Mohon tunggu...
Sejiwa Sania
Sejiwa Sania Mohon Tunggu... Penulis

Man Jadda Wa Jada "Bersungguh - sungguhlah untuk keberhasilan" "Bermanfaatlah untuk kesejahteraan"

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Keuntungan Online Shop dibandingkan Pedagang Konvensional

21 Desember 2019   04:20 Diperbarui: 21 Desember 2019   04:53 65 1 0 Mohon Tunggu...

Berbekal pengetahuan dan peningkatan skill dari generasi millineal Indonesia, banyak sekali tumbuh perusahaan atau startup baru yang berbasis pada aplikasi digital atau online. Awalnya dunia startup tidak begitu dilirik dan menjanjikan, ibarat melalui sebuah bisnis baru yang tidak dikenal dan belum populer di masyarakat. Namun dari tahun ke tahun, dunia startup mulai berkembang di Indonesia. Adanya platform digital, penyedia jasa online, online shop melalui berbagai akun sosial media, bahkan e-commerce mulai tumbuh menjamur. Artinya penggunaan platform online dan digital sudah sangat tinggi, khususnya bagi para pengguna media digital yaitu generasi millineal. Hal ini tentu saja menjadi sebuah keuntungan mengingat di Indonesia masih kurang lapangan pekerjaan 'yang memadai, karena dalam proses jual beli hingga barang diterima oleh konsumen memerlukan proses panjang yaitu dengan campur tangan tenaga manusia.

Adapun keuntungan yang didapatkan bila masyarakat ingin membuka online shop dibandingkan harus membuka toko konvensional.

1. Dapat mengurangi anggaran pengeluaran

kita ketahui bahwasannya pedagang konvensional banyak mengeluarkan beberapa anggaran dalam usahanya seperti pembayaran sewa toko, pajak, memajang produk dengan alat - alat khusus, dan sebagainya. Dibandingkan dengan online shop penjual tidak akan sibuk untuk mengatur pengeluaran mengenai tempat.

2. Modal Usaha

Banyak orang berpikir jika merintis sebuah usaha baru harus memiliki modal yang besar. Anggapan itu dibantah saat meluncurnya inovasi penjualan online yang mana penjual ingin merintis usaha baru tidak perlu untuk memulai usaha mereka dengan syarat harus punya modal yang besar. Karena untuk memulai, masing - masing masyarakat Indonesia telah mempunyai akun - akun media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk mereka.

3. Cara Kerja

Dibandingkan dengan pedagang konvensional yang membutuhkan banyak tenaga dalam penjualan barang dagangannya serta penggunaan waktu yang terjadwalkan. Online shop malah tidak menghabiskan banyak tenaga dan konsumen juga bisa  kapan saja memesan produk yang konsumen inginkan tanpa harus mempertimbangkan waktu. Konsumen tanpa batas dapat berbelanja 24 jam menurut kehendak mereka sekaligus menjangkau produk - produk darimanapun dan kapanpun untuk dibeli.

4. Produk

Produk yang dijual oleh pedagang konvensional harus berwujud dan terlihat langsung oleh konsumen. Sementara tidak pada online shop, yang mana   penjual bisa kapan saja mengeluarkan produknya ketika ada konsumen yang membeli. produk dalam online shop juga tertata khusus sesuai yang di inginkan konsumen. Online shop juga bisa membantu memasarkan produk orang lain tanpa harus membelinya terlebih dahulu namun dengan kesepakatan yang sudah dilakukan oleh pihak penjual produk.

5. Tempat Transaksi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x