Mohon tunggu...
Erna Joesoef
Erna Joesoef Mohon Tunggu... profesional -

bekerja melayani dan memberi adalah ibadah sosial, dan tidak dapat kita ganti dengan ibadah pribadi.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Muntu Temanku dan "Bully" di SD

21 Oktober 2014   14:01 Diperbarui: 17 Juni 2015   20:17 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Kompasioner yang seumuran saya samar2 pasti masih ingat sajak ini. Dahulu kami disuruh menghafalkan sajak ini untuk kemudian dilafalkan di depan kelas.:

" Muntu temanku, sahabat kita, baik budinya,siap menolong siapa saja, pandai berhitung, lancar membaca, tak pernah bingung kalau ditanya, itulah muntu sahabat kita "......

Sepenggal sajak itu masih saya ingat sampai empat puluh tahun lebih sesudahnya. Jadi ketahuanlah berapa umur saya, rentang 45-59 tahun , pra lansia. Tapi sajak itu belum lengkap ternyata dan akhirnya saya menemukan sajak lengkap "Muntu temanku" hasil searching di mbah Google yaitu di blog Bahasaku, saya tidak menemukan siapa nama pemilik blog ini, atau saya yang gatek tidak tahu dimana tercantumnya.

MUNTU TEMANKU

Tak pernah sombong, baik budinya

Siap menolong,siapa saja.

Pandai berhitung, lancar membaca,

Tak pernah bingung,kalau ditanya.

Tulisan terang, bagus hurufnya.

Tentulah senang, kita membaca.

Itulah Muntu, sahabat kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun