Mohon tunggu...
Ristina Puji Astuti
Ristina Puji Astuti Mohon Tunggu... Guru - Guru

Semangat, Ceria, Yakin, Displin Waktu, Pekerja Keras, Travelling, Membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kegiatan Bermain Air dan Pasir untuk Anak

27 September 2022   14:19 Diperbarui: 27 September 2022   14:24 203 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Kegiatan saat bermain air dan pasir di TK Aisyiyah 56 Baron Surakarta/Dok. pribadi

Kegiatan bermain air dan pasir merupakan kegiatan yang penting di Taman Kanak-Kanak, kegiatan ini sangat menarik dan digemari oleh anak-anak. Motivasi kesenangan dan rasa puas serta keberhasilan ada didalam kegiatan ini, terjadi banyak kemungkinan untuk pelajaran matematika (mengukur dan mengisi), perkembangan bahasa (berkomunikasi saat bermain) dan sains (kegiatan bereksperimen).

Tujuan dan manfaat kegiatan bermain air dan pasir 

  •  Perkembangan Motorik Kasar terjadi ketika anak bermain air dan pasir seperti ketika mengankat air dan pasir secara berulang- ulang, anak mengembangkan kekuatan dan keseimbangan.
  • Perkembangan Motorik Halus terjadi ketika anak bermain pasir basah anak dapat mencetak telapak tangan dipasir, mencetak dengan berbagai bentuk.
  • Perkembangan Kognitif (memecahkan masalah), hitungan timbangan, ukuran, mengamati, bereksplorasi misal mereka menemukan bahwa pasir basah lebih berat dari pasir kering.
  • Perkembangan Sosial Emosional terjadi ketika anak bermain dengan riang gembira, menimnulkan rasa puas, meningkatkan rasa percaya diri

   

Eksperimen dengan pasir

  • Membandingkan kapasitas dalam wadah. Minta anak untuk menuangkan pasir dari baskom besar kedalam baskom atau sebaliknya      dari wadah kecil ke wadah yang lebih besar.
  • Membandingkan berat. Dengan timbangan kue atau timbangan dapur anak- anak menemukan perbedaan antara pasir keringa dan      pasir basah.
  • Dengan sendok semen anak- anak menyendok sebanyak- banyaknya pasir kering ke dalam ember- ember kecil mengangkutnya ke      suatu tempat dan menuangkannya ke atas kertas koran untuk membuat gunung. Berhasilkah? Tambahkan sedikit air ke pasir,        bagaiman hasilnya?.

Eksperimen dengan air

  • Tenggelam dan mengapung

            Masukkan benda yang dapat tenggelam seperti kelereng, gunting, dan batu kedalam air. Kenalkan kata "tenggelam". Kemudian              masukkan benda yang mengapung seperti daun, kertas, mainan plastik. Kenalkan kata "mengapung". Selanjutnya biarkan anak             memberi komentar atau pendapatnya. Cobakan dengan benda yang lain dengan memprediksikan sebelumnya.

  • Bermain warna

           Campur warna- warna dengan air untuk menemukan bagaiman warna itu tertentu terjadi. Dengan gelas plastik yang transparan            buatlah eksperimen mencapur warna.

  • Bahan berbeda dimasukkan kedalam air

           Apa yang terjadi jika bahan- bahan tertentu dimasukkan kedalam air seperti garam, susu, kopi,tepung, gula, teh dan sebagainya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan