Mohon tunggu...
RISKY OKTAFIA
RISKY OKTAFIA Mohon Tunggu... Guru - GURU

SEORANG PENDIDIK YANG MENYUKAI KESENIAN

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice

6 Desember 2022   13:34 Diperbarui: 6 Desember 2022   13:48 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Best Practice

"Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Materi Memperagakan Gerak Tari Campak"

Lokasi                            : SMA N 1 Muntok

Lingkup Pendidikan      : Sekolah Menengah Atas

Penulis                           : Risky Oktafia

Tanggal                          : 19 Oktober 2022

 

Latar Belakang

Di kalangan peserta didik masih banyak dijumpai ada yang kurang berminat dalam pembelajaran seni budaya khususnya seni tari terutama peserta didik laki-laki.  Hal-hal yang biasanya melatarbelakangi adalah karena malu, menganggap menari itu khusus peserta didik perempuan saja, kurangnya wawasan peserta didik tentang seni budaya khusunya tari. Dalam hal ini, penulis melihat melalui praktik ini dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan minat belajar, selain itu dapat menjadi salah satu referensi bagi guru seni budaya untuk menentukan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL).

Pertimbangan menggunakan model PJBL ini adalah berdasarkan kajian literatur menurut Dedy (2013) pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan minat belajar siswa karena siswa mampu melakukan penelitian pada dunia nyata dan belajar pada orang yang memiliki kecapakan relevan.  

Model pembelajaran project based learning yang memiliki beberapa kelebihan atau keunggulan diantaranya : mampu menciptakan suasana kelas yang menyenangkan sehingga mampu meningkatkan minat siswa untuk belajar dan mendorong kemampuan siswa belajar mandiri serta aktif dan kreatif dalam memecahkan suatu masalah, meningkatkan kemampuan komunikasi dan keterampilan mencari informasi siswa serta memberikan pengalaman dalam mengorganisasikan proyek.  Dalam hal ini, peran dan tanggung jawab guru adalah sebagai fasilitator bagi peserta didik untuk dapat meningkatkan minat belajar dengan cara membuat media pembelajaran yang dapat menarik minat belajar peserta didik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun