Mohon tunggu...
Risnawati
Risnawati Mohon Tunggu... Guru - Guru Produktif Tata Busana

I'am a teacher and entrepreneur in the field of fashion

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Aplikasi Komputer Berbasis Adobe Photoshop dalam Membuat Desain Busana untuk Siswa SMK

4 Desember 2022   23:10 Diperbarui: 4 Desember 2022   23:27 298
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar desain busana menggunakan Aplikasi Adobe Photoshop

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu bentuk lembaga pendidikan formal yang dituntut mampu mengikuti perkembangan teknologi sehingga menghasilkan lulusan yang kompeten secara kognitif, psikomotorik, dan afektif. Pengenalan teknologi baru harus dilakukan dalam proses kegiatan belajar mengajar di SMK agar peserta didik mampu menjadi kader yang siap dalam menghadapi tantangan dunia di era teknologi. Permasalahan yang muncul seiring dengan dirancangnya kurikulum SMK yang mengikuti perkembangan teknologi adalah faktor penguasaan teknologi, oleh karena itu tuntutannya pada guru harus profesional, menguasai metode pembelajaran, kurikulum, termasuk pemanfaatan teknologi.

Salah satu mata pelajaran yang menggunakan program komputer pada SMK program keahlian Tata Busana yaitu mata pelajaran Desain Busana yang mengharuskan peserta didik menggunakan aplikasi komputer. Oleh karena itu penggunaan komputer oleh guru sudah menjadi keharusan dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru Tata Busana.

Aplikasi Adobe Photoshop pada dasarnya merupakan aplikasi pengolah gambar, namun seringkali pula ia digunakan untuk mengubah tampilan suatu objek, misalnya teks atau tulisan. Adobe Photoshop bukan pengolah kata, tapi ia dapat membuat beragam efek menarik untuk mempercantik tampilan gambar dan teks. Penggunaan aplikasi Adobe Photoshop dalam merancang busana dapat bereksplorasi dalam menemukan inovasi-inovasi desain yang baru.

Guru Tata Busana harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mendesain busana berbasis Adobe Photoshop karena kompetensi tersebut merupakan bagian dari mata pelajaran desain busana yang semakin hari semakin mengalami perkembangan. Desain busana dengan menggunakan apliksi Adobe Photoshop yang telah banyak diterapkan di dunia industri, menjadi salah satu materi bahan ajar bagi peserta didik pada program keahlian Tata Busana agar dapat berkembang memenuhi tuntutan di dunia industri.

Dalam kegiatan pembelajaran di SMKN 1 Sinjai pada mata pelajaran desain busana, guru telah melakukan pelatihan pembuatan desain busana kepada peserta didik dengan memanfaatkan teknologi yang ada disekolah yaitu salah satunya penggunaan komputer dengan menggunakan aplikasi adobe photoshop cs4. 

Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pelatihan desain busana berbasis Adobe Photoshop kepada peserta didik adalah sebagai berikut:

Tahapan Pemberian Materi

Mentransfer pengetahuan kepada peserta didik mengenai program Adobe Photoshop yang terdiri pengenalan bagian-bagian dari jendela Adobe Photoshop, menu bar, panel option dan tools box. Dilakukan juga diskusi dua arah sehingga peserta didik dapat lebih faham mengenai materi yang disampaikan.

Tahapan Demonstrasi/Praktek

Mempraktekkan langkah-langkah kerja dalam penggunaan perangkat yang ada dalam Adobe Photoshop, halaman kerja Adobe Photoshop, mendesain motif tekstil dengan dilengkapi color window dan color way, dan pewarnaan desain sketsa dan layouting.

Tahapan Pendampingan kepada peserta didik, dalam rangka:

  • Pemahaman dan aplikasi pengetahuan dan keterampilan mendesain busana menggunakan Aplikasi Adobe Photoshop.
  • Merancang busana yang kreatif, dan inovatif dengan memanfaatkan Aplikasi Adobe Photoshop (mulai dari mendesain motif tekstil, drapping fashion sampai pada pewarnaan desain sketsa dan layouting).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun