Mohon tunggu...
Rini Dwi Astuti
Rini Dwi Astuti Mohon Tunggu... -

SAYA MAHASISWA

Selanjutnya

Tutup

Money

Kertas Kerja Audit

22 Oktober 2015   07:10 Diperbarui: 22 Oktober 2015   08:30 6619
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Salam dan bahagia,

Apa itu kertas kerja ?

Kertas kerja adalah catatan yang dibuat oleh auditor mengenai prosedur audit yang ditempuhnya , pengujian yang dilakukan, informasi yang didapatkannya dan  kesimpulan yang dibuatnya. Kertas kerja merupakan media penghubung antara catatan klien dan laporan audit. Ada beberapa teknik dalam pembuatan kertas kerja, antara lain  :

  1. Pembuatan heading yang berisi nama klien, judul, serta tanggal neraca.
  2. Nomor indeks
  3. Tick marks
  4. Pencantuman tanda tangan pembuat maupun penelaah dan tangga pembuatan serta penelaahan.

Apa saja isi kertas kerja itu ?

Dalam SA 339 dikemukakan kertas kerja biasanya berisi dokumentasi yang memperlihatkan:

  1. Pemeriksaan telah direncanakan dan disupervisi dengan baik, yang menunjukkan dilaksanakannya standar pekerjaan lapangan yang pertama.
  2. Pemahaman yang memadai atas struktur pengendalian intern telah diperoleh untuk merencanakan audit dan menentukan sifat, saat dan lingkup pengujian yang telah dilakukan.
  3. Bukti audit yang telah diperoleh, prosedur pemeriksaan yang telah diterapkan dan pengujian yang telah dilaksanakan, yang memberikan bukti kompeten yang cukup sebagai dasar yang memadai untuk menyatakan pendapat atas laporan keuangan auditan, yang menunjukkan dilaksanakannya standar pekerjaan lapangan yang ketiga.

Apa saja hal – hal yang diperhatikan dalam membuat kertas kerja ?

Agar kertas kerja bermanfaat, maka harus memperhatikan hal – hal tertentu dalam pembuatannya. Untuk itu kertas kerja yang dibuat harus :

  1. Lengkap

Berisi semua informasi pokok , tidak memerlukan penjelasan lisan sebagai tambahan.

  1. Teliti

Kertas kerja harus bebas dari kesalahan, baik dalam penulisan maupun dalam penjumlahan.

  1. Ringkas

Berisi informasi pokok dan relevan. Kertas kerja dapat ringkas tetapi dapat dimengerti.

  1. Jelas

Jika menggunakan istilah tidak menimbulkan pengertian ganda.

  1. Rapi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun