Mohon tunggu...
Rishanda NurAuliya
Rishanda NurAuliya Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa

Nama : Rishanda Nur Auliya NIM : 43221010114 Dosen : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak Universitas Mercu Buana

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

TB1- Sikap Kepemimpinan, Disiplin, dan Manajemen Waktu yang Baik

26 September 2022   23:15 Diperbarui: 1 Oktober 2022   08:52 215 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

TUGAS BESAR 1 PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DAN ETIK UMB

Sub CPMK 3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan kepemimpinan, disiplin dan manajemen waktu

Nama : Rishanda Nur Auliya
NIM : 43221010114
Dosen Pengampu : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak
Kampus : Universitas Mercu Buana

 Apa itu Kepemimpinan, Disiplin dan Manajemen Waktu?

Dalam kehidupan sehari-hari tak terlepas dari kepemimpinan, dimana pun kita berada pasti selalu ada seorang pemimpin seperti hanya kita sebagai seorang mahasiswa perlu memiliki sifat kepemimpinan dalam dirinya, yang nantinya apabila kita di beri kesempatan untuk memimpin misalnya dalam sebuah organisasi dapat bertanggung jawab terhadap para anggotanya, berani mengambil keputusan, menerima pendapat orang lain dan memberikan contoh yang baik. Seorang pemimpin dalam menjalankan kepemimpinan nya tentu saja perlu memiliki sikap disiplin dan manajemen waktu yang baik demi terciptanya kelancaran dalam menjalankan tanggung jawab kepemimpina nya dan dapat meningkatkan keteraturan hidup dan percaya diri.

Apa itu kepemimpinan, disiplin dan manajemen waktu? Mengapa kita sebagai seorang mahasiswa perlu memiliki sifat kepemimpinan dan bagaimana cara menerapkannya di kehidupan sehari-hari? Nah, dalam artikel ini akan membahas mengenai hal tersebut.

1. Kepemimninan

A. Pengertian Kepemimpinan

Secara etimologis kepemimpinan berasal dari kata "pimpin" (lead) yang berarti bimbing atau tuntun. Lalu ditambah awalan suku kata "pe" menjadi pemimpin (leader) artinya seorang yang bisa mempengaruhi orang lain. apabila akhiran ditambahkan suku kata "an" menjadi pemimpin artinya yaitu seorang yang mengetuai. Lalu dilengkapi lagi dengan awalan suku kata "ke" menjadi "kepemimpinan" (Leadership) yang berarti kemampuan seseorang untuk mempengaruhi pihak lain untuk melaksanakan sebuah aktivitas atau tingkah laku yang bermaksud agar tercapain nya tujuan bersama.

Pengaruh besar yang timbul dari sikap kepemimpinan adalah bisa mempengaruhi orang lain. Pengaruh ini dapat terjadi dalam sebuah organisasi, hal itu karena pada umumnya sikap kepemimpinan itu ditentukan  oleh seseorang dalam memimpin suatu organisasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan