Mohon tunggu...
risilva aulia febriani
risilva aulia febriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

mendengarkan musik serta membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Implementasi Nilai-Nilai Pancasila terhadap Siswa dilingkungan Sekolah

5 Desember 2022   18:07 Diperbarui: 5 Desember 2022   18:11 771
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia sekaligus dasar negara Indonesia.baiknya kita sebagai warga Indonesia dan penerus gene5rasi pemuda Indonesia untuk menerapkan nilai nilai pancasila dikehidupan sehari hari baik dilingkungan keluarga ataupun sekolah,dan sangat penting dibutuhkan nya pendidikan karakter. 

Pendidikan karakter sendiri adalah suatu usaha manusia secara sadar dan terencana untuk mendidik dan memberdayakan potensi peserta didik guna membangun karakter pribadinya sehingga dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungannya.

Bagaimana cara agar dapat menerapkan nilai-nilai pancasila untuk menumbuhkan karakter anak sekolah yang cerdas, kreatif dan berakhlak mulia. Masalah karakter dewasa sering muncul pada anak usia sekolah antara lain pemahaman yang kurang baik tentang sikap yang benar dan kurangnya pembinaan dari pihak lain yaitu sekolah. Pancasila sebagai ideologi memegang peranan penting dalam membentuk karakter masyarakat Indonesia. Oleh karena itu Pancasila harus dipahami dan diwujudkan dalam diri bangsa melalui nilai-nilai yang terkandung dalam setiap butir Pancasila. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur. Sumber bahan penelitian berasal dari jurnal ilmiah, e-book dan sumber lainnya. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai pancasila dapat membentuk karakter anak sekolah dengan cara menyisipkan diri ke dalam pembelajaran dan memerlukan pembiasaan berdasarkan petunjuk guru. Pendidikan karakter Pancasila harus terus diterapkan dalam dunia pendidikan karena dengan itu kualitas bangsa Indonesia kedepannya akan meningkat dan sekolah dapat merencanakan pendidikan serta program dan kegiatan yang mengajarkan nilai-nilai karakter. dan melaksanakan pengendalian mutu sekolah secara menyeluruh.Penerapan nilai nilai yang terkandung pada Pancasila, mulai dari penerapan sila pertama hingga sila kelima di lembaga pendidikan di sekolah yaitu peserta didik tidak hanya mengembangkan daya intelektualnya namun juga sikap dan perilakunya. Peran pancasila dalam mengembangkan moral guru sangatlah membantu, hal ini bertujuan untuk menunjang keberhasilan peserta didik dalam proses belajar mengajar, untuk itu guru di haruskan memiliki 5 karakter untuk memfasilitasi belajar mengajar terhadap peserta didik.

Kita sebegai penerus bangsa dapat mengajak para pelajar masa kini untuk menerapkan nilai-nilai pancasila. Seperti :

  • Ketuhanan Yang Maha-Esa

Di Indonesia dapat kita temui masyarakat yang memeluk agama dan keyakinan yang berbeda-beda. Sedangkan kewajiba kita sebagai generasi muda agar bisa memiliki rasa toleransi yang sangat tinggi dengan adanya keberagaman agama yang dianut. Contojnya seperti disebuah sekolah pada saat siswa yang beragama islam menjalankan ibadah dan disitu terdapat siswa yang non islam, sangat bertoleransi tinggi pada siswa agama islam yang sedang melakukan ibadah.contonya dia begitu tenang,tentram,dan tidak mengganggu berjalannya ibadah agama islam yang ada.

  • Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Dari bunyi sila diatas pengertian dari adil sendiri yaitu tidak membedakan dari satu dengan yanbg lain dan beradab sendiri berpengertian bagaimana kita menerapkan sikap sopan santun baik ke yang tua ataupun muda. Seperti menjadi siswa yang memiliki adzab dan berahlak yang baik. Contohnya pada saat ada guru yang menerangkan di kelas sebaiknya kita mendengarkan dan tidak menghiraukannya atau mengikuti pelajaran dengan seksama dan hikmat.

  • Persatuan Indonesia

Dimana bangsa indonesia hidupnya mayoritas memiliki solidaritas yang tinggi dalam pertemanan. Seperti halnya ketika di sekolah kita mendapati siswa yang tidak membawa bekal ketika dikantin maka kita sebagai pelajar yang baik kita berbagi makanan kepadannya dan mengajaknya bergabung atau bermain bersama agar dia tidak merasa sendiri.

  • Kerakyatan yang Dipimpim oleh Hikmat  Kebijaksanaan  Dalam Permusyawaratan Perwakilan.

Dari sila ke4 ini nilai yang terkandung adalah pentingnya musyawarah untuk mencapai sebuah mufakat dan diliputi oleh rasa semngat kekeluargaan,menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan hasil musyawarah yang dicapai. Seperti mengikuti pemilihan ketua kelas ataupun ketua osis dalam suatu sekolah sengan cara pengambilan suara terbanyak.

  • Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Dari sila yang ke5 ini nilai-nilai yang terkandung adalah yakni bekerjasama antar sesama dalam melakukan suatu tugas seperti, diadakannya kerjabakti disekolah dimana dibutuhkannya tenaga seluruh siswa-siswi sekolah untuk bergotong royong memebersihkan lingkungan sekolah. Contoh yang lain yakni seringkali kita temui di lingkungan sekolah yakni membatu antar sesama atau antar teman yang sedang mengalami kesusahan.

Sebagai bangsa yang berbhineka tunggal eka kita harus dapat menanamkan

nilai-nilai Pancasila agar tetap terjaga samapai akhir nanti oleh karenanya sebagai

generasi bangsa kita betul - betul harus menyiapkan diri agar dapat menghadapi dan

dapat bersaing dalam segala bidang dalan menyongsong kehidupan yang

berkemajuan tentunya dengan tetap membawa Indonesia menjadi lebih baik tanpa

mengeyampingkan ciri khas bangsa Indonesia. Sementara itu nilai-nilai yang

dikembangkan dalam pendidikan karakter bersumber dari:

 1) Agama.

 2) Pancasila.

3) Budaya.

 4) Tujuan Pendidikan Nasional (Pusat Kurikulum, 2010).

Pancasila merupakan dasar sekaligus sebagai ideologi bangsa Indonesia

menegakkan prinsip-prinsip kehidupan bernegara. Pancasila yang terdapat pada

Pembukaan UUD 1945 dan diuraikan secara mendalam pada pasal-pasalnya yang

Berarti, nilai-nilai dalam Pancasila menjadi nilai yang mengatur kehidupan

berbangsa dan bernegara baik bidang , pendidikan, hukum, politik, ekonomi, seni

budaya, dan kemasyarakatan. Pendidikan budaya dan karakter bangsa mempunyai

tujuan mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang baik, yaitu warga

berkemampuan, berkemauan, serta mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam

kehidupan sebagai warga negara indonesia.

Kesimpulan yang dapat diambil bahwasanya Bangsa Indonesia membutuhkan generasi yang benar- benar mengamalkan

Pancasila dalam kehidupan sehari-hari karena dapat dilihat dari hari kehari semakin

nampak tanda- tanda surutnya nilai-nilai pancasila dalam kehidupan. Seperti yang sering kita temui

banyaknya perilaku kekerasan dimana-mana, di sekolah maupun masyarakat umum,

pengaruh pergaulan/ peer group yang semakin merajalela di kalangan remaja dalam

perilaku kekerasan, banyaknya remaja yang mengkonsumsi barang haram

(minuman-minuman keras, narkoba, psikotropika), perilaku merusak diri (tato,prilaku self harm), adab pada orang tua dan guru  

menurun, berkurangnya tanggungjawab pada

setiap warga negara, adanya rasa saling curiga di antara sesama, mudah punya rasa

iri dan dengki pada sesama sehingga tertanam benih kebencian, perilaku yang tidak

jujur, makin kaburnya pedoman moral, etos kerja yang menurun. Era digitalisasi ini

mempunyai pengaruh yang sangat luar biasa pada individu, keluarga, golongan,

serta masyarakat pada umumnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun