membuatnya:

  1. Panaskan minyak ke dalam wajan (agar lebih nikmat, bisa juga memasak menggunakan anglo dan batu arang sebagai bara api) tunggu hingga panas.
  2. Masukkan bumbu halus, garam, dan telur ke dalam wajan.
  3. Tumis hingga harum, dan masukkan kaldu ayam kampung ke dalam wajan
  4. Masukkan Mi Selada, dan sayuran pelengkap dan suwiran ayam
  5. Tunggu dan aduk hingga masak
  6. Jangan lupa, cicipi menggunakan sendok teh
  7. Angkat dan tuang Mi ke dalam Mangkuk
  8. Beri irisan timun, bawang goreng, dan irisan seledri.

Selamat Menikmati

Selamat mencoba, disarankan dinikmati pada saat panas. 

VIDEO PILIHAN