Mohon tunggu...
Risqiyatul Hasanah
Risqiyatul Hasanah Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswi

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Hobi: Membuat Kerajinan atau Keterampilan Dari Bahan Daur Ulang

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Filsafat Pendidikan (Aliran Progresivisme dan Tokoh-tokohnya beserta Pemikirannya)

6 Mei 2020   09:15 Diperbarui: 6 Mei 2020   09:27 89
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

1. Pengertian Aliran Progresivisme

Progresivisme berasal dari kata yaitu "pregres: yang berarti kemajuan. Sedangkan secara harfiah progrevisme dapat diartikan sebagai aliran yang menginginkan kemajua-kemajuan secara cepat. 

Dalam filsafat pendidikan progresivisme dapat diartikan sebagai aliran yang menekankan bahwa pendidikan bukanlah hanya sekedar pemberian pengetahun bagi peserta didik akan tetapi sebaiknya diisi dengan kegiatan atau berbagai ragam aktivitas yang nantinya akan mengarah pada latihan berfikir secara menyeluruh. 

Sehingga peserta didik dapat berfikir secara sistematis dengan melauli cara-cara ilmiah seperti menyediakan banyak data yang empiris (kenyataan), informasi yang teoritis, memeberikan analisis, dan pertimbangan serta membuat kesimpulan menuju pemilihan yang alternatif sehingga memungkinkan untguk memecahkan masalah yang dihadapinya. 

Maka dari itu dapat disimpulakan jika peserta didik memiliki kemapuan berfikir dengan baik maka peserta didik akan terampil dalam mengambil keputusan yang terbaik pula baik untuk dirinya atau uantuk orang lainserta dengan mudah dapat menyesuaikan dengan lingkungannya.  

2. Tokoh George Axtelle, william O. Stanley, Ernest Bayley, Lawrence B.Thomas, Frederick C. Neff beserta pemikirannya

Para tokoh tersebut bependapat bahwa hakekat suatu lingkungan yang ada baik yang mengenai manusia maupun yang lain tidak memiliki sifat yang sama (statis) yaitu selalu mengalami perubahan. Perubahan-perubahan itu disebabkan karena kemampuan manusia dalam mempelajari banyak hal. 

Aliran  progresivisme menaruh perhatian positif terhadap kemapuan manusia seperti, kemampuan belajar, kemampuan berfikir dan sebagainya. Kemampuan yang dimilki peserta karena adanya bekal dan kempuan yang telah di pelajari dan dimiliki.

3. Tokoh-tokoh lain beserta pemikirannya

a. John Dewey

Tokoh ini lahir paada tahun 1859 meninggal pada tahun 1952. Menurutnya sekolah merupakan hal yang progresif yang lebih menekankan kepada peserta didik untuk lebih condong kepada minatnya dari paada pelajarannya.

b.Hans Vaihingeer

Tokoh ini lahir pada tahun 1852 meninggal pada tahun 1933. Menurunya tahu hanyalah bersifat praktis dan tidak menentuakan kebenaran suatu hal yang bersifat objektif karena salah stu ukuran berfikir yaitu untuk memebrikan pengaruh-pebgaruh pada dunia. Jadi dapat disimpulkan bahwa kata tahu (skedar tahu) belum tentu bisa memberikan pegaruh kepada perubahan-peruban dunia.

c. George Santayana

 Tokoh ini lahir pada tanggal 11 januari 1842.George memiliki keyakinanbahwa otak atau fikiran berkelanjutan unuk menentukan pilihan didalam hidup. Dan lebih menekankan lagi agar fungsi otak menjadi suatu hal ang dipelajari dalam ilmu pengetahuan.

d. William James

Tokoh ini pada sampai saat ini kebanyakan hasil karyanya sulit untkdisifati. Mengapa ? kaena apa yang ditulisya bertebtangan dengan apa yang dialaminya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun