Mohon tunggu...
MARIA DIONISIADHARI
MARIA DIONISIADHARI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/ Universitas Katolik Parahyangan

Saya mempunyai kepribadian mudah bergaul dalam kehidupan sosial, bertangung jawab dan mandiri,saya memiliki hobi membaca ,mendengarkan lagu dan menyanyi.Saya menyukai konten tentang yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat modern,politik , prasejarah, traveling, dunia bisnis.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembangunan Karakter Nasionalisme Melalui Humonisasi

11 Desember 2022   00:42 Diperbarui: 11 Desember 2022   01:35 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pembangaun Karakter Nasionalisme Melalui Hominisasi

Kegiatan hominisasi diawali dengan pemberian tugas pra geladi hominisasi , dalam tugas ini saya melaksanakan intruksi dari dua tugas yang diberikan,dalam intruksi tugas pertama saya memilih lirik "Marilah Kita Berseru ,Indonesia Bersatu" sebagai lirik yang paling menarik hati  saya dari lagu Indonesia Raya.Tugas kedua saya  menonton sebuah video dari perjalanan chef juna bertemu  seorang yang menjadi legenda dalam mengolala makanan khas daerah Bali.Video tersebut juga menyajikan edukasi tentang pewarisan budaya adat Bali melalui olahan makanan tradisional dalam hal ini makanan yang disajikan dalam video adalah "bebek betutu". Setelah menuntaskan tugas pra-geladi hominisasi ,saya berlanjut ke tahap berikutnya yaitu  kegiatan hominisasi,saya juga terbagi dalam kelompok . Sesuai pembagian kelompok ,kami diberikan arahan untuk melakukan SWOT(Strength,weakness,oppourtunity dan threat) dari tema "Hari Guru Nasional". Dalam diskusi kelompok kami mengangkat isu yang berkaitan dengan adanya ketidaksetaraan gaji terhadap guru di tingkat provinsi dan tingkat daerah sehingga menimbulkan banyak pinjaman online bagi guru-guru saat ini, hal-hal yang dibahas berkaitan dengan isu tersebut adalah pemberian gaji yang cendrung sedikit bagi guru ditingkat daerah,guru honorer dalam jangka waktu yang lama  belum diangkat menjadi guru tetap,kebijakan pemerintah yang belum tepat,terdapat juga pembagian tugas untuk mempresentasikan isu Ini .dimana ada yang berperan sebagai moderator,guru dan pemerintah.Hasil dari diskusi kelompok ini menjadi bahan presentasi bersama fasilitator hominisasi dan kelompok lain.Tahap selanjutnya adalah kami diberikan kesimpulan atau penjelasan secara lebih mendalam tentang hominisasi ini tentang bagaimana sikap dan perilaku kita dalam menanggapi isu-isu yang beredar saat ini yang semakin negative. Hal- hal yang  bisa  saya dapatkan dari hominisasi ini adalah bagaiamana saya tetap menjaga karakter individu ditengah perkembangan teknologi yang semakin pesat. Penggunaan bahasa dalam komunikasi  yang baik dan teratur juga menjadi poin utama dalam geladi humonisasi ini.Manfaat lain yang saya dapat dari adanya geladi  hominisasi adalah kepercayaan diri,kemampuan public speaking,kerja sama tim,berpikir kritis dalam waktu yang sempit dan menjalin relasi dengan orang-orang baru.Saya berharap kegiatan geladi hominisasi ini menjadi langkah awal meningkatkan kualitas diri mahasiswa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun