Mohon tunggu...
Muflikhatul Mardhiyah
Muflikhatul Mardhiyah Mohon Tunggu... Guru - Saya berprofesi sebagai guru

Saya berprofesi sebagai guru

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Meningkatkan Kesejahteraan Emosional Siswa Melalui Layanan Bimbingan dan Konseling di SD/MI

30 April 2024   10:19 Diperbarui: 30 April 2024   11:08 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Bimbingan dan Konseling (BK) di sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah (SD/MI) memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung perkembangan holistik siswa. Meskipun mungkin terdengar sebagai konsep yang lebih umum di tingkat pendidikan menengah dan tinggi, BK di SD/MI memiliki dampak yang signifikan dalam memperkuat kesejahteraan emosional, sosial, dan akademik siswa di usia yang sangat formatif ini.

Menyediakan Dukungan Emosional bagi Siswa

Salah satu aspek terpenting dari layanan BK di SD/MI adalah menyediakan dukungan emosional bagi siswa. Pada usia ini, anak-anak sedang berada dalam tahap yang rentan dalam mengembangkan identitas dan kepercayaan diri mereka. 

Layanan BK menyediakan ruang yang aman bagi mereka untuk mengekspresikan perasaan, kekhawatiran, dan kebingungan mereka. Konselor sekolah dapat membantu mereka dalam memahami dan mengelola emosi mereka dengan cara yang sehat.

Membantu Siswa Mengatasi Masalah Sosial

Siswa di SD/MI sering menghadapi tantangan sosial, mulai dari konflik dengan teman sekelas hingga kesulitan berkomunikasi. Layanan BK membantu siswa dalam membangun keterampilan sosial yang diperlukan untuk berinteraksi dengan orang lain secara positif. Ini bisa meliputi pelatihan dalam memecahkan masalah, meningkatkan keterampilan komunikasi, dan memahami pentingnya kerjasama dan penghargaan terhadap perbedaan.


Pembinaan Karir dan Pengembangan Diri

Meskipun mungkin terdengar prematur untuk membicarakan karir di tingkat SD/MI, namun memberikan pemahaman awal tentang minat dan bakat siswa serta memberikan wawasan tentang berbagai pilihan karir yang ada dapat membantu mereka dalam merencanakan masa depan mereka secara lebih baik. Layanan BK di SD/MI juga dapat membantu siswa dalam mengidentifikasi kekuatan mereka dan memperkenalkan mereka pada berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat mereka.

Dukungan bagi Orang Tua

Selain memberikan dukungan langsung kepada siswa, layanan BK juga dapat memberikan dukungan kepada orang tua. Konselor sekolah dapat bekerja sama dengan orang tua untuk memahami kebutuhan dan tantangan anak mereka, serta memberikan saran dan strategi untuk mendukung perkembangan anak mereka di rumah.

Mendorong Kepedulian Terhadap Kesejahteraan Mental

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun