Mohon tunggu...
Risma Nikmatul
Risma Nikmatul Mohon Tunggu... Mahasiswa

خيرالناس انفعهم للناس

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Penemuan Kebenaran dan Sarana Berfikir Ilmiah

15 Desember 2019   09:34 Diperbarui: 15 Desember 2019   09:41 6 0 0 Mohon Tunggu...

Materi Kelompok 6 :
Penemuan Kebenaran

A. Cara Penemuan Kebenaran
1. Secara Kebetulan
Penemuan secara kebetulan yaitu penemuan kebenaran yang adanya tidak disengaja, tidak direncanakan dan juga tidak berkaitan dengan unsur ilmiah.

2. Penemuan Coba Ralat
Penemuan Coba Ralat ini tanpa adanya kepastian entah akan berhasil atau tidak.

3. Penemuan Otoritas/Kewibawaan
Penemuan otoritas yaitu suatu penemuan atau ungkapan dari orang bijak. Sehingga pendapatnya sering diterima meskipun tanpa penalaran ilmiah.

4. Spekulatif
Spekulatif ini hampir sama dengan penemuan coba ralat. Namun dalam hasil penemuannya memiliki beberapa penemuan yang berneda. Sehingga diantaranya menjadi pertimbangan mana yang benar atau tidak.

5. Berfikir Rasional Dan Kritis
a. Berfikir Rasional
Berfikir rasional ini berfikir menggunakan penalaran hingga memperoleh data yang faktual. Bismasanya dalam bentuk menentukan analisis, dan menciptakan kaidah teoritis. Rasional lebih mengedepankan objektivitas.
b. Berfikir Kritis
Berfikir kritis merupakan konsep respon dalam menanggapi pengetahuan yang diterima untuk dievaluasi secara sistematis. Biasanya lebih kepada strategu tertentu dan menentukan suatu pemecahan masalah. Kritis cenderung mencari kejelasan masalah, mencari alasan mengapa masalah itu ada dan menggali informasi.

B. Sarana Berfikir Ilmiah
1. Bahasa Ilmiah
bahasa memegang peranan penting dan lazim dalam hal kehidupan manusia. Karna bahasa merupakan pernyataan atau ungkapan ppemikiran maupun perasaan sebagai alat komunikasi manusia.
2. Logis
Berfikir logis yaitu berfikir yang mengedepankan akal. Menggunakan logika dan rasional. Berfikir logis yakni berfikir seperti aturan-aturan berfikir.


C. Penjelasan atau Definisi
Definisi merupakan suatu batasan atau arti, bisa juga diartikan sebagai kata, frasa, atau kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan, atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas. Definisi  berasal dari Bahasa Latin yaitu dari kata definitio yang berarti (penentuan arti) atau (pembatasan). Jadi bisa disimpulkan bahwa definisi merupakan uraian penjelasan sesuatu.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x