Mohon tunggu...
Riska Y. Imilda
Riska Y. Imilda Mohon Tunggu... Administrasi - Penulis

IG: riskayi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Wanita Lemah, dalam Kisah atau Nyata?

10 November 2017   19:31 Diperbarui: 11 November 2017   16:02 3873
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: theodysseyonline.com

Entah. Kali ini, aku merasakan sesuatu yang egois datang dalam diriku. Sebenarnya, aku tak menyukai hal yang berbau memenangkan diri sendiri ini. Terkadang aku merasa ini yang benar dan kerap kali juga aku rasa semua kesalahan datang dari diriku. Dilematis, kritis tidak juga dan entahlah. Mungkin, kalian bingung sebenarnya aku ingin membahas soal apa? 

Dalam tulisan ini. Membingungkan dan tak jelas arahnya, kata-kata yang berbelit. Kalau begitu? Menurutku tak usah dilanjutkan. Ini hanya tulisan yang berisi kata-kata kepuraanku menyoal wanita. Benar, ini tentang wanita.

Akhir-akhir ini aku menyukai dan tertarik dengan beberapa cerita yang menantang emosi saat membacanya. Setiap kali aku melihat cerita yang sedikit tidak berperikemanusian aku langsung mencoba untuk membongkarnya dan menyelesaikannya. Sangat ajaib cerita yang aku baca selalu berkaitan dengan seorang wanita, sepertinya wanita telah menjadi objek yang terbaik untuk dijadikan bahan cerita. 

Berawal dari kisah novel yang mengisahkan seorang penjahat Lorca, dalam novel Memoar Penjahat Tak Dikenal karya Sihar Ramses Simatupang. Sedikit aku gambarkan, cerita ini adalah cerita tersadis yang pernah aku baca selama bertahun-tahun aku mengenal buku-buku fiksi. Novel ini sukses membuatku berpikir, masih adakah orang baik di dunia ini?

Mungkin karena latar belakang pendidikanku Jurnalistik, aku memasukkan frame tersebut saat membaca cerita ini. Terlebih lagi sang penulis juga wartawan. Entah, saat pertama membaca, aku berpikir bahwa kisah itu nyata dan benar-benar ada disebuah lokasi  dan tak jauh dari keberadaanku. 

Kota yang dipenuhi dengan penjahat, tak berpendidikan, di mana masyarakat begal hidup disana, tak sedikitpun tersentuh agama, tak ada penghargaan sedikitpun pada wanita, dan ditambah lagi dengan wanita-wanita yang sengaja menjual bebas harga dirinya demi kehidupan. Ini cerita menyedihkan dan terkejam yang pernah terdapat dalam otakku. Begitu kotornya dunia ini, tanpa hukum yang diterapkan bahkan sopan santun akan etika tidak dikenal dalam kisah Lorca.

Bisa dikatakan aku terkagum dengan konflik yang berhasil diciptakan oleh sang penulis, tetapi dari hati terdalamku aku mengkritik semuanya. Kehidupan yang kacau dan tak ada yang bisa memberikan pertolongan sedikitpun. Tak ada perubahan, dipicu dari masyarakat yang tidak ingin berubah. Kebaikkan sepertinya hanya dinilai dari uang. Lagi-lagi duniawi yang mendominasi kehidupan. Nilai-nilai agama yang seakan menghilang dan tak pernah ada.

Tak jauh berbeda setelah kisah Lorca menyusup ke dalam pikiranku, kisah seorang wanita Mesir bernama Firdaus mulai mengarungi benakku. Novel Perempuan Di Titik Nol yang dirangkai indah dengan bahasa sastrawinya penulis Nawal el-Saadawi. Aku semakin dibuat tercengang akan cerita kejamnya dunia Firdaus yang dinarasikan oleh sang penulis. 

Seorang wanita yang terlahir dari keluarga jauh dari kata memberikan kasih sayang akan dirinya. Mendapatkan perlakuan yang tak beradab dari keluarganya sendiri, pelecehan seksual yang terjadinya sejak kecil oleh orang disekitarnya. Kisah yang diangkat dari kehidupan nyata ini, sukses membuat persepsiku kembali terguncang akan kebaikan seorang manusia.

Firdaus hidup dalam kebimbangan batin yang tak tertahankan, menikah dengan lelaki tua yang selalu menjadikan dia korban dari amarahnya. Pelik perjalanan kehidupan Firdaus untuk menemukan cinta sesungguhnya. Kekejaman telah berteman bahkan bersahabat dengannya sejak dini. Menurutku, hingga Firdaus tutup usia ia tak berhasil menemukan titik kebahagian hati yang sebenarnya, hanya ada kesuksesannya saat melawan kelemahan yang pernah ia berikan kepada para lelaki. Sampai ia terkandas pada dirinya. 

Dengan pengertian  dihargai dengan uang dan hanya Firdauslah yang mengetahui berapa harga dari sebuah kehormatannya melalui pekerjaan yang ammoral (pelacur). Bahkan, di akhir kisah hidupnya ia harus menerima hukuman mati dari pemerintahan. Akibat kasus pembunuhan yang dilakukan oleh tangan lembut tetapi mematikan milik Firdaus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun