Mohon tunggu...
RINI HANDAYANI
RINI HANDAYANI Mohon Tunggu... Guru - TK Pertiwi II Bangkle

Dengan belajar akan menambah pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19

29 Juli 2021   09:02 Diperbarui: 29 Juli 2021   09:36 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pembelajaran daring merupakan salah satumodel pembelajaran yang dilakukan disekolah pada saat masa pandemi,karena pada prinsipnya kebijakan pendidikan di masa pandemi covid 19 ini adalah mengutamakan kesehatan dan keselamatan anak didik,guru/pendidik,tenaga kependidikan,keluarga dan semua masyarakat pada umumnya dalam rangka memenuhi layanan pendidikan dan sekolah selama masa pandemi ini yang semakin lama semakin tidak menentu.

Penerapan model pembelajaran daring tentu banyak memberikan tuntutan kesiapan berbagai pihak,baik pihak sekolah dan pihak peserta didik.Pembelajaran daring pada saat masa pandemi seperti sekarang ini bisa dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran yang interaktif berbasis internet seperti menggunakan aplikasi watsapp,goggle meet,goggle classroom,goggle zoom,team dan lain-lainnya.

Penggunaan pembelajaran daring tentu banyak memberikan dampak bagi kita yang menjalankannya,dampak positif bagi guru dan para siswa adalah lebih mampu menggunakan aplikasi pembelajaran yang akan digunakan untuk proses belajar siswa seperti watsapp,gogle meet,goggle zoom,goggle classroom,team.Pelaksanaan pembelajaran menjadi fleksibel karena bisa di laksanakan dirumah siswa masing-masing.

Dampak negatif dari pembelajaran daring adalah banyak orang tua yang cuma memiliki satu handphon tetapi dipakai bergantian sama anaknya yang sedang melakukan pembelajaran daring selama ini,jaringan internetpun menjadi beban bagi orang tua karena jaringan internet yang kurang stabil dan pemakaian kuota internet yang banyak mengeluarkan biaya dan kurangnya pengetahuan orang tua tentang teknologi terutama dalam penggunaan aplikasi handphon yang saat ini sedang berkembang yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran daring pada masa pandemi seperti saat ini.

Adanya pembelajaran daring dimasa pandemi orang tua harus bisa dan berperan aktif untuk mendampingi anak-anaknya selama kegiatan pembelajaran daring di rumah,terlebih lagi jika orang tua memiliki lebih dari satu anak,orang tua akan merasa terbebani dan mengeluh karena merasa kewalahan akan pembelajaran daring yang telah dilakukan oleh anak- anaknya selama masa pandemi ini.

Anak-anak memerlukan orang tua untuk mendampinginya selama kegiatan pembelajaran daring, untuk mengerjakan tugasnya setiap hari oleh Bapak/ibu gurunya disekolahdan harus mengumpulkn tugas dan mengerjakan tugasnyayang diberikan oleh gurunya dengan batas waktu yang telah ditentukan oleh gurunya.

Guru juga mempunyai kesulitan untuk mengukur kemampuan peserta didiknya untuk menilai capaian perkembangan siswanya karena tingkat perkembangan peserta didik yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda sehingga guru sulit menilai anak didiknya,karena ada peserta didik yang tidak menyelesaikan tugasnya karena anak merasa bosan dengan tugas-tugas yang diberikan selama pembelajaran daring dan akhirnya orang tua yang mengerjakan tugas anaknya untuk memenuhi tagihan kegiatan pembelajaran dan tugas-tugas yang diberikan guru agar pada saat jam yang di tentukan selesai anak juga sudah mengirim tugasnya semua.

Pembelajaran daring merupakan alternatif pilihan utama untuk pembelajaran dimasa pandemi karena untuk mencegah meningkatnya penyebaran virus covid 19.Pembelajaran daring sangat berpengaruh pada keadaan ekonomi orang tua,karena orang tua harus mengisi kuota internet agar anaknya bisa mengikuti pembelajaran daring yang telah di jadwalkan oleh guru setiap hari,terkadang orang tua rela memasang wifi dirumah agar anaknya bisa mendapatkan sinyal yang kuat agar pembelajaran daring bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan dan gendala signal yang tidak bagus dan tidak stabil.

Dengan semangat dan motivasi guru membuat anak termotivasi untuk tetap belajar dimasa pandemi.Sebagian besar proses belajar siswa selama daring seperti saat ini masih menggunakan grup watsapp orang tua maupun grup watsapp siswa .Waktu belajar siswa ditentukan oleh sekolah masing-masing sesuai dengan jadwal yang ditentukan .Dengan demikian pembelajaran daring akan berjalan dengan baik jika orang tua dan guru saling mendukung demi terciptanya pembelajaran yang aman ,lancar,baik dan sukses.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun